Saturday, 18 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Produk Sulaman dan Bordir Yenie Go Internasional

Rabu, 04 Desember 2019 - 21:16:35 WIB - 765
Produk Sulaman dan Bordir Yenie Go Internasional
Yenie dengan hasil produk sulaman dan bordir


BUKITTINGGI -- Setelah sukses dan dilirik masyarakat negara Malaysia, Brunai dan Singapura, Yenie kembali akan mengadakan pameran di negara Vietnam awal tahun 2020 yang digandeng Mohd Ramzi Ibrahim Penesehat pribadi gabungan kerabat Diraja negara Malaysia, dan juga sebagai duta wisata Kota Bukittinggi seorang warga Negara Malaysia.

Yenie seorang ibu rumah tangga pengelola rumah sulaman dan bordiran yang menempati rumah di jalan Haji Miskin-Palolok Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) Kota Bukittinggi kepada MinangkabauNews.com, Rabu (4/12/2019) mengatakan, usaha ini berdiri sejak tahun 1992, pada waktu itu bisa dikatakan merayap dalam berusaha, yaitu menerima tempahan-tempahan pelanggan berupa membuat motif sendiri atau sebaliknya, sehingga dipadukan motif yang akan dikerjakan.

Dalam pembuatan tersebut, Yenie mengerjakan sendiri dan juga ada pengrajin sebanyak 15 orang yang bekerja padanya. Di tahun-tahun selanjutnya, Alhamdulillah Allah memberikan Rahmat dan Berkat, kini semakin diketahui pembeli, terutama pelancong dari daerah bagian negara Malaysia. Dan juga Yenie mempromosikan usahanya melalui media online ke negara Brunai dan Singapura.

Lebih lanjut Yenie menjelaskan, hasil kerja sulaman dan bordir pengrajin-pengrajin yang melambangkan Minangkabau berupa sulaman dan bordiran yang tidak ada di daerah lain di Indonesia, seperti sulaman timbul yang dibuat pengrajin dari Kota Payakumbuh, sulaman kapalo same hasil dari pengrajin Kota Gadang, sugi caia, bordir kerancang mukena dari Kota Bukittinggi.

Mengenai pengrajin yang dibina Yenie hanya menjahit saja, sedangkan yang merancang motif lain lagi orangnya. Model, motif, bahan dasar dan benang dari Yenie sendiri, sedangkan pengrajin hanya mengerjakan menjahit saja. Waktu selesainya dalam mengerjakan sulaman maupun bordiran tergantung dari modelnya, siap pekerjaan langsung dibayarkan jasa pekerjaannya. Karena pengrajin sudah kebanyakan berkeluarga, jadi pengrajin tersebut membuat di rumahnya masing-masing.

"Dalam berusaha kita saling membagi rejeki kepada orang lain, artinya kita membantu pengrajin-pengrajin ekonomi lemah. Bahan yang akan dikerjakan pengrajin diberikan kepada ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang ada di Kota Bukittinggi yang nantinya diberikan kepada anggota-anggotanya.
Produk yang dihasilkan pengrajin adalah mukena (talakuang), bahan baju bordir kerancang, mukena kerancang, mukena salambayang, mukena kapalo same, dan yang sulaman adalah kapalo same, sulam timbul, sulam salambayang, alas kasur, selendang, ini semua kebanyakan untuk wanita, dengan harga bervariasi berkisar Rp85.000 hingga diatas Rp1.000.000," ucap Yenie.

Melihat seperti itu Mohd Ramzi Ibrahim ingin mengembangkan konsep-konsep pariwisata Sumatera Barat di negaranya, yaitu peningkatan perekoniman dengan pertukaran ekonomi apa yang ada di ranah Minang yaitu sulaman dan bordir dengan di negara Malaysia.

Agenda kunjungan ke Vietnam tersebut, kata Mohd Ramzi dengan melibatkan Bunda Kanduang se Provinsi Sumatera Barat untuk memperkenalkan adat budaya Minangkabau, pariwisata dan ekonomi kreatif seperti sulaman, bordir dan tenun, karena Sumatera Barat terkenal dengan hasil kerajinan. (IwinSB)

Loading...
Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: bukittinggi,internasional,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dijatuhi Vonis Seumur Hidup, Begini Reaksi Keluarga Reynhard Sinaga

Dijatuhi Vonis Seumur Hidup, Begini Reaksi Keluarga Reynhard Sinaga

NASIONAL - Ayah Reynhard Sinaga, pelaku pemerkosaan di Inggris, akhirnya buka suara setelah putranya dijatuhi hukuman...

11 Pejabat Eselon II Pemko Padang Panjang Dilantik, Berikut Nama-Namanya

11 Pejabat Eselon II Pemko Padang Panjang Dilantik, Berikut Nama-Namanya

...

Lagi, Pengedar Sabu Diciduk Polisi di Solok

Lagi, Pengedar Sabu Diciduk Polisi di Solok

SOLOK -- Walau sering dilakukan penangkapan, peredaran narkoba diwilayah hukum Polres Solok bukan malah menunjukan...

Program Gelora Serambi Mekah, Pemko Padang Panjang Gelar Subuh Mubaraqah

Program Gelora Serambi Mekah, Pemko Padang Panjang Gelar Subuh Mubaraqah

PADANG PANJANG - Di Masjid Baitul Hikmah Kebun Sikolos, Kelurahan Kampung Manggis, para jemaah telah ramai memadati saf...

Pameran Buzzer Bazar, Walikota Padang Panjang: Boring Rasanya Hidup Tanpa Kekreativitasan

Pameran Buzzer Bazar, Walikota Padang Panjang: Boring Rasanya Hidup Tanpa Kekreativitasan

PADANG PANJANG - Ditandai dengan pengguntingan pita, Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA, didampingi Pembantu...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media