Monday, 06 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Komunitas Ayam Hias Kota Bukittinggi Promosikan Pariwisata

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:40:45 WIB - 595
Komunitas Ayam Hias Kota Bukittinggi Promosikan Pariwisata
Ketua dan anggota komunitas ayam hias Sumatera Barat koordinator Kota Bukittinggi foto bersama


BUKITTINGGI -- Guna melestarikan ayam hias di Sumatera Barat, Komunitas Ayam Hias Sumatera Barat (AHSB) koordinator wilayah Kota Bukittinggi berkumpul menggelar pameran ayam hias berbagai jenis dari dalam negeri dan juga dari luar negeri yaitu dari negara Amerika, Italia, Afrika, India dan negara lainnya, tak ketinggalan juga ayam hias dari ranah Minang. Pameran unik dan langka ini dilangsungkan di pedestrian taman Jam Gadang.

Kegiatan pameran ayam hias ini untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ke masyarakat umum khususnya Kota Bukittinggi dan umumnya wisatawan yang berkunjung ke Kota Bukittinggi bahwa adanya ayam hias, dan juga memperkenalkan jenis-jenis ayam hias. Hal Ini disampaikan Arif ketua ayam hias Sumatera Barat koordinator wilayah Kota Bukittinggi kepada MinangkabauNews, Minggu (15/12/2019), di tempat berlangsungnya pameran di pedestrian taman Jam Gadang.

Lebih lanjut dijelaskan Arif, pameran ayam hias ini mempertunjukkan jenis-jenis ayam hias, pameran ini digelar merupakan kegemaran dari komunitas ayam hias Sumatera Barat yang juga dapat mendatangkan keuntungan yang nantinya menjadi usaha sampingan kawan-kawan komunitas ayam hias. Khususnya komunitas ayam hias Sumatera Barat bisa mengangkat materi-materi yang lebih berkelas lagi di setiap jenis-jenis ayam hias yang dipelihara.

"Dengan kegiatan pameran ayam hias ini merupakan salah satu promosi pariwisata Kota Bukittinggi, besar harapan nantinya akan dijadkan kegiatan rutin, apakah setiap 3 bulan atau 4 bulan sekali. Dengan adanya kegiatan tersebut akan adanya dampak pariwisata kunjungan wisatawan ke Kota Bukittinggi, Kota Bukittinggi sendiri dikenal sebagai Kota Wisata," ucap Arif.

Mengenai keanggotaan komunitas ayam hias di Kota Bukittinggi, kata Arif, sebanyak 24 orang anggota aktif, dan beberapa orang anggota pendatang baru dan masih tahap dalam pembelajaran mengenai apa itu ayam hias. Di komunitas ini tidak ada istilah senior maupun yunior, semuanya sama, karena kumpul di komunitas ini merupakan suatu kegemaran ayam hias dan kekeluargaan.

"Pada pameran ini juga diadakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai beternak ayam hias, dan juga sebagai pelestarian ayam hias di Sumatera Barat, kami membudidayakan peternakan ayam hias, artinya populasi keturunan ayam hias tersebut jangan sampai punah, sangat disayangkan jika populitas ayam hias hilang begitu saja," ucapnya.

Kedepannya, Arif berharap untuk wilayah koordinator wilayah Kota Bukittinggi kita bisa memiliki materi-materi untuk dijadikan bahan pameran yang berkualitas di masa datang, dan juga bukan hanya di Sumatera Barat saja tapi kita bisa tampil di tingkat nasional.

"Ada beberapa materi ayam hias yang dipamerkan di tingkat nasional seperti ayam hias jenis brahma keturunan dari negara India," pungkas Arif. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: bukittinggi,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Inilah yang Dilakukan Kelurahan Ekor Lubuk

Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Inilah yang Dilakukan Kelurahan Ekor Lubuk

PADANG PANJANG -- Antisipasi penularan Virus Corona, Kelurahan Ekor Lubuk melakukan penyemprotan disinfektan, dan...

Agar Isolasi Mandiri Lebih Bermakna, Qasir Ajak Publik Hidupkan Usaha Mikro di Tengah Pandemi Corona

Agar Isolasi Mandiri Lebih Bermakna, Qasir Ajak Publik Hidupkan Usaha Mikro di Tengah Pandemi Corona

JAKARTA -- Pada pertengahan bulan Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mengumumkan COVID-19...

Bupati Umumkan Satu Orang Warga Pasaman Positif Terinfeksi Covid-19

Bupati Umumkan Satu Orang Warga Pasaman Positif Terinfeksi Covid-19

PASAMAN - Bupati Pasaman Yusuf Lubis bersama Forkopinda Pasaman mengumumkan secara resmi bahwa seorang warga Pasaman...

Cegah Covid-19, Team PB Dan Karang Taruna Desa Tuapejat Lakukan Penyemprotan

Cegah Covid-19, Team PB Dan Karang Taruna Desa Tuapejat Lakukan Penyemprotan

MENTAWAI - Mencegah meluas penyebaran Virus Corona, Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara lakukan penyemprotan...

Dua Unit Rumah di Tanah Datar Dihantam Longsor, Dua Orang Warga Belum Ditemukan

Dua Unit Rumah di Tanah Datar Dihantam Longsor, Dua Orang Warga Belum Ditemukan

TANAH DATAR - Akibat diguyur hujan hujan deras semalaman, dua unit rumah diterjang longsor di Nagari Malalo, Kecamatan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu