Sunday, 19 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Perhatian Orangtua dalam Mempengaruhi Masa Depan Anak

Minggu, 15 Desember 2019 - 23:04:30 WIB - 637
Perhatian Orangtua dalam Mempengaruhi Masa Depan Anak
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


Oleh: Yola Fefriani

Peranan orangtua adalah memberikan dasar pendidikan, sikap dan keterampilan dasar seperti pendidikan agama, Budi pekerti, sopan santun dan dasar-dasar untuk memenuhi peraturan dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Dalam perannya sebagai pendidik yang pertama orangtua berkewajiban menempatkan dasar-dasar pengetahuan, menyikapi dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku.

Peranan orangtua sangatlah penting dimana fungsi dan peranan itu menyangkut masa depan anaknya, anak akan berhasil apabila orangtua memberikan contoh yang baik pada anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari.

OrangTua Merupakan pendidik pertama bagi anak-anak nya, sebelum anak mengikuti pembelajaran di sekolah orangtua lah yang paling penting dalam mendidik anak, baik dari segi moral, etika, serta akhlak yang baik untuk anaknya. Oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk mendidik anaknya sejak usia dini, sehingga anak tidak hanya cerdas dalam hal belajar tetapi juga memiliki etika dan moral yang baik.

Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam kemajuan sebuah bangsa, oleh karena itu setiap warga negara wajib mengikuti jenjang pendidikan. Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta mengembangkan potensi anak.

Orangtua dan guru berperan penting dalam menciptakan kondisi kognitif guna menumbuhkembangkan cara berpikir moral anak menuju pembentukan perilaku moral yang baik. Prosesnya dapat dilakukan dengan pendekatan perkembangan kognitif yang di terapkan sejak usia dini. Namun, dalam pelaksanaannya tidaklah mudah karna adanya kontradiksi antara pembentukan moral di keluarga, sekolah, dan lingkungan sosial lainnya. Istilah moral kadang-kadang dipergunakan sebagai kata yang sama artinya dengan etika, yaitu nilai dan norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau sekelompok orang dalam mengatur tingkah lakunya.

Pengawasan orangtua juga di butuhkan dalam hal mendidik anak, pengawasan dapat diartikan sebagai kewaspadaan orangtua terhadap sesuatu objek tertentu agar tidak menyimpang dari keinginan dan tujuan yang sesungguh nya. Serta orangtua harus mengetahui bagaimana hakikat dan peran mereka sebagai orang tua dalam membesarkan anak dan juga membekali anak dengan ilmu dan tidak lupa juga mengenalkan anak dengan ilmu agama, sehingga orang tua tidak salah dalam menerapkan pola pendidikan terutama dalam membentuk kepribadian anak.

Tidak jarang banyak anak-anak yang mengeluh tentang bagaimana sikap orangtuanya yang selalu menuntut anaknya untuk mematuhi perintah yang telah ditentukan secara sepihak oleh orangtuanya serta bagaimana sikap mengekang orangtua terhadap anak nya. Dan maka tidak heran anak akan menjadi seorang yang pembangkang dan juga melawan serta berbohong kepada orangtuanya. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seperti ini, orang tua hanya menginginkan anaknya menjadi orang yang sukses dan berhasil dikehidupan mendatang.

Memang kebanyakan orang tua berfikir bahwa hal yang dilakukan terhadap anaknya adalah hal yang wajar karna ia tidak ingin anaknya tersesat dan terjerumus kedalam pergaulan-pergaulan yang menyimpang. Namun sebaiknya orang tua tidak terlalu mengekang dan membatasi ruang gerak anak, orangtua bisa memilih dan mempertimbangkan setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak, apalagi berkaitan dengan kegiatan yang positif orang tua seharus nya mendukung kegiatan anak agar ia lebih bersemangat lagi.

Ketika anak melakukan kegiatan yang akan merugikan dan membahayakan anak maka orangtua boleh melarang nya dan memarahinya namun masih dalam konteks yang sewajarnya setidaknya marahi anak dengan kata-kata yang pantas karna jika dengan kata-kata yang tidak pantas kognitif anak akan mengalami penurunan serta akan tersimpan didalam ingatan jangka panjang si anak. Dan jika ingin melarang anak maka bicaralah dengan baik dan paparkan alasan mengapa orangtua melarang anak hingga anak bisa mengerti dan memahami perkataan orangtuanya.

Bahkan beberapa dari orangtua mengeluarkan materi untuk pendidikan anaknya agar anaknya bisa menjalani pendidikan yang layak dan bahkan orangtua juga memasukkan anaknya untuk belajar tambahan atau les. Tidak hanya itu bahkan orangtua pun melengkapi fasilitas anak nya seperti transportasi dan teknologi seperti laptop untuk menunjang pendidikan anaknya dan juga beberapa kebutuhan anak lainnya.

Bahkan banyak anak-anak yang mengharapkan orangtuanya berperan aktif dalam pendidikan mereka, termasuk dalam mendukung kehutanan yang di lakukan anak baik diluar maupun didalam sekolah. Karena adanya dukungan dan perhatian dari orangtua maka anak akan lebih bersemangat dalam hal pendidikannya serta menanamkan kepercayaan diri pada anak.

Perhatian orang tua sangat dibutuhkan oleh seorang anak karena segala bentuk perhatian dari orangtua bisa membuat anak semakin menunjukkan prestasi yang didapatnya yang disebabkan karena adanya perhatian dari orangtuanya yang selalu memperhatikan dan menghargai segala usaha mereka. Dan sebaliknya jika anak tidak diberi perhatian walaupun sedikit maka anak akan melakukan cara nya sendiri untuk mencari perhatian orangtua, dan bahkan cara yang dilakukannya bisa bersifat negatif serta membahayakan.

Maka dari itu pentingnya perhatian orangtua terhadap anak baik dalam hal pendidikan maupun diluar pendidikan yaitu dalam pergaulan serta lingkungan anak. Berikanlah anak saran-saran yang baik agar merek mampu mengambil keputusan yang benar dan tidak salah langkah dalam hal mengambil keputusan.

Serta berilah kepercayaan kepada anak pada saat mereka berada di luar rumah seperti melakukan kerja kelompok yang memang tidak diawasi secara lansung oleh orangtua. Maka jadilah orangtua yang baik bagi anak dan jadilah anak yang berbakti kepada orangtua, karna tidak ada orangtua didunia yang menginginkan anaknya gagal tetapi orangtua hanya menginginkan kesuksesan dan keberhasilan untuk anaknya. Bahkan orangtua rela kerja banting tulang demi mencukupi kebutuhan pendidikan anaknya.

Untuk anak janganlah marah ketika orangtua kurang memperhatikan anaknya karna ia terlalu sibuk untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan pendidikan anaknya. Jangan pernah sia-siakan pengorbanan orangtua dan teruslah semangat dalam menempuh pendidikan karena kesuksesan anak merupakan lambang kesuksesan orangtua.

Kesimpulannya adalah perhatian orangtua sangat mempengaruhi keberhasilan anak di masa depan anak, dan janganlah terlalu mengekang dan membatasi ruang gerak anak. Jadilah orangtua yang baik untuk anak dan jadilah anak yang berbakti kepada orangtua dan sayangilah orangtua. Dan berikanlah kasih sayang kepada anak karena sebaik apapun seorang anak dia tidak akan pernah meraih kesuksesan jika kurang merasakan kasih sayang, jangan pelit memberikan pelukan serta dukungan dan suport dari orangtua apalagi ketika anak membutuhkan. Ingatlah kesuksesan anak adalah lambang kesuksesan orangtua. (*)

*/ Penulis adalah mahasiswa semester 3, Jurusan Psikologi, UIN Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat.

Loading...
Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,metro,nasional,opini,solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PT Anam Koto Diduga Kangkangi UU Ketenaga Kerjaan, Ratusan Karyawan Demo ke Kantor DPRD Pasbar

PT Anam Koto Diduga Kangkangi UU Ketenaga Kerjaan, Ratusan Karyawan Demo ke Kantor DPRD Pasbar

PASAMAN BARAT - Ratusan Karyawan PT Anam Koto lakukan unjukrasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Pasaman Barat, kamis...

Aksi Cowboy Koka Cs asal Agam Nyaris Renggut Nyawa Jupandi di Malam Tahun Baru

Aksi Cowboy Koka Cs asal Agam Nyaris Renggut Nyawa Jupandi di Malam Tahun Baru

PADANG -- Ka Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sumbar, Kombes Pol. Imam Kabut Sariadi mengungkapkan...

Tingkatkan Kinerja, Ini Yang Dilakukan Satpol PP dan Damkar Mentawai

Tingkatkan Kinerja, Ini Yang Dilakukan Satpol PP dan Damkar Mentawai

MENTAWAI -- Sebanyak 174 Personel Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti kegiatan peningkatan...

Keluyuran Saat Jam Pelajaran, 7 Pelajar di Padang Diamankan Satpol PP

Keluyuran Saat Jam Pelajaran, 7 Pelajar di Padang Diamankan Satpol PP

PADANG - Kasat Pol PP Padang Alfiadi membenarkan adanya tujuh orang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri dan...

Begini Perbedaan Anies dan Jokowi Dalam Langkah Mengatasi Banjir

Begini Perbedaan Anies dan Jokowi Dalam Langkah Mengatasi Banjir

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara kesatria mengaku bertanggung jawab atas banjir tersebut. Dengan...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media