Monday, 06 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Payakumbuh

Persyaratan Lengkap, 15 Menit Urusan Selesai di Mall Pelayanan Publik Kota Payakumbuh

Senin, 16 Desember 2019 - 21:38:47 WIB - 1674
Persyaratan Lengkap, 15 Menit Urusan Selesai di Mall Pelayanan Publik Kota Payakumbuh
Mall Pelayanan Publik (MPP) di Lantai satu Balai Kota Payakumbuh.



PAYAKUMBUH - Pemerintah Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatra Barat berikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dengan mendirikan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Lantai satu Balai Kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyebutkan, MPP itu sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

"Kita terpacu untuk turut mendirikan Mal Pelayanan Publik yang representatif di kota Payakumbuh. Seluruhnya untuk masyarakat yang ingin mengurus dokumen atau keperluan lainnya," kata Riza Falepi.

Ditambahkan nya, Konsep MPP sangatlah luar biasa. MPP mengintegrasikan semua jenis layanan publik dalam satu gedung pelayanan (one stop public service). Masyarakat tidak perlu direpotkan ketika mengurus sejumlah layanan publik.

"Dinas terkait diminta mewujudkan suasana MPP Payakumbuh seperti Mal Sarinah atau Plaza Indonesia di Jakarta. Seluruh lini harus rapi dan bersih, termasuk toilet," tambahnya.

Lebih rinci dijelaskan Walikota, MPP Kota Payakumbuh menampung 13 perangkat daerah plus 14 instansi vertikal pemberi layanan. Diantara instansi vertikal itu adalah imigrasi, samsat, kepolisian, BNN, Balai POM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kementerian Agama, dan lain-lain. Ada juga sejumlah konter bank dilengkapi dengan sarana ATM nya. Jika dirinci, ada sebanyak 167 jenis layanan publik berlangsung di MPP Payakumbuh. Jenis layanan ini tersebar di 16 konter pelayanan, 9 ruang pelayanan dan 10 tempat pendukung pelayanan.

"Satu urusan tak lebih dari 15 menit dengan catatan persyaratan lengkap, termasuk layanan membuat KTP dan layanan membuat paspor dari kantor imigrasi yang sejauh ini menjadi primadona bagi warga Kota Payakumbuh dan warga kota maupun kabupaten tetangga." Pungkas walikota.

Mall Pelayanan Publik yang berada di jantung kota Payakumbuh, tepatnya di eks Lapangan Poliko itu, akan di lounching pada 17 Desember 2019 ini, yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh Ke-49. (RN)

Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: payakumbuh

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dua Unit Rumah di Tanah Datar Dihantam Longsor, Dua Orang Warga Belum Ditemukan

Dua Unit Rumah di Tanah Datar Dihantam Longsor, Dua Orang Warga Belum Ditemukan

TANAH DATAR - Akibat diguyur hujan hujan deras semalaman, dua unit rumah diterjang longsor di Nagari Malalo, Kecamatan...

DPRD Kabupaten Solok Minta Tambah Dana Cadangan Kedaruratan Jadi Rp25 Milyar

DPRD Kabupaten Solok Minta Tambah Dana Cadangan Kedaruratan Jadi Rp25 Milyar

KABUPATEN SOLOK -- DPRD Kabupaten Solok, dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Fiman Pandu, Rabu (1/4), dalam rapat...

Ini Data Terkini Covid-19 Kota Solok

Ini Data Terkini Covid-19 Kota Solok

KOTA SOLOK -- Berdasarkan update data Dinas Kesehatan Kota Solok, terkait covid-19 pertanggal 31 Maret 2020, terdapat...

Presiden Jokowi: Lockdown Itu Apa Sih?

Presiden Jokowi: Lockdown Itu Apa Sih?

NASIONAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa hingga saat ini semua kepala daerah dalam satu arah yang sama...

Mulai Besok, Indonesia Tertutup Bagi Turis Asing

Mulai Besok, Indonesia Tertutup Bagi Turis Asing

NASIONAL - Indonesia akan menutup diri dari turis asing. Larangan ini akan berlaku esok hari atau di tanggal 2 April....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu