Monday, 06 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Solok

Cegah Masalah Sosial, Pemkab Solok Gelar Rakor

Rabu, 18 Desember 2019 - 12:31:47 WIB - 452
Cegah Masalah Sosial, Pemkab Solok Gelar Rakor
H. El Yunus, SH, M.Kn, Sekretaris MUI Kab. Solok saat memberikan arahan dalam Rakor Pemkab Solok, unsur kecamatan, nagari, jorong, dan FKDM Kab. Solok di DRelazion Lukah Pandan Kota Solok


SOLOK -- Mudahnya tersulut masalah sosial ditengah masyarakat, bahkan hanya disebabkan persoalan kecil, dan bisa ditangani secara kekeluargaan, akan berubah menjadi persoalan besar jika tidak dilakukan penanganan secara benar dan terkoordinasi.

Antisipasi ini, H. Gusmal, SE, MM, Dt. Rajo Lelo, Rabu (18/12/2019), dalam Rakor antara pemkab Solok dengan pihak kecamatan, nagari dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Tingkat Kabupaten Solok, di DRelazion, digelar Kesbangpol, meminta seluruh perangkat pemerintah daerah, terutama di tingkat Jorong, nagari, kecamatan, untuk lebih proaktif dalam mencegah potensi timbulnya persoalan sosial ditengah masyarakat.

Gusmal juga mengingatkan, bukan hanya pemkab Solok, ninik mamak, bundo kanduang, bahkan orang tua harus ikut dalam mengatasi masalah sosial yang berpotensi menimbulkan kegaduhan.

"Jika masalah sosial bisa diantisipasi sejak dini, diselesaikan dengan benar dan terarah, dengan melibatkan semua unsur, kegaduhan dan kekisruhan ditengah masyarakat akan bisa diantisipasi sebelum menjadi besar," ujarnya.

Kompol Yuseri, Kabag Ren Polres Solok Kota mengingatkan semua pihak untuk menjaga Kamtibmas diwilayah masing-masing. Setiap konflik yang muncul dipastikan ada penyebabnya, sebab ini yang harus kita antisipasi agar efeknya tidak menimbulkan persoalan Kamtibmas yang lebih besar. Jika konflik Kamtibmas sudah melebar, yang akan rugi adalah masyarakat.

Letkol, Arh. Priyo Iswahyudi, Dandim 0309/Solok, melalui Mayor Inf. Hendra Bagus Hariyoko, Kasdim 0309/Solok, mengingatkan muncul konflik perbatasan. Baik perbatasan nasional maupun perbatasan Jorong dan Nagari. Jika konflik perbatasan nasional jelas TNI yang akan menghadapi. Tapi jika konflik antara nagari, yang rugi adalah kita karena konflik antara nagari adalah konflik antar saudara. Pada umumnya satu nagari dengan nagari lainnya ada ikatan kekeluargaan. Baik hubungan mamak kemenakan, saudara, ipar besan, dan hubungan pertemanan. Karena itu ada baiknya setiap konflik dan masalah sosial segera ditangani dan diantisipasi sesegera mungkin.

"Jangan anggap remeh setiap persoalan, jika sudah timbul riak, sesegera mungkin ditangani," katanya.

AKBP Ferry Iriawan, SIK, Kapolres Arosuka melalui AKP Budi, Kasat Intel Polres Arosuka mengingatkan bahaya radikalisme dan anti NKRI. Radikalisme dimaksud adalah dimana terjadi kesalahan dalam pemahaman ajaran-ajaran terkait ajaran agama. Sehingga mereka beranggapan apa yang dilakukan pemerintah sudah menyimpang dan perlu dilawan.

Kemudian, perlu diwaspadai munculnya gerakan anti NKRI. Dimana mereka beranggapan hukum yang ada di Indonesia tidak sesuai dengan apa yang dipahami oleh mereka. "Semua ini akan berpengaruh besar jika disebarkan dimedsos terutama bagi yang tidak mampu menyaring dan menelaahnya secara benar," ujarnya.

El Yunus, SH, M.Kn, Sekretaris MUI Kab. Solok mengungkapkan masalah sosial muncul dipengaruhi oleh berbagai aspek. Tidak hanya dipengaruhi dari dalam negeri, kondisi luar negeri juga sangat domiman jadi penyebab munculnya masalah sosial. Diantaranya, konflik Palestina, Suriah, Irak, Yaman, bahkan konflik dilaut China Selatan juga mampu mempengaruhi persoalan sosial.

Masyarakat Minang, yang identik dengan islam, harus berpedoman pada Al Quran dan Hadist. Artinya, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah harus dipakai secara benar dan nyata. Bukan hanya sebagai slogan semata tapi ketika timbul gejolak sosial ditengah masyarakat, ninik mamak dan alim ulama seharusnya mampu menyelesaikannya. (Fikar)

Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: kota-solok,solok,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Penyebaran COVID-19 Tak Terlalu Brutal, BMKG: Indonesia Sedikit Tertolong Cuaca dan Iklim

Penyebaran COVID-19 Tak Terlalu Brutal, BMKG: Indonesia Sedikit Tertolong Cuaca dan Iklim

NASIONAL - Kajian mendalam terkait korelasi penyebaran Virus Corona COVID-19 dengan pengaruh cuaca dan iklim telah...

Mau Dapat Token Listrik Gratis dan Diskon Tagihan PLN? Begini Caranya

Mau Dapat Token Listrik Gratis dan Diskon Tagihan PLN? Begini Caranya

NASIONAL - Presiden Joko Widodo membebaskan tagiahan listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan diskon...

Wawako Pariaman Mardison Turun Chek Kesehatan Pengendara, Ini Hasilnya

Wawako Pariaman Mardison Turun Chek Kesehatan Pengendara, Ini Hasilnya

PARIAMAN -- Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengechek kesehatan pengendara yang melewati jalur perbatasan...

Muncul Petisi Bebaskan Menteri era SBY Demi Tangani Wabah Corona, Siapa Dia?

Muncul Petisi Bebaskan Menteri era SBY Demi Tangani Wabah Corona, Siapa Dia?

NASIONAL - Negara dunia termasuk Indonesia, saat ini sedang menghadapi virus Corona COVID-19 dari Wuhan, Tiongkok....

DPRD Mentawai Perhatikan Kebutuhan Sembako Terhadap Mahasiswa Terkurung

DPRD Mentawai Perhatikan Kebutuhan Sembako Terhadap Mahasiswa Terkurung

MENTAWAI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai akan segera melakukan koordinasi secara...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu