Tuesday, 18 Feb 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Solusi dan Tips Untuk Menguatkan Mental Korban Pinjaman Online

Sabtu, 21 Desember 2019 - 15:51:48 WIB - 1642
Solusi dan Tips Untuk Menguatkan Mental Korban Pinjaman Online
Foto kompasiana.com


Oleh Lindayusuf
Akhir - akhir ini banyak korban yang stress, sudah kehilangan logikanya dan bahkan hampir bunuh diri gara - gara Debt Collektor (DC) yang mengancam dan meneror nasabah nya dengan kata - kata kasar bahkan bernada ancaman.

Begitu juga sebagian korban, banyak yang cemas dan pusing. Dan bertanya - tanya (debt collektor) alias DC ke rumah gak?? DC itu ke kantor gak ? sebar data gak yaa..? Telepon kemana saja yaa ?? Sampai saking paniknya, sikorban jadi gak jalan logika nya, mau saja percaya sama yang nama nya :

1. Hapus data pinjol/slik dll agar tidak diteror lagi, ( bullshit / mustahil ada yang bisa). Yang punya wewenang atau bisa untuk hal begini hanya staff dengan level tertentu di sana, atau HACKER dengan skill dan alat yang mumpuni, yang bisa tembus ke system dan database mereka (Pinjaman Online), mana mau orang otak canggih gitu dibayar cuman sebatas ratusan ribu Rupiah. Ataupun Ditawari dana talangan yang minta transfer jasa dulu, bukan solusi tapi nambah mumet, penipu gampang masuk saat kita lengah.

2. Setel pabrik Hp hapus kontak, setelah sudah telat bayar biar gak kesadap kontak Hp nya , itu gak ada pengaruhnya karna penyadapan (kontak+riwayat panggilan+sms) itu terjadi saat kita awal pinjam atau pengajuan .

Logika saja, sudah bikin anak orang bunting, tapi tidak mau bertanggung jawab dengan segala resiko nya, jalani saja konsekuensi nya, sudah harus dihadapi dibawa rilex, jangan terlalu over panik, yang bisa membuat hidup anda hancur, bahkan nekat gantung leher, itu bukan perkara sebar data / didatangi Debt Colektor, tapi karena rasa panik anda yang berkelebihan.

Terus solusi nya gimana?? Banyak nih yang nanya begini. Simple saja sih, dipikirkan secara akal sehat dan janganlah panik.

Seperti yang disampaikan Wani Tangi di akun youtube nya (wani tangi chanel), ada bebera solusi dan cara untuk menguatkan mental supaya tidak terjadi takut dan panik berlebihan. Di antaranya:

1. Untuk para nasabah yang meminjam di Pinjol ilegal :
- Jika punya uang dan sanggup bayar, silahkan selesaikan.
- Jika belum ada uang, cobalah berterus terang dan minta tenggang waktu.
- Mengenai ancaman sebar data = anggep lunas. Ya, jangan dibayar. Anda sudah difitnah sana sini terus anda tekuk lutut? yaa bodoh namanya.
- Dunia anda apakah akan brubah setelah tragedi sebar data atau dipermalukan kesemua kontak. Susah, jangan terlalu dipikirkan secara dramatis, justru dari sini anda akan tahu mana orang yang bener-bener tulus dan peduli terhadap anda saat anda terpuruk.

Yakin efek nya paling 1-2 minggu, paling lama sebulan, seterusnya anda pasti sudah kebal plus adaptasi dangan dunia baru anda.

2. Pinjol Legal (Berizin atau Terdaftar) :
- Anda Punya duit dan sanggup bayar, ya silahkan selesaikan.
- Belum punya duit, ya diamkan.
- DC dateng ke rumah atau tempat kerja gausah keringet dingin seperti mau dihukum cambuk, kalau memang kondisi keuangan masih labil, terbuka saja sama DC, sampaikan apa adanya dan nego mau cicil/bayar pokok (jangan dijanjikan tanggal).
- Resiko terburuk anda Tidak membayar di sini (Pinjol Legal), ya data masuk slik OJK dan Pusat Data Fintech.

Begitu juga seperti yang disampaikan Ridwan Bali, melalui chanel youtube nya yang bernama Ridwan Bali Chanel dia menyampaikan, sebagian PINJAMAN ONLINE yang Legal mereka ada solusi, seperti mencicil ataw dengan membayar angsuran pokoknya saja, ini sedikit kebijakan dari pinjaman online yang mana mungkin bisa membantu nasabah yang gagal bayar (galbay).

Namun, kesepakatan memang tergantung dari kedua belah pihak, silahkan anda dengan bijak dan berfikir, dan solusi yang terbaik adalah hapuskan pinjaman online iilegal yang menjerat korban dengan kata-kata kasar dan tidak pantas.

"Ingatkan mereka akan terkena tindak pindana UU ITE pasal 27 ayat 3 dan pasal 45A uu 19/2016 dan KUHP," katanya.

Ambil positifnya, ke depan nya dijauhkan dari hutang atau riba lagi. Ingat..!! Takut dan Malu itu kepada Tuhan dan Orang tua saja.

Takut Sama Ancaman DC itu masih bisa dicegah dengan cara kuatkan mental, Debt Colektor itu hanya GEDE BICARA melalui medsos. #JANGANLEMAH. (*)

Penulis adalah Lindayusuf, dikutip dari beberapa sumber

Loading...
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: opini

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Polsek Kinali Cuduk Dua Pelaku Pencurian

Polsek Kinali Cuduk Dua Pelaku Pencurian

PASAMAN BARAT - Jajaran Polsek Kinali cuduk dua tersangka pencurian di Jorong Wonosari, Nagari Kinali, Kecamatan...

Resmi Dilantik, Komunitas Tangan Di Atas Padang Panjang Gelar Koloborasi Aksi Untuk Negeri

Resmi Dilantik, Komunitas Tangan Di Atas Padang Panjang Gelar Koloborasi Aksi Untuk Negeri

...

Evaluasi SAKIP, Kabupaten Mentawai Peroleh Predikat B dari Kementrian PAN-RB

Evaluasi SAKIP, Kabupaten Mentawai Peroleh Predikat B dari Kementrian PAN-RB

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah...

Serangan Udara Meningkat di Idlib, GHR-ACT Bagikan Paket Makanan dan Mushaf Al-Quran

Serangan Udara Meningkat di Idlib, GHR-ACT Bagikan Paket Makanan dan Mushaf Al-Quran

IDLIB -- Ratusan mushaf Al-Quran dibagikan untuk anak-anak Suriah di salah satu panti asuhan di Reyhanli. Ratusan...

Hadiri HUT Partai Gerindra, Prabowo Bicara Alasan Gabung Pemerintah

Hadiri HUT Partai Gerindra, Prabowo Bicara Alasan Gabung Pemerintah

POLITIK - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Partai Gerindra di Kantor DPP...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media