Tuesday, 18 Feb 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Dharmasraya

Job Fair di Dharmasraya Banyak Dikunjungi Pencaker

Senin, 06 Januari 2020 - 21:29:43 WIB - 811
Job Fair di Dharmasraya Banyak Dikunjungi Pencaker
Bupati Dharmasraya saat mengunjungi stand job fair di gedung serbaguna kabupaten Dharmasraya


DHARMASRAYA -- Pemerintahan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan menguatkan komitmen untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Dharmasraya, dengan kembali digelarnya Job Fair/Pameran Bursa Kerja di momen hari jadi kabupaten, melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja.

Bila tahun lalu job fair ini melibatkan 33 perusahaan dari dalam dan luar Dharmasraya, kini meningkat jadi 38 perusahaan dengan 3.233 lowongan pekerjaan yang tersedia. Perusahaan-perusahaan yang terlibat itu diantaranya ada yang bergerak di bidang perbankan, perkebunan, perhotelan dan lain sebagainya.

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat membuka secara resmi Job Fair yang diselenggarakan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (6/1/2020), menyampaikan, kembali digelarnya pameran bursa kerja ini adalah bentuk upaya pemerintah daerah dalam memperluas kesempatan kerja bagi para angkatan kerja, khususnya di Kabupaten Dharmasraya.

Dikatakan bupati, pada tahun 2019 lalu, job fair yang digelar Pemerintah Kabupaten Dharmasraya telah behasil menyerap 471 orang angkatan kerja, yang tersebar di perusahan dalam daerah, luar daerah bahkan luar negeri.

"Tahun ini kembali kita dilaksanakan, dengan harapan ada lebih banyak lagi angkatan kerja di Dharmasraya yang memperoleh pekerjaan. Dengan begitu, angka pengangguran dapat berkurang serta memberikan secercah harapan bagi peningkatan ekonomi masyarakat," ujar bupati.

Bupati juga mengatakan, dirinya bersama Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan akan tetap komit untuk menyenggalarakan job fair setiap tahunnya. "Namun demikian, saya harap, para angkatan kerja juga agar senantiasa dapat meningkatkan kompetensi dan keahlian yang dimiliki. Karena saat ini, di berbagai perusahaan pada umumnya, itu yang dilihat, kompetensi dan keahlian. Bukan lagi berapa IPnya, bukan lagi soal kursus apa yang dia ikuti, bukan juga berapa sertufikat yang ia peroleh. Untuk itu, terus tingkatkan kompetensi diri, agar siap bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif," pesan bupati.

Di akhir sambutannya, bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh perusahaan yang sudah ikut berpartisipasi, serta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar dan pihak terkait lainnya yang sudah mendukung pelaksanaan pameran bursa kerja ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Wilson, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang kembali melaksanakan Job Fair sebagai bentuk upaya menekan angka pengangguran terbuka di wilayah Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Dharmasraya.

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar, sebut Wilson, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Dharmasraya mencapai 5,08 persen dari 107 ribu jumlah angkatan kerja. Itu artinya, ada sekitar 5.400 pengangguran di Dharmasraya. "Untuk itu, besar harapan kita, job fair yang digelar ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Sehingga TPT yang mencapai 5,08 persen tersebut sedikit demi sedikit dapat dikurangi," tandas Wilson.

Wilson juga berharap, kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat dapat melaksanakan hal serupa untuk menanggulangi angka penggangguran terbuka di Sumbar.

Selain Pameran Bursa Kerja, Pemkab Dharmasraya melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja yang berada di bawah komando Kepala Dinas Marten Yunus, juga membuka stand perekrutan peserta pelatihan kompetensi serta stand pengurusan AK1 di lokasi yang sama. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, hingga tanggal 7 Januari 2020.

Adapun, acara pembukaan Job Fair ini juga turut dihadiri oleh Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman, Kepala BP3TKI, Pimpinan Perusahaan dan sejumlah Kepala Dinas yang mengurus bidang ketenagakerjaan di Provinsi Sumatera Barat.(Gul)

Loading...
Editor/Sumber: Rio Irawan
Tag: dharmasraya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pasar Sumani Membara, 6 Petak Toko Musnah

Pasar Sumani Membara, 6 Petak Toko Musnah

SOLOK - Musibah kebakaran kembali melanda Kabupaten Solok, tepatnya di Pasar Sumani Kecamatan X Koto Singkarak, Sabtu...

Sukseskan Pilkada 2020, KPU Pasaman Gelar Rakor dengan Camat dan Wali Nagari

Sukseskan Pilkada 2020, KPU Pasaman Gelar Rakor dengan Camat dan Wali Nagari

LUBUK SIKAPING - Pemilihan serentak tahun 2020 dibutuhkan kerjasama seluruh pihak untuk menyukseskan agenda lima...

Jalin Silahturahmi, Bupati Pasaman Barat Temu Ramah Bersama Awak Media

Jalin Silahturahmi, Bupati Pasaman Barat Temu Ramah Bersama Awak Media

PASAMAN BARAT - Jalin silahturahmi, Bupati Pasaman Barat H. Yulianto temu ramah dengan insan pers se kabupaten setempat...

Setelah Scorpene, Menhan Prabowo Kini Incar Kapal Selam Siluman Swedia, Ini Spesifikasinya

Setelah Scorpene, Menhan Prabowo Kini Incar Kapal Selam Siluman Swedia, Ini Spesifikasinya

NASIONAL - Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) resmi memiliki kapal selam baru bernama Kapal Republik Indonesia...

Diduga Pengedar, Seorang Warga Padang Kaciak Dibekuk Polsek Kinali

Diduga Pengedar, Seorang Warga Padang Kaciak Dibekuk Polsek Kinali

PASAMAN BARAT - Jajaran Polsek Kinali kembali ringkus pelaku penyalahguna narkotika golongan satu di Padang Kaciak,...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media