Tuesday, 18 Feb 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Jauhkan Anak Kemenakan dari Narkoba, Paguyuban Suku Jambak di Padang Lakukan Ini

Senin, 13 Januari 2020 - 06:46:50 WIB - 422
Jauhkan Anak Kemenakan dari Narkoba, Paguyuban Suku Jambak di Padang Lakukan Ini
Silaturahim pauyuban suku jambak dan irwan basyir


PADANG -- Paguyuban Suku Jambak menggelar pertemuan silaturahmi paguyuban rang suku jambak. Pertemuan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya memberantas narkotika dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya narkoba.

Penghulu Suku Jambak Nan Batujuh Datuk Rajo Alam, mengatakan, dalam silaturahim paguyuban kaum suku jambak ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah Kota Padang dalam rangka memberantas penyakit masyarakat terutama pemberantasan narkoba dan judi serta mendukung Nagari Pauh IX sebagai Kecamatan untuk pelestarian adat.

"Komitmen ini bukan sekedar retorika tetapi telah diresmikan di kampung tangah daerah RW5 sebagai Kampung anti narkoba di Kelurahan Kuranji sebagai tapian jambak nan batujuh. Bahkan para generasi muda di Pasar Lalang telah melakukan ronda malam bersama untuk mengantisipasi terhadap penyebaran narkoba," ujar Irwan Basyir yang juga Ketua DPD LPMPadang.

"Kaum paguyuban rang Suku Jambak yang memiliki peran dan tanggung jawab menyelamatkan generasi muda bangsa dan masyarakat bersama pemerintah, terkait guna memberikan kontribusi pemikiran dan partisipasi fokus pada bidang pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba," imbuh Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM selaku Penghulu Suku Jambak Nan Batujuh di salah satu rumah makan di Kota Padang, Minggu (12/01/2020).

Selain itu, Irwan Basir juga menyampaikan, berangkat dari keprihatinan serta rasa sayang akan generasi muda maupun masyarakat agar terjauh dari penyalahgunaan narkoba, bahkan saat ini sudah dinyatakan darurat narkoba, maka mustahil akan bisa meraih Cita-citanya kelak nanti setelah dewasa.

"Rang suku jambak nan batujuh hadir bertujuan berusaha membantu program pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Minimal di lingkungan terdekat kita, agar generasi penerus bangsa yang merupakan anak cucu kita, agar menjadi generasi emas serta generasi yang terbebas dari peredaran gelap narkoba," tandas Irwan.

Lebih lanjut diungkapkan Irwan Basyir Undang-undang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya, bahkan memberikan hak dan tanggung jawab kepada masyarakat untuk berperan, serta membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-undang.

Menurut Pasal 1 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Pada perkembangan saat ini, narkotika tidak hanya digunakan dalam bidang farmasi saja, tetapi sudah terjadi penyalahgunaan narkotika. Hal ini sering kali ditemukan pada kalangan remaja hingga masyarakat usia dewasa.

Dalam membantu upaya pemerintah menyelamatkan bangsa dan negara dari ancaman bahaya narkoba, Undang-undang memberikan hak dan wewenang kepada masyarakat untuk mencari, memperoleh, dan memberikan informasi tentang adanya dugaan telah terjadi tindak pidana narkoba.

Disamping itu, dirinya menambahkan keberadaan paguyuban suku jambak memiliki fungsi membantu pemerintah dalam hal penanganan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang kini telah menjadi momok menakutkan di Kota Padang maupun Sumatera Barat khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Selain itu, Zulhardi Latif Rajo Bungsu mengungkapkan, keberadaan paguyuban suku jambak merupakan atas dasar kesadaran masyarakat tentang bahaya narkotika di Kota Padang, dengan dibentuknya persatuan peguyuban suku jambak ini, semoga mampu bersinergi dengan lembaga penegak hukum terkait seperti Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN) serta instansi terkait termasuk Kementerian Kesehatan, Pendidikan Nasional dan BPOM.

Secara tegas Zulhardi Latif Rajo Bungsu mengungkapkan bahwa program kerja secara konkret, paguyuban suku jambak akan melakukan pencegahan melalui penyuluhan di masyarakat, baik itu di tingkat masyarakat, sekolah SD, SMP, hingga perguruan tinggi.

"Kita akan berikan pemahaman tentang bahaya narkoba mulai dari bibit-bibit generasi muda, seperti di SD dan jenjang yang lebih tinggi," tutup Irwan.

Dalam silaturahin paguyuban tersebut dihadiri Rang Tuo Adat Yusuf Datuk Rajo Basa dan Cadik Pandai Suku Jambak Nan Batujuh serta Ninik Mamak Nan Bajanih, Cadik Pandai Suku Jambak Nan Batujuh Zulhardi Latif Rajo Bungsu. (Rel)

Loading...
Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: daerah,metro,minangkabau,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pemkab Solok Perluas Pengembangan Program BPNT Dengan E-Warong

Pemkab Solok Perluas Pengembangan Program BPNT Dengan E-Warong

SOLOK - Aplikasi E-Warong yang dikelola oleh pemerintah daerah Kabupaten Solok mempermudah pengembangan Bantuan Pangan...

Pasar Sumani Membara, 6 Petak Toko Musnah

Pasar Sumani Membara, 6 Petak Toko Musnah

SOLOK - Musibah kebakaran kembali melanda Kabupaten Solok, tepatnya di Pasar Sumani Kecamatan X Koto Singkarak, Sabtu...

Kenapa Valentine Day tak Lagi Haram di Arab Saudi? Ada Peran Seorang Sheikh

Kenapa Valentine Day tak Lagi Haram di Arab Saudi? Ada Peran Seorang Sheikh

INTERNASIONAL - Valentine Day yang jatuh setiap tanggal 14 Februari akan kembali dirayakan di seluruh belahan dunia....

Evaluasi SAKIP, Kabupaten Mentawai Peroleh Predikat B dari Kementrian PAN-RB

Evaluasi SAKIP, Kabupaten Mentawai Peroleh Predikat B dari Kementrian PAN-RB

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah...

Serangan Udara Meningkat di Idlib, GHR-ACT Bagikan Paket Makanan dan Mushaf Al-Quran

Serangan Udara Meningkat di Idlib, GHR-ACT Bagikan Paket Makanan dan Mushaf Al-Quran

IDLIB -- Ratusan mushaf Al-Quran dibagikan untuk anak-anak Suriah di salah satu panti asuhan di Reyhanli. Ratusan...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media