Friday, 10 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Bawaslu Pariaman Harapkan Perekrutan PPK Sesuai Mekanisme

Rabu, 15 Januari 2020 - 17:08:59 WIB - 424
Bawaslu Pariaman Harapkan Perekrutan PPK Sesuai Mekanisme
Kantor bawaslu kota Pariaman.


PARIAMAN - Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kota Pariaman harapkan perekrutan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) oleh KPU sesuai dengan mekanisme aturan yang telah ditetapkan.

"Penyelenggaraan Pilkada secara langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat terwujud apabila dilaksanakan oleh penyelenggara yang mempunyai integritas, profesionalitas, dan akuntabilitas," ujar Komisioner Bawaslu Kota Pariaman, Ulil Amri diruang kerjanya, Rabu (15/2/2020).

"Koordinator Divisi Pengawasan hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga ini menjelaskan pengawasan penyelenggaraan Pilkada 2020 adalah tugas kami selaku Badan Pengawas kususnya di Kota Pariaman, hingga Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa, dan Pengawas TPS turut serta memantau proses demokrasi ini," katanya lagi.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan pemerintahan daerah yang demokratis berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Pengawasan pembentukan PPK, PPS dan KPPS bertujuan untuk memastikan penyelenggara Pilkada yang mempunyai integritas, profesionalitas dan akuntabilitas dalam proses pelaksanaan tahapan Pilkada untuk mewujudkan hasil Pilkada yang berkualitas," terangnya.

Kembali ia menegaskan berdasarkan PKPU No.16 tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU No.15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota tahun 2020.

Adapun jadwal pembentukan jajaran adhoc KPU adalah, pembentukan PPK tanggal 15 Januari sampai 14 Februari 2020, Pembentukan PPS tanggal 15 Februari sampai 14 maret 2020, Pembentukan KPPS tanggal 23 agustus sampai 30 september 2020.

Sementara itu ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan saat diwawancai menghimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman agar melakukan perekrutan terhadap PPK, hingga PPS dan KPPS nantinya sesuai dengan persyaratan yang telah diatur.

"KPU mesti memberikan informasi seluas-luasnya terhadap masyarakat sehingga informasi ini benar-benar tersampaikan dan diketahui masyarakat bahwa ada perekrutan penyelenggara untuk Pilkada tahun 2020 ini" ujarnya.

Ia berharap tahapan mulai dari pengumuman hingga perekrutan yang dilaksanakan KPU kota Pariaman tidak ada menyalahi aturan. Sehingga proses dalam mencari penyelenggara benar-benar sesuai dengan regulasi yang ada. (war)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pariaman,pilkada,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Legislator Riau Reses di Gajah Sakti Bengkalis

Legislator Riau Reses di Gajah Sakti Bengkalis

DURI -- APBD 2020 sekitar 10.2 triliun saat ini digunakan Pemerintah Provinsi Riau 50 persen untuk penanggulangan...

Jelang Idul Adha 1441H, Stok Pangan di Sumbar Dipastikan Aman

Jelang Idul Adha 1441H, Stok Pangan di Sumbar Dipastikan Aman

PADANG --Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, ketersediaan bahan pangan di Sumbar dijamin aman. Meski begitu, pemerintah...

Warganet Heboh, Seekor Ular Phyton Masuk ke dalam Dash Board Motor

Warganet Heboh, Seekor Ular Phyton Masuk ke dalam Dash Board Motor

JAKARTA -- Netizen kembali dihebohkan dengan beredarnya video seekor ular piton berukuran besar masuk ke dalam dashbord...

PKL Nekad Berjualan di Trotoar, Pol PP Padang Layangkan Surat Panggilan

PKL Nekad Berjualan di Trotoar, Pol PP Padang Layangkan Surat Panggilan

PADANG -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang terpaksa mengeluarkan surat panggilan dan teguran bagi...

Ngeri! Australia Akan Bikin Rudal Jarak Jauh, Bisa Jangkau Wilayah Indonesia?

Ngeri! Australia Akan Bikin Rudal Jarak Jauh, Bisa Jangkau Wilayah Indonesia?

INTERNASIONAL - Pemerintah Australia berencana akan meningkatkan anggaran sistem pertahanan negaranya dalam kurun waktu...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu