Sunday, 29 Mar 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Waduh, Muncul Organisasi Mirip Keraton Agung Sejagat di Pariaman

Kamis, 23 Januari 2020 - 21:45:00 WIB - 3040
Waduh, Muncul Organisasi Mirip Keraton Agung Sejagat di Pariaman
Spanduk Indonesia Mercusuar Dunia (IMD).


PARIAMAN - Walikota Pariaman Genius Umar melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Kepala Desa Sikapak Timur Kecamatan Pariaman Utara, Kamis (23/1), sehubungan laporan dari masyarakat bahwa ada satu organisasi yang diduga melakukan modus penipuan yang berkembang di Desa Sikapak Timur dan cukup meresahkan.

Organisasi tersebut bernama Indonesia Mercusuar Dunia (IMD). Dipimpim langsung oleh ASN Pemda Kerawang Bekasi bernama Djuanda (50). Sedangkan untuk pimpinan di Desa Sikapak Timur diketuai oleh Tuangku Ayattudin warga Desa Sikapak Timur yang berdomisili di Kabupaten Padang Pariaman.

"Saya pikir ini semacam organisasi penipuan untuk masyarakat yang modusnya adalah dengan cara mengumpulkan masyarakat untuk mensosialisasikan organisasi mereka, dan masyarakat yang menjadi anggota mereka wajib menyetor uang pendaftaran sebanyak Rp.1.750.000- per orangnya, dengan iming-iming nanti akan menerima dana sebesar sampai dengan 3 M perkepala," ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

"Karena organisasi ini belum ada izinnya dari Kesbangpol Kota Pariaman, maka saya minta oganisasi yang meresahkan masyarakat ini dibubarkan, dan kepada Tuangku Ayattudin selaku ketua organisasi IMD yang ada di Desa Sikapak Timur ini agar diberikan pembinaan oleh Kesbangpol dan juga aparat hukum terkait supaya tidak terlalu jauh melakukan kesalahan terhadap dirinya sendiri dan juga masyarakat," ujar Genius Umar.

"Agar masyarakat tidak termakan dengan bujuk rayu organisasi ini dan tidak mudah tertipu dengan iming-iming uang 3 M. Lebih baik kita manfaatkan sumber daya alam yang ada di desa ini untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dan terasa berkahnya bagi keluarga masing-masing," himbau Wako.

"Saya yakin dan percaya masyarakat Desa Sikapak Timur ini cerdas semua dalam menyikapi permasalahan yang ada, terbukti dengan tidak ada masyarakat desa ini yang ikut menjadi anggota organisasi IMD yang diketuai oleh Ayattudin ini," tambahnya.

Menurut Ayatudin yang direkrut oleh Zainal yang tinggal di Padang Alai, Kabupaten Padang Pariaman dalam wawancaranya, tujuan organisasi adalah untuk membantu masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mengambil hak mereka berupa uang dan membantu pemerintah untuk melunasi hutang negara.

Dengan syarat semua anggota harus terlebih dahulu menyetor uang pendaftaran masing-masing sebesar Rp.1.750.000,-. Kemudian menurutnya pada tanggal 30 Maret 2020 semua anggota yang sudah menyetor dana akan menerima hak mereka masing-masing sampai dengan jumlah sebesar Rp. 3 Milyar, yang dananya bersumber dari Bank UBS yang ada di Negara Swiss.

Anggota IMD dibawah koordinasi Ayattudin ini sudah terdaftar 80 orang dan 50 orang peserta telah menyetorkan dana untuk persyaratan penerima hak yang dijanjikan. Mayoritas peserta yang direkrut tersebut adalah warga Kabupaten Padang Pariaman.

Sesuai dengan permintaan dari Walikota Pariaman Genius Umar, untuk sementara kegiatan organisasi ini dihentikan terlebih dahulu.

Setelah koordinasi dengan Ketua IMD Tuangku Ayatuddin semua baliho yang terpasang di sekitar Desa Sikapak Timur di turunkan oleh Satpol PP Kota Pariaman disaksikan oleh Kepala Kesbangpol Kota Pariaman Muhammad Rum, Kepala Satpol PP Kota Pariaman Elvis Chandra, Kasat Intel Polres Kota Pariaman Bustanul Alamsyah, Camat Pariaman Utara Ahadi Nugraha, Kades Sikapak Timur Syawirman dan juga masyarakat Desa Sikapak Timur. (war)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,hukum,metro,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Begini Cara Satpol PP Dharmasraya Cegah Penularan Virus Corona

Begini Cara Satpol PP Dharmasraya Cegah Penularan Virus Corona

DHARMASRAYA - Arahan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, untuk menindak pelajar yang berkeliaran tanpa...

Jika Harus Berkantor di Rumah, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Padang Pariaman

Jika Harus Berkantor di Rumah, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Padang Pariaman

Padang Pariaman - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan uji coba penggunaan aplikasi zoom cloud...

Gara-gara Ini, Finalis Puteri Indonesia 2020 Asal Sumbar Disoraki Penonton

Gara-gara Ini, Finalis Puteri Indonesia 2020 Asal Sumbar Disoraki Penonton

NASIONAL - Malam grand final pemilihan Puteri Indonesia 2020 sukses digelar pada Jumat malam (6/3/2020) di Plenary...

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Wali Kota Padang Panjang Lantik Dewan Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Wali Kota Padang Panjang Lantik Dewan Pendidikan

PADANG PANJANG -- Wali Kota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA, Datuak Paduko Malano melantik Dewan Pendidikan Dewan...

Semalam Terjadi Dua Kali Kebakaran di Koto Tangah Kota Padang

Semalam Terjadi Dua Kali Kebakaran di Koto Tangah Kota Padang

PADANG - Panti Asuhan Alfalah yang dihuni khusus anak laki-laki asal Mentawai di Parupuk Tabing, Kota Padang, Sumbar...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu