Monday, 06 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Kesehatan

Apa Itu Virus Corona Wuhan, Bagaimana Cara Agar Tak Terjangkit?

Jumat, 24 Januari 2020 - 15:27:27 WIB - 1667
Apa Itu Virus Corona Wuhan, Bagaimana Cara Agar Tak Terjangkit?
Ilustrasi Virus Corona Wuhan (Foto: Tirto)


KESEHATAN - Virus corona berawal dari Kota Wuhan, China dan terus menyebar ke negara-negara lain, seperti Jepang Korea Selatan dan Singapura. Indonesia juga tak luput dari ancaman virus ini. Virus corona Wuhan merupakan serangan penyakit serupa influenza dan berpotensi menjadi wabah (pandemik).

Menurut Ketua Pelaksana Komite Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan, Bayu Krisnamurthi, sebenarnya ini bukanlah hal yang baru. Serangan corona Wuhan yang telah menjangkiti sekitar 500-600 orang dan menyebabkan kematian sekitar 20 orang di antaranya, sebenarnya kurang lebih mirip dengan yang pernah dihadapi sebelumnya.

"Indonesia dan dunia telah mengalami SARS, lalu flu burung, kemudian flu babi, bersambung dengan MERS, dan sekarang corona Wuhan. Semuanya berpotensi wabah. Jadi meskipun virus ini baru dan masih belum banyak diketahui karakter dan perilakunya, sebenarnya kita telah memiliki cukup pengalaman menghadapi situasi seperti ini," ujar Bayu, Jumat (24/1/2020).

Bayu turut memberikan saran, terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi virus corona Wuhan ini. Salah satunya adalah tak perlu panik atau bersikap berlebihan. Yang terpenting adalah siaga dan waspada.

Meskipun corona Wuhan adalah zoonosis (penyakit bersumber hewan yang menyerang manusia) seperti flu burung, tetapi mengingat tidak ada ternak yang terlibat (dugaannya dari kelelawar atau ular, tidak seperti flu burung yang berasal dari ayam), maka kita dapat fokus pada kesehatan manusia.

"Menkes kita yang punya latar belakang militer tentu punya kapasitas untuk membangun sistem komando penanganan. Jika memerlukan koordinasi terkait dampak pariwisata atau perdagangan, dapat dilakukan melalui Kemenko Perekonomian atau Kemenko PMK. Sedangkan langkah-langkah kesiap-siagaan respons cepat darurat dapat dikoordinasikan dengan BNPB," tandas Bayu.

Ia melanjutkan, virus corona Wuhan masih perlu dikaji. Perilaku virus ini perlu diteliti dan mutasinya perlu ditelusuri. Indonesia telah memiliki pakar-pakar yang sangat mumpuni di bidang ini.

Jaringan litbang Kemkes punya ahli-ahli dan laboratorium yang sangat baik, didukung pula oleh kapasitas yang baik di lembaga penelitian-lembaga penelitian seperti di Lembaga Eijkman, IPB, Univ Airlangga, Univ Udayana, UGM, Univ Indonesia dan banyak lembaga lain

Laboratorium di beberapa rumah sakit juga telah cukup kuat untuk melakukan berbagai analisis.

"Indonesia itu besar dan luas, pintu masuknya banyak. Oleh sebab itu, kesiap-siagaan perlu dilakukan tidak hanya di Jakarta tetapi juga di daerah-daerah. Dan jejaring yang telah terbentuk sejak flu burung dapat diaktifkan kembali," ucapnya.

Bayu kembali memperingatkan bahwa kebersihan lingkungan dan gaya hidup yang sehat semakin perlu diperhatikan. Virus dan bakteri telah bermutasi dan menjadi lebih mengancam kesehatan. Sehingga kita juga perlu lebih bersiap.

Dan ternyata, ada juga risiko yang lebih besar, yaitu fenomena ketidakberhasilan menghadapi bakteri atau virus karena kondisi resistensi terhadap antibiotik (AMR).

"Hal-hal yang diurai di atas lebih menekankan pada kesiap-siagaan menghadapi serangan. Pada waktunya, akan dihasilkan vaksin atau obat untuk mengatasinya. Akan lebih berat situasinya jika ternyata obat yang ada ternyata tidak ampuh lagi untuk menyembuhkan," tutur Bayu. (VV)

Editor/Sumber: Romeo/viva
Tag: indonesia,internasional,kesehatan,metro,nasional

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gawat, Lebih 1 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Corona

Gawat, Lebih 1 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Corona

INTERNASIONAL - Angka kasus pasien terkonfirmasi positif virus corona di seluruh dunia melonjak tajam mencapai hingga...

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Imbau Warga Terapkan Physical Distancing

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Imbau Warga Terapkan Physical Distancing

PADANG -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memiliki pesan khusus kepada masyarakat Sumatera Barat dalam menghadapi wabah...

Mulai Besok, Indonesia Tertutup Bagi Turis Asing

Mulai Besok, Indonesia Tertutup Bagi Turis Asing

NASIONAL - Indonesia akan menutup diri dari turis asing. Larangan ini akan berlaku esok hari atau di tanggal 2 April....

Inilah Daftar Koruptor Lansia yang Diusulkan Bebas Gara-gara Corona

Inilah Daftar Koruptor Lansia yang Diusulkan Bebas Gara-gara Corona

NASIONAL - Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis daftar narapidana koruptor yang berusia di atas 60 tahun. Rilis ICW...

 Geram, Faisal Basri Sebut Luhut Pandjaitan Lebih Bahaya dari COVID-19

Geram, Faisal Basri Sebut Luhut Pandjaitan Lebih Bahaya dari COVID-19

NASIONAL - Pengamat Ekonomi Senior Faisal Basri mengeluarkan pernyataan yang pedas soal Menteri Koordinator Bidang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu