Saturday, 04 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Seni Budaya

Yuk Intip Keseruan Bule-bule Norwegia Belajar Tarian Minang dan Bermain Angklung

Senin, 03 Februari 2020 - 15:15:11 WIB - 1067
Yuk Intip Keseruan Bule-bule Norwegia Belajar Tarian Minang dan Bermain Angklung
Bule-bule di Ostfold University College di Kota Fredrikstad, Norwegia belajar tarian Minang (Foto: Dok. Istimewa)


OSLO, NORWEGIA - Kesenian dan kebudayaan Indonesia kembali mendapatkan apresiasi yang meriah dari publik di Norwegia. Kali ini sambutan yang sangat hangat diberikan oleh publik dari Ostfold University College di Kota Fredrikstad, Norwegia, atas penampilan tarian dan musik yang ditampilkan oleh Sanggar Rumah Gadang Indonesia dari Provinsi Sumatera Barat dan Saung Angklung Udjo dari Provinsi Jawa Barat dalam acara Indonesian Cultural Night di Fredrikstad, (30/1/2020) lalu.

Pertunjukan yang dihadiri oleh sedikitnya 70 orang penonton tersebut digelar sebagai bagian memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat Norwegia. Kegiatan ini sekaligus juga untuk merayakan hari jadi ke-70 hubungan diplomatik Indonesia dan Norwegia.

Duta Besar Republik Indonesia di Norwegia, Todung Mulya Lubis menyampaikan dalam sambutannya bahwa pertunjukan ini juga sekaligus adalah undangan kepada seluruh penonton yang hadir untuk berkunjung ke Indonesia.

"Masyarakat Norwegia sudah banyak yang pernah ke Indonesia terutama ke Bali. Tetapi Indonesia bukan hanya terdiri dari Bali, namun lebih besar lagi. Oleh karena itu, Indonesian Cultural Night ini juga menjadi undangan untuk semua yang datang untuk ke Indonesia, melihat langsung dan merasakan keindahan seni dan budaya Indonesia", ujar Dubes.

Dalam acara berdurasi satu jam tersebut, mendapat suguhan penampilan tarian berupa Tari Indang dan Tari Piring khas Sumatera Barat dan juga pertunjukkan musik Arumba dari Saung Angklung Udjo.

Tidak hanya itu, para penonton juga berkesempatan untuk secara langsung belajar menarikan Tari Indang. 10 penonton sangat antusias untuk berpartisipasi dalam pelatihan singkat tersebut dan penonton yang duduk juga sangat antusias menyanyikan lagu "dindin badindin oi dindin badindin".

Selain belajar menari, para penonton juga mendapat kesempatan untuk memainkan angklung yang dipandu langsung oleh tim dari Saung Angklung Udjo. Mereka sangat senang dapat bersama-sama memainkan berbagai lagu, termasuk I Have a Dream dari ABBA dan Cant Help Falling in Love dari Elvis Presley dengan angklung.

Serge von Arx, Profesor dari Norwegian Theater Academy di Ostfold University College mengatakan sangat senang pihak kampusnya dapat menjadi tuan rumah untuk pertunjukan ini.

"Kami sangat antusias untuk acara ini. Penting bagi kami untuk dapat terus membuka wawasan mengenai seni dan budaya lain yang belum pernah kami ketahui sebelumnya, termasuk seni dan budaya dari Indonesia. Oleh karena itu, acara ini tentunya akan dapat membuka mata para mahasiswa, staf, dan pengajar serta keluarga dari Ostfold University College mengenai Indonesia," ujar Serge.

Nina Evayanti, pada Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Oslo menyampaikan dukungan penuh atas kunjungan dari duta budaya Indonesia untuk memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia di Norwegia.

"Kami di KBRI Oslo tentu sangat terbuka menerima kunjungan duta seni dan budaya dari Indonesia ke Norwegia, seperti Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jawa Barat saat ini. KBRI Oslo berkomitmen untuk dapat terus memperkenalkan dan mempromosikan seni dan budaya Indonesia serta mengundang masyarakat Norwegia untuk dapat berkunjung ke Norwegia," pungkasnya.

Acara yang dilaksanakan atas kerjasama antara KBRI Oslo dan Ostfold University College ini ke depannya diharapkan dapat juga dijalankan di kota dan dikerjakan dengan bekerja sama dengan institusi lain. (Nina)

Editor/Sumber: Reza S
Tag: indonesia,internasional,metro,pendidikan,seni-budaya,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Cegah Covid-19, Team PB Dan Karang Taruna Desa Tuapejat Lakukan Penyemprotan

Cegah Covid-19, Team PB Dan Karang Taruna Desa Tuapejat Lakukan Penyemprotan

MENTAWAI - Mencegah meluas penyebaran Virus Corona, Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara lakukan penyemprotan...

Cegah Penularan Corona, 97 Napi Lapas Klas IIB Pariaman Dibebaskan

Cegah Penularan Corona, 97 Napi Lapas Klas IIB Pariaman Dibebaskan

PARIAMAN -- Sedikitnya 97 orang Narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) klas IIB Pariaman akan mengirup udara...

Listrik Gratis Buat Warga yang Pakai Token, Begini Hitung-hitungannya

Listrik Gratis Buat Warga yang Pakai Token, Begini Hitung-hitungannya

NASIONAL - Pemerintah memberikan keringanan untuk biaya jasa listrik selama tiga bulan ke depan. Untuk pengguna listrik...

Cegah Penularan Covid-19, Tim PB dan Karang Taruna Desa Sipora Jaya Lakukan Penyemprotan

Cegah Penularan Covid-19, Tim PB dan Karang Taruna Desa Sipora Jaya Lakukan Penyemprotan

MENTAWAI - Mencegah penyebaran Virus Corona, Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara lakukan penyemprotan Disinfektan....

DPRD Kabupaten Solok Minta Tambah Dana Cadangan Kedaruratan Jadi Rp25 Milyar

DPRD Kabupaten Solok Minta Tambah Dana Cadangan Kedaruratan Jadi Rp25 Milyar

KABUPATEN SOLOK -- DPRD Kabupaten Solok, dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Fiman Pandu, Rabu (1/4), dalam rapat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu