Saturday, 04 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Disdukcapil Pariaman Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran

Rabu, 05 Februari 2020 - 17:02:37 WIB - 399
Disdukcapil Pariaman Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


PARIAMAN -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman akan melakukan sistem jemput bola ke seluruh Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Negeri dan Swasta di Kota Pariaman untuk pembuatan akta kelahiran.

Demikian disamaikan Kepala Seksi Pencatatan Sipil Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Pariaman Chayerli Selasa (4/2/2020).

Akta kelahiran atau bisa disebut dengan akta lahir, merupakan tanda bukti berisi pernyataan yang teramat sangat penting, dan diperlukan guna mengatur maupun menyimpan bahan keterangan tentang kelahiran seorang bayi dalam bentuk selembar kertas yang sudah dicetak.

"Penjemputan bola untuk pembuatan akta kelahiran akan dimulai pada Bulan februari ini karena kita baru akan menyurati pihak sekolah untuk meminta data pelajar yang berdomisili di Kota Pariaman," ungkapnya

Ia mengatakan , akan Langsung kesekolah dan berbicara bersama pihak sekolah maksud dan tujuan dari penjemputan bola yang dilakukan.

Pembuatan akta kelahiran kesekolah ini menjadi kabar gembira untuk seluruh pelajar SMA/SMK Negeri mauapun Swasta yang berdomisili di Kota Pariaman karena dengan hanya melengkapi persyaratan saja tanpa harus antrian dan datang ke Disdukcapil, akta kelahiran bisa dimiliki dan diantar kesekolah langsung.

"Kami telah membicarakannya bersama pihak sekolah dan dilanjutkan menyurati sekolah tersebut, dalam surat itu juga sekaligus jelaskan apa saja syarat yang harus dibawa kesekolah untuk diserahkan kepihak kami.

"Semua persyaratan tersebut akan kami jemput kesekolah dan kami buatkan aktanya dan akta kelahiranpun akan diantar kembali kesekolah masing-masing," ujarnya.

Sampai saat ini capaian pembuatan akta kelahiran di Kota Pariaman sudah mencapai 49,54 persen. Namun capaian akta kelahiran ditingkat nasional mulai dari 0-18 th sudah mencapai 88,02 persen. Agar capaian tersebut terpenuhi maka jemput bolah adalah salah satu solusinya.

"Untuk capaian secara keseluruhan memang Kota Pariaman baru mencapai 49,54 persen. Namun untuk ukuran di tingkat nasional, kesadaran memiliki akte kelahiran itu mulai dari 0 -18 th dan di Kota Pariaman kita sudah mencapai 88,02 persen.

"Kenapa secara keseluruhan masih belum 50 persen, karena sebagian masyarakat Kota Pariaman masih memiliki akta kelahiran versi lama yang belum memakai sistem sehingga nomornya tidak terinput saat ini," tambahnya.

Ia berharap dengan dilaksanakannya penjemputan bola ini, tidak banyak lagi pelajar di Kota Pariaman yang tidak memiliki akta kelahiran sehingga tidak ada kendala saat mengurus segala sesuatu nanti. (war/mc)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: daerah,metro,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Anggota DPRD Pasaman Pantau Langsung Kesiapan Posko Pemantauan Covid-19

Anggota DPRD Pasaman Pantau Langsung Kesiapan Posko Pemantauan Covid-19

PASAMAN - Dalam rangka memutus penyebaran virus corona, lima orang Anggota DPRD Pasaman turun ke posko pemantuan virus...

Cegah Penularan Covid-19, Tim PB dan Karang Taruna Desa Sipora Jaya Lakukan Penyemprotan

Cegah Penularan Covid-19, Tim PB dan Karang Taruna Desa Sipora Jaya Lakukan Penyemprotan

MENTAWAI - Mencegah penyebaran Virus Corona, Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara lakukan penyemprotan Disinfektan....

DPRD Kabupaten Solok Minta Tambah Dana Cadangan Kedaruratan Jadi Rp25 Milyar

DPRD Kabupaten Solok Minta Tambah Dana Cadangan Kedaruratan Jadi Rp25 Milyar

KABUPATEN SOLOK -- DPRD Kabupaten Solok, dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Fiman Pandu, Rabu (1/4), dalam rapat...

Akibat Wabah Covid-19, Pilkada 2020 Diundur

Akibat Wabah Covid-19, Pilkada 2020 Diundur

PASAMAN BARAT - Karena adanya wabah virus Corona, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman Barat diundur...

Pemakaian Gedung Diklat Menuai Banyak Protes, Ini pernyataan Tegas Sekda Mentawai

Pemakaian Gedung Diklat Menuai Banyak Protes, Ini pernyataan Tegas Sekda Mentawai

MENTAWAI - Meski masih dalam tahap perencanaan pemerintah tentang pemakaian gedung Diklat yang berada di Desa Saureinuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu