Saturday, 04 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman barat

Sambut HPN, Ajo Pasbar Sosialisasikan Bahaya Berita Hoaks

Sabtu, 08 Februari 2020 - 20:38:27 WIB - 458
Sambut HPN, Ajo Pasbar Sosialisasikan Bahaya Berita Hoaks
Anggota perkumpulan jurnalis online Pasaman Barat foto bersama siswa SMA N 1 Pasaman.


PASAMAN BARAT - Belakangan ini sangat sering terjadi pelanggaran Undang - undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) di media sosial. Ini juga akibat dari kebebasan menggunakan media sosial, minimnya pengetahuan masyarakat dan mudah percaya terhadap suatu informasi yang belum pasti atau berita hoaks.

Mentikapi hal tersebut, Perkumpulan Jurnalis Online (AJO) Pasaman Barat lakukan sosialisasi terkait Berita Hoaks dan Ancaman UU ITE di SMA N 1 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (8/2/2020).

Acara Sosialisasi yang dihadiri lebih dari 60 siswa SMA N 1 Pasaman tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan perigatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020.

Kepala sekolah SMAN 1 Pasaman Hosen melalui Wakasek Bidang Humas, Asman mwngatakan, siswa harus mampu memilah rangkaian informasi yang bisa menyesatkan, apalagi nenurutnya di era kini rata-rata pengguna sosial saat ini akan tertarik bila melihat adanya informasi baru, sementara kebenarannya belum dapat dibuktikan.

"Hati-hati terhadap status atau judul suatu informasi di media sosial, teliti, cemati dan pahami dulu sebelum mensharenya," jelasnya.

Ketua AJO Pasbar, M Fadli Nasution pada kesempatan itu mengatakan, selama ini masyarakat cenderung mempercayai dan membagikan (sehere) pisting-postingan di media sosial tanpa mencari tahu terhadap kebenaran informasi tersebut.

"Kebiasaan ini lah yang kita kwatirkan saat ini, karena setiap orang yang menyebarkan berita bohobg atau hoaks bisa saja tersandung UU ITE. Apalagi yang disebarkan merupakan informasi informasi yang mungkin mencemarkan nama baik orang lain" katanya.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, Fadi menghimbau seluruh siswa menjadi agen perubahan di tengah tengah masyarakat, dengan cara tidak mudah oercaya dengan berita berita yang tidak memiliki sumber yang pasti.

"Melalui kegiatan ini kita berharap agar generasi kita ke depan tidak lagi terjerat dengan berita-berita hoaks dan terhindar dari UU ITE," harapnya.

Sementara Andika Adi Sahputra, salah satu anggota pengawas di AJO dan saat ini juga sebagai wartawan TVRi Sumbar
sebagai pemateri pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sosialisasi ini khusus ditujukan kepada aiswa agar mempergunakan alat komunikasinya untuk informasi yang positif.

Menurutnya hoax berdasarkan Kamus besar Bahasa Indonesia Hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber, yakni informasi yang terlihat benar, tetapi dibuat seolah-olah benar.

Lebih jauh Ia, mengenalkan kepada siswa Smansa Pasaman bagaimana mengantisipasi penyebaran hoax dan bagaimana menyikapinya serta mencegah agar hoax tersebut tidak menyebar.

"Jika adik-adik menemukan adanya hoax, dan agar hal itu tidak menyebar, adik-adik bisa melaporkan hoax tersebut ke laman web trustpositif.kominfo.go.id," serunya. (EL/yan)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman-barat,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Jumlah Pasien Positif Corona di Sumbar Bertambah Jadi 13 Orang

Jumlah Pasien Positif Corona di Sumbar Bertambah Jadi 13 Orang

PADANG -- Laboratorium Universitas Andalas (Unand), menyebutkan 13 orang positif terpapar CoVid-19 dari hasil tes yang...

Cegah COVID-19, Hari ini Kemenkumham Bebaskan 5.556 Napi

Cegah COVID-19, Hari ini Kemenkumham Bebaskan 5.556 Napi

NASIONAL - Kementerian Hukum dan HAM , hingga Rabu (1/4) pukul 11.00 WIB, telah membebaskan sebanyak 5.555 narapidana....

Komisi II DPRD Padang Panjang Salurkan Bantuan Vitamin untuk Petugas Posko Covid-19

Komisi II DPRD Padang Panjang Salurkan Bantuan Vitamin untuk Petugas Posko Covid-19

...

Pernyataan Luhut-Tito-Kominfo Soal Sinar Matahari Bisa Bunuh Corona, Siapa yang Benar?

Pernyataan Luhut-Tito-Kominfo Soal Sinar Matahari Bisa Bunuh Corona, Siapa yang Benar?

NASIONAL - Ada topik yang mengemuka di negeri tropis ini, yakni virus Corona vs panas sinar matahari. Pihak yang...

Diam-diam Bangun Labor Massive Testing Corona, Anies: Ini Bukan Kampanye, Tak Perlu Ngomong-ngomong

Diam-diam Bangun Labor Massive Testing Corona, Anies: Ini Bukan Kampanye, Tak Perlu Ngomong-ngomong

NASIONAL - Gubernur Jakarta Anies Baswedan membocorkan kabar yang menggembirakan. Diam-diam Pemprov Jakarta sekarang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu