Saturday, 04 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Kinerja Pemkab Pasaman Membaik, MenPAN-RB Beri Predikat B

Selasa, 11 Februari 2020 - 20:21:37 WIB - 527
Kinerja Pemkab Pasaman Membaik, MenPAN-RB Beri Predikat B
Bupati Pasaman, Yusuf lubis bersama Sekda menerima penghargaan untuk Pemkab.


PASAMAN - Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, didampingi Sekretaris Daerah kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak Inspektur, Kepala Bappeda, Kabag Organisasi menghadiri acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2019.

Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Diserahkan Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Cahyo Kumolo di Radisson Golf & Convention Center Batam, Senin (10/02/2020).

Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pasaman memperoleh nilai 60,12 atau predikat "B".

Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya.

Kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil yang baik pada Pemerintah kabupaten Pasaman. Namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.

Kepala Dinas Kominfo Pasaman, Wiliyam Hutabarat, S.Kom menjelaskan, bahwa pelaksanaan evaluasi SAKIB berpedoman pada PP No.8 /2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Perpres No. 29/2014 tentang SAKIP, dan Permenpan-RB No. 12/2015 tentang pedoman evaluasi atas implementasi SAKIP.

"Evaluasi kinerja pada tahun 2018 lalu, kita Pasaman masih diposisi huruf C dengan nilai 54, 15. Sedangkan tahun ini berhasil naik ke nilai 60,12 dengan predikat B," ujar Wiliyam.

Hasil penilaian itu menurut Willy, menunjukan bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, capaian kinerja dan kualitas budaya kinerja pemerintahan Kabupaten Pasaman tahun 2019, sudah berorientasi pada outcome atau hasil.

"Evaluasi menyangkut tingkat akuntabilitas dari penggunaan anggaran, dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil atau ressullt oriented government," beber Welly.

Namun Kadis Kominfo mengakui, masih perlu upaya lebih lanjut, demi tercapai hasil yang lebih maksimal, yakni predikat nilai A. Keberangkatan Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis ke Batam, Prov. Kepri, didamping Sekda Drs. H. Mara Ondak, Inspektur M. Ikhsan,SIP, Kepala Bappeda Choiruddin, dan Kabag Organisasi M. (M. Afrizal)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Peduli Tenaga Medis, Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Serahkan 166 APD

Peduli Tenaga Medis, Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Serahkan 166 APD

PADANG PANJANG -- Peduli tenaga Medis, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang menyalurkan bantuan sumbangan 166...

Cegah COVID-19, Hari ini Kemenkumham Bebaskan 5.556 Napi

Cegah COVID-19, Hari ini Kemenkumham Bebaskan 5.556 Napi

NASIONAL - Kementerian Hukum dan HAM , hingga Rabu (1/4) pukul 11.00 WIB, telah membebaskan sebanyak 5.555 narapidana....

Ini Data Terkini Covid-19 Kota Solok

Ini Data Terkini Covid-19 Kota Solok

KOTA SOLOK -- Berdasarkan update data Dinas Kesehatan Kota Solok, terkait covid-19 pertanggal 31 Maret 2020, terdapat...

Antisipasi Dampak Covid-19, Komunitas Peduli Salurkan Donasi Sosial ke Panti Jompo

Antisipasi Dampak Covid-19, Komunitas Peduli Salurkan Donasi Sosial ke Panti Jompo

LIMAPULUH KOTA - Sejumlah aktivis peduli sosial kemanusiaan Luak Limopuluah menyalurkan bantuan sosial ke Panti Jompo...

Cegah Penularan Corona, 97 Napi Lapas Klas IIB Pariaman Dibebaskan

Cegah Penularan Corona, 97 Napi Lapas Klas IIB Pariaman Dibebaskan

PARIAMAN -- Sedikitnya 97 orang Narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) klas IIB Pariaman akan mengirup udara...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu