Saturday, 04 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

KPAI Minta Sekolah Indahkan Peringatan Cuaca Ekstrim BMKG

Sabtu, 22 Februari 2020 - 09:24:16 WIB - 700
KPAI Minta Sekolah Indahkan Peringatan Cuaca Ekstrim BMKG
Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra


JAKARTA -- KPAI menghaturkan bela sungkawa atas 4 siswa meninggal dalam kegiatan susur sungai Pramuka di Sungai Sempor Yogyakarta, yang diikuti 257 siswa SMPN 1 Turi.

Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra mengatakan Apa yang terjadi di Sekolah SMPN 1 Turi menjadi pelajaran sekolah lainnya untuk memperhatikan manajemen resiko ketika melakukan kegiatan di alam terbuka.

"Begitu juga sekolah perlu mengindahkan dan memantau Peringatan BMKG tentang kondisi cuaca ekstrim yang sewaktu waktu terjadi, harus menjadi pertimbangan ketika ingin melaksanakan kegiatan di alam," katanya

Jasra mengharapkan ada investigasi darimana arus kencang yang langsung datang menerjang ratusan siswa, yang menyebabkan hilang dan meninggal. Agar tidak terulang kembali.

Dinas Pendidikan Sleman juga sebaiknya mengawasi dan mengingatkan agar kegiatan yang dilaksanakan di luar sekolah apalagi di alam, perlu mendapat perhatian lebih dalam kondisi cuaca yang sewaktu waktu berubah.

Seperti apakah sekolah sudah mencari informasi yang cukup tentang aliran arus sungai, apakah sekolah mendapatkan ijin dari yang berwenang atas penggunaan sungai Sempor. Saya kira ini penting dilakukan investigasi, agar para keluarga yang siswa siswinya meninggal dapat tahu penyebabnya. Ada kewajiban sekolah, Dinas Pendidikan Sleman dan pihak berwenang atas penggunaan sungai Sempor untuk menjelaskan peristiwa tersebut kepada para keluarga korban.

Sekolah juga harus mengenal Child Safe Guarding tentang batasan aman dan kode etik bekerja dengan anak, melibatkan anak, mengukur batas kemampuan anak dan usianya yang tentu beragam, seperti anak bisa berenang atau tidak, bagaimana kondisi fisik dan apakah pakai pengaman seperti pelampung.

Faktor lainnya dari Child Safe Guarding adalah tidak melakukan kekerasan fisik mau pun mental, tidak mempermalukan/memalukan anak, tidak sendirian dengan anak di lokasi sepi.

Melibatkan anak juga bicara 4 pilar, pertama anak di beri kapasitas dan pengetahuan tentang kondisi sungai, anak kemudian mengukur kemampuan, kemudian anak menyampaikan pandangannya, kemudian mendapatkan feedback.

Proses proses seperti ini dapat mengurangi faktor resiko sekaligus menjalankan mekanisme pencegahan.

Mari kita berdoa semoga korban korban yang hilang segera ditemukan selamat dan para korban meninggal segera ditangani dengan baik.

Peristiwa tersebut tentu membawa trauma dari ringan sampai berat kepada anak anak. Untuk itu pemerintah daerah Yogyakarta penting melakukan pendampingan segera.

Biasanya kegiatan kegiatan diluar sekolah ada pembiayaan, artinya harus ada tanggung jawab profesional atas peristiwa tersebut.

Ini kejadian kedua di kegiatan mengenal alam yang memakan korban, setelah 5 siswa meninggal dari SMP Budhaya III Duren Sawit Jakarta Timur (25/10/2019) saat wisata di Sungai Ciujung Banten.

KPAI mengharapkan netizen membatasi diri agar tidak menshare foto yang bisa menambah duka keluarga. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: indonesia,nasional

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Antisipasi Dampak Covid-19, Walikota Fadly Amran Luncurkan Gerakan Padang Panjang Peduli

Antisipasi Dampak Covid-19, Walikota Fadly Amran Luncurkan Gerakan Padang Panjang Peduli

PADANG PANJANG -- Antisipasi dampak Corona, Walikota Padang Panjang Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano meninjau...

Jumlah Pasien Positif Corona di Sumbar Bertambah Jadi 13 Orang

Jumlah Pasien Positif Corona di Sumbar Bertambah Jadi 13 Orang

PADANG -- Laboratorium Universitas Andalas (Unand), menyebutkan 13 orang positif terpapar CoVid-19 dari hasil tes yang...

Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Inilah yang Dilakukan Kelurahan Ekor Lubuk

Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Inilah yang Dilakukan Kelurahan Ekor Lubuk

PADANG PANJANG -- Antisipasi penularan Virus Corona, Kelurahan Ekor Lubuk melakukan penyemprotan disinfektan, dan...

Waspadai Covid-19, Stefanus Sabaggalet: Perketat Pengawasan Penumpang di Pelabuhan

Waspadai Covid-19, Stefanus Sabaggalet: Perketat Pengawasan Penumpang di Pelabuhan

MENTAWAI - Dalam mengatasi maraknya penyebaran Virus Corona khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sekretaris Komisi...

Akibat Wabah Covid-19, Perhelatan FPM Tahun 2020 Batal Digelar

Akibat Wabah Covid-19, Perhelatan FPM Tahun 2020 Batal Digelar

MENTAWAI - Acara akbar tahunan Festival Pesona Mentawai (FPM) tak dapat di helat pada tahun ini. Mengingat situasi dan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu