Saturday, 04 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Korem 032 Wirabraja Mengembangkan Teknologi dengan Aplikasi SIKOWIL

Sabtu, 22 Februari 2020 - 10:45:26 WIB - 1044
Korem 032 Wirabraja Mengembangkan Teknologi dengan Aplikasi SIKOWIL
Ilustrasi


BUKITTINGGI -- Dari hasil lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat Tahun Anggaran 2019, Kodim 0304/Agam berhasil meraih prestasi predikat terbaik ke-3 bidang pembinaan teritorial (Binter) jajaran Kodam I/Bukit Barisan semester II TA 2019.

Atas prestasi tersebut Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS. Fadhilah memberikan apresiasi dengan pemberian penghargaan, penyerahan piagam penghargaan ini diterima oleh Kasdim 0304/Agam Mayor Inf Masrizal yang mewakili Dandim dan diberikan langsung oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah di sela-sela rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran Kodam I/BB TA 2019 Bidang Teritorial yang digelar di Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, tanggal 27 Desember 2019.

Hasil ini merupakan buah kerja keras Korem 032/Wirabraja dengan Satuan Kodim-Kodim yang ada di jajaran untuk melaksanakan tugas tugas pembinaan teritorial di tengah masyarakat sesuai wilayah masing masing.
Selain menjalankan program teritorial dengan maksimal juga didukung dengan adanya beberapa program unggulan Korem 032/Wirabraja yaitu program Bios-44 dalam membantu meningkatkan kesejahteraan para petani melalui peningkatan hasil pertaniannya. Program Sikowil (Sistim Informasi Komando Kewilayahan) yang sudah diterapkan oleh seluruh jajaran Kodim di jajaran Korem 032/Wirabraja yang dapat membantu memonitor perkembangan situasi wilayah dan juga memudahkan kodal dalam operasional satuan.

Dalam lomba Binter tersebut, sebelunya Tim penilai dari Pusterad yang dipimpin Kolonel Inf Taufik Shobri selaku Direktur Bina Diklat Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) dan rombongan melihat langsung keberadaan dan kesiapan Makodim 0304/Agam pada lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat Tahun Anggaran 2019 di Makodim 0304/Agam, baik itu aparatur maupun peralatannya. Kolonel Shobri juga berdialog langsung dengan aparatur dan masyarakat mengenai keberadaan dan perannya dalam pembangunan wilayah serta hubungan baik antara Kodim dengan Pemerintah setempat.

Lomba Binter bertujuan untuk mengukur sejauh mana Kodim mampu menyelenggarakan kegiatan pembinaan teritorial, pembinaan satuan, dan meningkatkan mekanisme kerjasama kemitraan dengan instansi Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat di wilayah tugasnya.

"Sasaran lomba Binter yang ingin dicapai adalah kegiatan Binter dilaksanakan oleh Kodim baik program maupun non program sesuai yang diharapkan, yaitu terselenggaranya tertib administrasi Kodim, meningkatkan kemampuan aparat Kodim, dan tumbuhnya kreativitas para Dandim dalam mengembangkan metode Binter yang bersifat non program," ujar Kolonel Shobri.

Kemajuan teknologi modern dalam komunikasi informasi untuk menyampaikan pesan melalui suara maupun tulisan dan gambar menuntut masyarakat dunia dari berbagai unsur elemen untuk mempergunakannya, tentunya dalam mempergunakannya sesuai dengan kaidah dan aturan yang diberlakukan oleh suatu peraturan yang harus dipatuhi penggunanya.
Begitupun kini dalam wilayah kesatuan Korem 032/Wirabraja mengembangkan suatu sistim dinamakan "Sistim Informasi Komando Kewilayahan (SIKOWIL)" yang merupakan Sistem Informasi untuk mengelola Administrasi dan Dokumentasi, Pelaporan, Pengawasan, dan Koordinasi berbagai kegiatan komando kewilayahan TNI manunggal dengan rakyat dalam rangka Sishankamrata.

SIKOWIL adalah sistem yang digunakan oleh TNI untuk memetakan berbagai sumber daya, berbagai potensi, dan berbagai kegiatan serta kejadian yang secara langsung atau pun tidak langsung diawasi dan dikendalikan demi kepentingan keutuhan dan kedaulatan NKRI. Beberapa fitur fungsi unggulan di dalam sistem SIKOWIL diantaranya Peta tematik berbasis GIS, Laporan kejadian (event), Laporan Progress Kolaborasi Pekerjaan (proyek), Tracking, Berita, Forum dan Back office management.

Sistem ini tidak bisa berjalan tanpa dukungan infrastruktur modul-modul di balik layar yang menjadi penghubung semua fungsi di depan bisa berjalan, seperti modul struktur garis komando dan kewenangan hak akses, penyusunan dan pembagian wilayah, organisasi dan kepangkatan. Dalam SIKOWIL ini kegunaannya untuk mendata wilayah binaan, memetakan tentang sumber daya, potensi berbagai kejadian di lapangan baik secara langsung ataupun tidak langsung, dapat mengetahui posisi para Babinsa di lapangan.

Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menjelaskan munculnya Sikowil untuk mencermati semakin kompleks dan dinamisnya perkembangan lingkungan strategis yang berpengaruh pada pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter), TNI memahami munculnya harapan masyarakat akan peran aktif Komando Kewilayahan melalui fungsi Binter untuk lebih responsif dalam membantu pemerintah daerah, institusi terkait dan masyarakat umum untuk mengatasi berbagai persoalan.
Mencermati semakin kompleks dan dinamisnya perkembangan lingkungan strategis yang berpengaruh pada pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter), TNI memahami munculnya harapan masyarakat akan peran aktif Komando Kewilayahan melalui fungsi Binter untuk lebih responsif dalam membantu Pemerintah Daerah, institusi terkait dan masyarakat umum untuk mengatasi berbagai persoalan.
Inisiasi mandiri yang murni berasal dari Korem-Korem pelopor untuk mengatasi persoalan kebutuhan Sistem Informasi yang belum disediakan secara nasional oleh Mabes TNI, makanya hadirlah aplikasi SIKOWIL. Melalui "SIKOWIL" TNI Korem 032/Wirabraja tentu menjadi jawaban akan kebutuhan Alutsista dan Komputerisasi yang tentunya merupakan Elemen utama arsitektur pertahanan. Dan mempersiapkan diri untuk mengantisipasi perang modern berciri asimetris dan nonlinier yang memanfaatkan seluruh sarana, prasarana, dan sistem senjata berbasis teknologi informasi.

Aplikasi "SIKOWIL" pendekatannya Big data, yang terdiri dari data yang terstruktur dan data yang tidak terstruktur, memiliki ukuran (volume), kecepatan (velocity), atau ragam (variety) yang dapat dianalisis menjadi dasar pengambilan keputusan strategic. Melalui kemampuan mengelola tumpukan (big) data digital jadi salah satu kunci menghadapi perang siber & proxy war dimasa mendatang.

Aplikasi "SIKOWIL" akan terkoneksi ke Android Mobile APPS kemudian ke WABE BASE www. wirabaraja.id dari sini juga terkoneksi dengan BABINSA sebagai Input data monitoring posisi masuk ke Admin yang kemudian secara cepat informasi akan terdokumentasi untuk diolah sebagai data, jelas Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Dalam Rangka Implementasi dan Pengembangan SIKOWIL maka Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo melakukan kunjungan ke Kodim 0304 Agam guna menyampaikan pemantapan penggunaan aplikasi SIKOWIL di wilayah Kodim 0304/Agam. TNI harus terus meningkatkan SDM nya dari sisi kemampuan diri termasuk terus mengembangkan interface sistem aplikasi untuk membantu mengelola berbagai macam kegiatan komando kewilayahan secara lebih teratur.

Guna mencermati semakin kompleks dan dinamisnya perkembangan lingkungan strategis yang berpengaruh pada pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter), sehingga dirasa sangat perlu bagi TNI menjawab harapan masyarakat akan peran aktif Komando Kewilayahan melalui fungsi Binter untuk lebih responsif dalam membantu pemerintah daerah, institusi terkait dan masyarakat umum untuk mengatasi berbagai persoalan.

Dijelaskan Dandim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP penggunaan aplikasi SIKOWIL ini sangat mendukung daripada Babinsa dilapangan guna memonitor dan melaporkan yang nantinya sebagai pencatatan dan dokumentasi informasi, struktur data, penyusunan dan penyajian, pengawasan dan pengendalian kegiatan dapat tertata dengan baik.
Kodim 0304/Agam telah mengeterapkan program-program unggulan Korem 032 Wirabraja yang disambut positif Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat Tahun Anggaran 2019 di Makodim 0304/Agam.

Dan Wali Kota Bukittinggi mengatakan sejauh ini hubungan kemitraan dengan Kodim sangat baik. Pemerintah Kota selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Forkopimda sesuai tanggung jawab masing-masing.

Tujuannya bagaimana menciptakan kondisi aman dan nyaman di Kota Bukittinggi. Pemerintah Kota pun juga melakukan goyong royong bekerja sama dengan Kodim. Artinya bagaimana kebersamaan semua pihak dalam menyelenggarakan Pemerintahan di Kota Bukittinggi. Termasuk bekerja sama dalam kebencanaan, karena daerah kita adalah daerah rawan bencana.

Lanjutnya, Pemerintah Kota melihat, bukan nilai yang dicari tapi sejauh mana Kodim melaksanakan kegiatan dan program berikut menyiapkan administrasi, meningkatkan kemampuan personil, menciptakan terobosan yang bermanfaat bagi Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten serta masyarakat sekitar. Pemerintah Kota Bukittinggi siap mendukung, ucap Ramlan Nurmatias. (NUSWIRSYAH)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Jaga Imunitas Tubuh, Jajaran Unsur Forkopimda Mentawai Gelar Senam Corona dan Berjemur

Jaga Imunitas Tubuh, Jajaran Unsur Forkopimda Mentawai Gelar Senam Corona dan Berjemur

MENTAWAI - Jajaran Polres, Kodim 0319, Lanal Mentawai, Basarnas gelar senam Corona dan berjemur di bawah terik matahari...

Cegah COVID-19, Hari ini Kemenkumham Bebaskan 5.556 Napi

Cegah COVID-19, Hari ini Kemenkumham Bebaskan 5.556 Napi

NASIONAL - Kementerian Hukum dan HAM , hingga Rabu (1/4) pukul 11.00 WIB, telah membebaskan sebanyak 5.555 narapidana....

Belasan Remaja di Padang Digaruk Pol PP, Kecoh Petugas dengan Mangaku ODP Covid-19

Belasan Remaja di Padang Digaruk Pol PP, Kecoh Petugas dengan Mangaku ODP Covid-19

PADANG - Puluhan personil Satpol PP terkejut karena satu orang perempuan yang baru saja diamankan mengaku berstatus...

Didukung TNI/Polri, Pemko Solok Batasi Jam Malam

Didukung TNI/Polri, Pemko Solok Batasi Jam Malam

KOTA SOLOK -- Tingginya ancaman mewabahnya penyebaran covid-19 di Kota Solok, terhitung, Jumat (3/4), Pemerintah Kota...

Jumlah Pasien Positif Corona di Sumbar Bertambah Jadi 13 Orang

Jumlah Pasien Positif Corona di Sumbar Bertambah Jadi 13 Orang

PADANG -- Laboratorium Universitas Andalas (Unand), menyebutkan 13 orang positif terpapar CoVid-19 dari hasil tes yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu