Saturday, 04 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

KPAI Minta Kepolisian Lakukan Protap yang Sama Kepada Aksi 212

Sabtu, 22 Februari 2020 - 14:41:15 WIB - 966
KPAI Minta Kepolisian Lakukan Protap yang Sama Kepada Aksi 212
Aksi 212 diikuti anak-anak jakarta


JAKARTA -- Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra mengungkapkan Aksi Mujahid 212 dua tahun terakhir, KPAI melakukan kontak dua hari sebelum aksi kepada koordinator aksi agar tidak melibatkan anak anak. Namun pendekatan tersebut tetap dilanggar korlap aksi. "Hari ini, Jumat, (21/2) kembali berulang aksi 212 yang melibatkan anak anak. Seperti diketahui aksi aksi yang melibatkan anak anak, telah menyebabkan 4 meninggal dan ratusan anak berhadapan dengan hukum," tuturnya.

"Tentu saja ini menjadi peringatan keras untuk korlap aksi yang tetap melibatkan anak anak. Untuk itu KPAI mendorong kebijakan Undang Undang berjalan dan diimplementasikan demi kepentingan terbaik anak yang sudah kelelahan dan kelaparan. Kondisi dan psikologi massa seperti ini, dapat sewaktu waktu berdampak buruk kepada anak anak," ujarnya.

KPAI meminta Kapolri Idham Aziz, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri KemenPPA Bintang Puspayoga, Mendikbud Nadiem Makarim, Wali Kota Tangerang H. Arief R Wismansyah, Bupati Bogor Ade Yasin dan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya segera melakukan tindakan yang bersifat segera untuk menghindari anak anak dari resiko kelelahan, kelaparan, paparan kekerasan yang tidak terduga. Apalagi sudah dari pagi sampai jelang malam, sudah sangat tidak layak anak anak berada disini. Kita punya mandat bersama.

Banyak aturan yang melekat bagi yang berwenang diatas untuk segera dilaksanakan, agar anak anak tidak menjadi korban berkepanjangan. Mulai dari tidak sekolah, terlepas pengawasan, mencegah penyalahgunaan anak anak dalam demo dan dampak terburuk di lapangan yang sewaktu waktu dapat mengancam jiwa mereka. KPAI menyayangkan tidak ada pengawasan sejak dari daerah dan sekolah.

Dalam pemantauan KPAI mulai dari Patung Kuda sampai Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ratusan anak terlibat dalam aksi tersebut. Dalam dialog Komisioner KPAI dengan anak anak di lapangan, mereka mengaku berasal dari Tanggerang, Bogor dan Ciamis. Kondisi mereka kelelahan, kelaparan, merokok dan tidak didampingi orang tua.

Seperti diketahui pasca demo pelajar 2019 4 anak meninggal dan ratusan anak berhadapan dengan hukum akibat aksi waktu itu. Jangan sampai terulang kembali anak anak terancam jiwanya, sangat menyedihkan, kalau kita tidak bisa mencegahnya. Kita tidak tahu sewaktu waktu anak anak bisa jadi martir dan dikorbankan. Mari kita cegah bersama.

Pasal 15 huruf Undang Undang 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak menyatakan bahwa anak anak harus dilindungi dari penyalahgunaan kegiatan politik. Mari semua pihak ikut mencegah. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: indonesia,nasional

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

LKPJ Tahun 2019, Wali Kota Bukittinggi Sampaikan Ini

LKPJ Tahun 2019, Wali Kota Bukittinggi Sampaikan Ini

BUKITTINGGI -- Walikota Bukittinggi menyampaikan hantaran pada rapat paripurna istimewa Laporan Keterangan...

Wawako Pariaman Mardison Turun Chek Kesehatan Pengendara, Ini Hasilnya

Wawako Pariaman Mardison Turun Chek Kesehatan Pengendara, Ini Hasilnya

PARIAMAN -- Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengechek kesehatan pengendara yang melewati jalur perbatasan...

Akibat Wabah Covid-19, Pilkada 2020 Diundur

Akibat Wabah Covid-19, Pilkada 2020 Diundur

PASAMAN BARAT - Karena adanya wabah virus Corona, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasaman Barat diundur...

Mulai Besok, Indonesia Tertutup Bagi Turis Asing

Mulai Besok, Indonesia Tertutup Bagi Turis Asing

NASIONAL - Indonesia akan menutup diri dari turis asing. Larangan ini akan berlaku esok hari atau di tanggal 2 April....

Ngeri, Peneliti Australia Ini Prediksi Seperempat Juta Orang Indonesia Meninggal karena COVID-19

Ngeri, Peneliti Australia Ini Prediksi Seperempat Juta Orang Indonesia Meninggal karena COVID-19

NASIONAL - Sebuah penelitian memperingatkan tindakan drastis, hampir seperempat juta orang Indonesia bisa meninggal...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu