Saturday, 30 May 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

LKPJ Tahun 2019, Wali Kota Bukittinggi Sampaikan Ini

Rabu, 01 April 2020 - 22:12:23 WIB - 480
LKPJ Tahun 2019, Wali Kota Bukittinggi Sampaikan Ini
rapat paripurna istimewa LKPJ 2019


BUKITTINGGI -- Walikota Bukittinggi menyampaikan hantaran pada rapat paripurna istimewa Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2019, di gedung DPRD Kota Bukittinggi, Rabu (1/4/2020 ).

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, memaparkan, pendapatan daerah pada tahun 2019 lalu, dapat direalisasikan sebesar Rp734 milyar lebih dari target Rp749 milyar lebih atau 98%. Pendapatan daerah itu, berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp111 milyar lebih dari target Rp117milyar, atau terealisasi 95,54%.

"Dana perimbangan direalisasikan sebesar Rp 552 milyar lebih, dari target 562 milyar atau 98,07%. Lain lain pendapatan yang sah, terealisasi Rp 70 milyar lebih dari yang direncanakan Rp 68 milyar atau 101%," jelas Ramlan.

Untuk belanja, lanjut Wako, terealisasi sebesar Rp717 milyar lebih dari target Rp891 milyar lebih atau sebesar 80,46%. Belanja daerah lebih besar ditujukan untuk penyelenggaraan pembangunan yang dilaksanakan melalui program dan kegiatan oleh perangkat daerah.




"Untuk pencapaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan Kota (Pemko)Bukittinggi berbasis urusan pemerintahan daerah yang meliputi 24 urusan wajib, 5 urusan pilihan, 7 fungsi penunjang/pendukung urusan pemerintahan dan satu urusan pemerintahan umum," paparnya.

Selama 2019, Pemko Bukittinggi telah melaksanakan berbagai kegiatan Pembangunan fisik, seperti, Pembangunan RSUD, Rumah Dinas Wali Kota, Mall Pelayanan Publik, sejumlah pembangunan Kantor Lurah, rehab dan pembangunan kembali 11 sekolah, revitalisasi trotoar.

Selain pembangunan fisik, Pemerintah kota Bukittinggi juga tetap melaksanakan pembangunan non fisik, seperti pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang keagamaan, sosial dan budaya. Untuk penghargaan, selama 2019, Pemko Bukittinggi mendapat 36 penghargaan nasional dan 116 penghargaan dari provinsi.

"Capaian kerja sepanjang 2019 sebagaimana yang telah disepakati dalam APBD Kota Bukittinggi tahun 2019, dari segi penyerapan anggaran memang masih dibawah 75%. Karena ada beberapa kegiatan pada SKPD tertentu yang mengalami kendala, sehingga serapan anggaran secara kolektif berada pada 72,43%. Ini akan jadi bahan evaluasi kita bersama agar tidak terulang lagi," ujar Ramlan.

Ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan, menyampaikan apresiasi terhadap hantaran LKPJ tahun 2019, yang disampaikan Wali Kota Bukittinggi.

"LKPJ menjadi wujud transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan pemerintahan. LKPJ selambat-lambatnya harus disampaikan 3 bulan setelah akhir tahun anggaran," ungkap Herman.

Selanjutnya, LKPJ ini tentu akan dibahas oleh Anggota DPRD selama 30 hari kedepan, untuk menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah, dalam menjalankan pemerintahan di tahun 2020 ini serta tahun anggaran mendatang. (Ed)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: bukittinggi,legislator,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Wagub-BNPB Pantau PSBB di Dharmasraya, Perketat Pengawasan Batas Sumbar-Jambi

Wagub-BNPB Pantau PSBB di Dharmasraya, Perketat Pengawasan Batas Sumbar-Jambi

DHARMASRAYA - Delapan hari berjalannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat, Kabupaten...

BAZNAS Padang Pariaman Adakan Bedah Rumah 34 KK, Program Tiap Tahun

BAZNAS Padang Pariaman Adakan Bedah Rumah 34 KK, Program Tiap Tahun

PADANG PARIAMAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang Pariaman dalam beberapa tahun terakhir selalu mengadakan...

Hj. Khadijah B. Salurkan Zakat Mal pada 50 Penyandang Disabilitas

Hj. Khadijah B. Salurkan Zakat Mal pada 50 Penyandang Disabilitas

PADANG PANJANG --DPC PPDI Kota Padang Panjang kembali menyalurkan zakat dari Hj. Khadijah B. kepada 50 orang mustahik...

Mulai 1 Juni Bukittinggi Terapkan New Normal

Mulai 1 Juni Bukittinggi Terapkan New Normal

BUKITTINGGI -- Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akhirnya memastikan tidak memperpanjang PSBB. Artinya mulai 1 Juni...

Terbongkar, Inilah Isi Dokumen Rahasia Besar China Soal Virus Corona yang Selalu Disembunyikan

Terbongkar, Inilah Isi Dokumen Rahasia Besar China Soal Virus Corona yang Selalu Disembunyikan

INTERNASIONAL - China mendadak jadi sorotan dunia setelah dokumen rahasia besar tentang Virus Corona atau COVID-19...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu