Sunday, 31 May 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

UPDATE 3 Mei: Tambah 13, Transmisi Lokal Dominasi Kasus Baru di Sumbar

Senin, 04 Mei 2020 - 04:45:47 WIB - 491
UPDATE 3 Mei: Tambah 13, Transmisi Lokal Dominasi Kasus Baru di Sumbar
Tim medis tangani pasien korona (foto: dok. ist)


PADANG -- Transmisi lokal mendominasi kasus baru pasien terkonfirmasi COVID-19 di Sumatera Barat. Pemprov pun berupaya mengaplikasikan upaya preventif seperti pemberlakuan PSBB dengan pengetatan penjagaan di 10 titik masuk Sumbar.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, dari 13 positif Covid-19, 9 diantaranya adalah warga Padang.

"Sudah 195 orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19, karena ada tambahan 13 orang lagi. Warga yang Sembuh bertambah 5 orang," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal

Untuk hari ini, kembali Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc dari laboratorium fakultas kedokteran Unand mengkonfirmasikan bahwa terjadi tambahan sebanyak 13 orang lagi masyarakat Sumbar positif terinfeksi covid-19 dan 5 orang dinyatakan sembuh.

Kota Padang kembali mencatatkan pertambahan cukup tinggi, yaitu sebanyak 9 orang dari berbagai usia dan profesi. Ada paramedis, ibu rumah tangga, tukang ojek, karyawan BUMN, buruh dan pelajar.




Katanya, Semuanya terinfeksi secara lokal transmission dari orang yang sebelumnya juga telah terkonfirmasi terinfeksi covid-19. Ada yang tinggal di Ulak Karang, Gunuang Sariak, Sawahan, Lubuak Bagaluang, Kuranji, Jati, Koto Tangah, Alai dan lain-lain. Warga yang terkonfirmasi ini 2 orang dirawat, yakni di RS Semen Padang Hospital dan RSUP M Jamil Padang. Selebihnya sebanyak 7 orang lagi isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Dari Nagari Panyalaian Kabupaten Tanah Datar terdapat dua orang lagi warganya yang terinfeksi covid-19. Mereka terinfeksi dari warga sebelumnya yang kita tahu telah positif. Dari Panyalaian Tanah Datar ini, ada anak balita laki-laki umur satu tahun dinyatakan positif dan sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

Kota Payakumbuh juga terkonfirmasi dua orang warganya positif terinfeksi covid-19. Mereka merupakan hasil pengembangan dan tracing dari warga Payakumbuh yang sebelumnya positif dan lagi dirawat di RSUD Adnan WD. Kedua warga ini sekarang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Disisi lain, kita patut bersyukur, karena ada 5 orang lagi dinyatakan sembuh. RSUP M Jamil satu orang dokter pria 88 tahun dari Padang Timur, RSUD Rasyidin wanita 36 tahun karyawan swasta. RS Unand dua orang, warga Lubuak Gadiang dan Ganda Permai dan dari RSUD Pariaman satu orang warga Sintuak juga dinyatakan sembuh," terangnya.

"Hingga Minggu 3 Mei 2020 adalah 195 orang dengan rincian 74 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 45 orang, Bapelkes 15 orang dan di BPSDM 11 orang, meninggal dunia 15 orang dan sembuh 35 orang," tuturnya.

Adapun total Orang Dalam Pemantauan (ODP) 8.319 orang dengan rincian proses pemantauan 352 orang dan selesai Pemantauan 7.967 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 445 orang. Dari 445 PDP tersebut, 54 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 381 orang dan isolasi diri di rumah 10 orang. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: padang,pemprov,pemprov-sumbar,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Satreskrim Polres Pessel Bekuk Dua Pengedar Sabu dan Ganja

Satreskrim Polres Pessel Bekuk Dua Pengedar Sabu dan Ganja

PESISIR SELATAN - Satuan Reserse Narkoba Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil mengamankan dua orang...

Ekonomi Sulit, Seorang Nelayan di Pessel Maksa Melaut Lalu Diamuk Badai Ekstrim

Ekonomi Sulit, Seorang Nelayan di Pessel Maksa Melaut Lalu Diamuk Badai Ekstrim

PESISIR SELATAN - Inok (51) nelayan dari Sungai Pampan, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera...

Antisipasi Kemacetan Jelang Idul Fitri, Agam Siapkan 7 Unit Poskotis

Antisipasi Kemacetan Jelang Idul Fitri, Agam Siapkan 7 Unit Poskotis

AGAM -- Antisipasi kemacetan lalu lintas jelang dan pasca Idul Fitri 1441 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi...

Hadapi Transmisi Lokal, Bupati Agam: Perlu Perubahan Kebiasaan yang Konsisten

Hadapi Transmisi Lokal, Bupati Agam: Perlu Perubahan Kebiasaan yang Konsisten

AGAM -- Bupati Agam, Indra Catri saat memimpin tim 1 Monitoring Ramadhan 1441 H, di Kecamatan Banuhampu, Rabu, (6/6)...

Melanggar PSBB, Tim Gabungan Covid-19 Tertibkan Lapangan Futsal Air Santok Pariaman

Melanggar PSBB, Tim Gabungan Covid-19 Tertibkan Lapangan Futsal Air Santok Pariaman

PARIAMAN -- Tim Gabungan Covid-19 yang terdiri dari Satpol PP, TNI dan Polri melakukan penertiban lapangan futsal Desa...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu