Sunday, 31 May 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pemprov Sumbar

Update Covid-19 Sumbar: Padang Dominasi Kasus Baru, Total Positif 443 Orang

Sabtu, 23 Mei 2020 - 18:17:59 WIB - 13219
Update Covid-19 Sumbar: Padang Dominasi Kasus Baru, Total Positif 443 Orang
Ilustrasi


PADANG -- Kasus baru positif Covid-19 naik. Per hari Sabtu 22 Mei 2020, didominasi Padang. Angka kasus baru positif tambah 5, dan kesembuhan 18 orang.

"Total sampai hari ini telah 443 orang Warga Sumbar terinfeksi covid-19. Terjadi penambahan 5 orang lagi. Sembuh bertambah 18 orang, sehingga total sembuh 175 orang," katanya.

Dari sebaran Covid-19 yang ada terlihat bahwa jumlah angka kesembuhan Sumbar ditambah 18 baru hari ini menjadi175 orang.




"Alhamdulillah, pasien yang sembuh hari ini terbanyak dari Kota Padang, 10 pasien sembuh. Sisanya Padang Panjang 6, Padang Panjang 1, dan Dharmasraya 1," ucap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal.

Katanya, dari Jumat, (22/5) hingga subuh dinihari tadi, tim yang bekerja 22 jam di Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi berhasil memeriksa 1.154 sample swab warga Sumbar. Ini rekor tertinggi yang pernah dicapai di Indonesia.
Dari 1.154 sampel tersebut, di dapat 5 warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 dan semuanya berasal dari Kota Padang, dengan rincian sebagai berikut:

Kota Padang
1. Pria 29 th, warga Kuranji, pekerjaan swasta, tidak ada riwayat kontak dan riwayat perjalanan, penanganan isolasi mandiri sementara.

2. Wanita 26 th, warga Parak Karakah, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari rumah sakit, penanganan isolasi mandiri sementara.

3. Pria 39 th, warga Lubuak Bagaluang, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena sebagai pedagang Pasar Raya, penanganan isolasi mandiri sementara.

4. Pria 40 th, warga Surau Gadang, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena sebagai pedagang Pasar Raya, penanganan isolasi mandiri sementara.

5. Pria 65 th, warga Siteba, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena sebagai pedagang Pasar Raya, penanganan isolasi mandiri sementara.

Pasien sembuh sebanyak 18 orang dengan rincian:

1. Wanita 54 th, warga Tarandam Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

2. Wanita 29 th, warga Ujuang Gurun, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien Semen Padang Hospital.

3. Pria 39 th, warga Lubuak Bagaluang, pekerjaan satpam puskesmas, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

4. Pria 69 th, warga Pagambiran Ampalu, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

5. Wanita 26 th, warga Koto Pulai Koto Tangah, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

6. Pria 42 th, warga Pasa Ambacang, pekerjaan karyawan PT. Pelindo, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

7. Wanita 15 th, warga Pasa Ambacang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

8. Wanita 61 th, warga Pagambiran, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

9. Wanita 43 th, warga Batipuah Kab. Tanah Datar, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena sebagai petugas swab di RSUD Padang Panjang, pasien RSUD Padang Panjang.

10. Wanita 38 th, warga Koto Katiak Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

11. Wanita 44 th, warga Ikua Lubuak Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

12. Wanita 55 th, warga Kampuang Manggih Kota Padang Panjang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

13. Pria 57 th, warga Kampuang Manggih, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

14. Wanita 27 th, warga Kampuang Manggih, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

15. Pria 30 th, warga Kampuang Manggih, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Padang Panjang.

16. Pria 51 th, warga Pulau Punjuang Kab. Dharmasraya, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Sungai Dareh.

17. Wanita 50 th, warga Lubuak Lintah Kota Padang, pekerjaan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

18. Wanita 19 th, warga Ampang Karang Gantiang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

Adapun rincian total Orang Dalam Pemantauan (ODP) 9.025 orang yakni proses pemantauan 165 orang, dengan rincian karantina Pemda 59 orang dan 106 orang isolasi mandiri. Selesai pemantauan 8.860 orang.

Ia juga menambahkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 842 orang. Dari 842 PDP tersebut, 45 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 797 orang.

Akibatnya terus bertambahnya warga yang dinyatakan positiv Covid-19, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal kembali mengingatkan seluruh warga Sumbar untuk terus menggunakan masker dan cuci tangan jika baru keluar rumah.

"Jumlahnya terus bertambah, saya mengingatkan sekali lagi untuk semua warga Sumbar untuk selalu pakai masker, biasakan cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir dan tidak keluar rumah jika tidak penting," tutup Jasman Rizal. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: metro,padang,pemprov,pemprov-sumbar,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Belajar dari Rumah Menjadi Pilihan Masa Pandemi Covid-19

Belajar dari Rumah Menjadi Pilihan Masa Pandemi Covid-19

BUKITTINGGI - Hari Pendidikan Nasional tahun 2020 baru saja diperingati dalam suasana pandemik Covid-19. Tidak ada...

Polsek Sipora Kembali Berbagi Sembako, Sambangi Dusun Monga Desa Mara

Polsek Sipora Kembali Berbagi Sembako, Sambangi Dusun Monga Desa Mara

MENTAWAI - Polsek Sipora kembali bergiat melakukan pemberian Bantuan Beras Polri dalam rangka peduli Covid-19 di...

Sikapi Kebijakan Menhub Izinkan Pebisnis Terbang asal Bawa Logistik, Ini Komentar Darul Siska

Sikapi Kebijakan Menhub Izinkan Pebisnis Terbang asal Bawa Logistik, Ini Komentar Darul Siska

JAKARTA -- Menyikapi Kebijakan Menhub Budi Karya Sumadi yang mengizinkan pebisnis naik pesawat asalkan membawa...

Kerjaan Setan, Ribuan Hektar Ladang Gandum Warga Muslim Suriah Dibakar Tentara Amerika

Kerjaan Setan, Ribuan Hektar Ladang Gandum Warga Muslim Suriah Dibakar Tentara Amerika

INTERNASIONAL - Benar-benar biadab, meski dalam kondisi sekarat diserang Virus Corona atau COVID-19, Amerika Serikat...

Situasi di Natuna Utara Makin Panas, Pesawat Anti-Kapal Selam China Gentayangan Intai Armada AS

Situasi di Natuna Utara Makin Panas, Pesawat Anti-Kapal Selam China Gentayangan Intai Armada AS

INTERNASIONAL - Unjuk kekuatan militer antara China dan Amerika Serikat (AS) membuat situasi di Laut China Selatan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu