Tuesday, 14 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Bukittinggi Keluar Dari PSBB, Ini Kata Akademisi

Senin, 01 Juni 2020 - 06:55:06 WIB - 6784
Bukittinggi Keluar Dari PSBB, Ini Kata Akademisi
Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias saat mengikuti Webinar Internasional.


BUKITTINGGI - Webinar Internasional yang bertemakan "Relasi Negara dan Karakter Kewarganegaraan Dalam Penanggulangan Wabah Covid-19" diikuti lebih dari 3.000 orang partisipan dengan moderator Dr.Hasrul Piliang, M.Si, Sabtu (30/5/2020).

Webinar Internasional ini, menghadirkan praktisi dan akademisi dari negara Malaysia, Australia dan Indonesia yang digagas oleh Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Fakutas Ilmu Sosial UNP.

Tampil sebagai nara sumber Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, SH, Prof.Dr.Ismet Fanany,M.Sc, Prof.Madya Dr.Nadrajan Thambu, Dr.Shasitaran Raman Kutty, dan Prof.Dr.Azwar Ananda, M.A serta Dr.Suryanef, M.Si selaku master of ceremony.




Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof.Drs.Ganefri,M.Pd,Ph.D di saat memberikan sambutannya mengatakan pernyataan sikap Pemerintah Kota Bukittinggi untuk keluar dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II Provinsi Sumatera Barat menuai perhatian banyak pihak, termasuk dikalangan akademisi.

"Wali Kota Bukittinggi sudah membuat kebijakan baru, membuat terobosan baru, mudah-mudahan ini juga menjadi masukan bagi Pemerintah Daerah atau Kota yang ada di Sumatera Barat dan juga di Indonesia, bagaimana langkah-langkah yang diambil dalam penanganan covid ini," ucapnya.

Topik yang dibahas dalam kegiatan itu adalah berbagai pengalaman para pakar, dan juga pengalaman dari Wali Kota Bukittinggi yang memulai kembali membuka sektor-sektor ekonomi di daerahnya.

"Saya kira ini adalah langkah tepat, yang kami rencana di UNP juga akan memberlakukan bagaimana proses kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan memenuhi standar protokoler covid-19 ini," ungkapnya.

Sedangkan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyampaikan hal dan langkah-langkah serta kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi dalam penanganan Covid-19, yang di awali sejak ditemukannya kasus warga yang diduga terinfeksi virus covid-19 pada tanggal 16 Maret 2020 silam.

Gerak cepat Pemko Bukittinggi dalam penanganan covid-19 ini antara lain dengan mengambil kebijakan-kebijakan seperti, menutup semua ojek wisata berbayar, meliburkan sekolah dengan study from home, merumahkan ASN dengan work from home mulai dari ibu hamil dan ibu menyusui serta pejabat eselon IV ke bawah, membebaskan retribusi pelayanan pasar dan pasar grosir, pembebasan pembayaran pajak hotel, memberikan bantuan jaring pengaman sosial dalam bentuk pangan, pembebasan retribusi parkir serta pengambilan kebijakan lainnya dalam protokol kesehatan.

"Untuk memutus mata rantai covid-19 ini harus dilakukan secara bersama dan konsep, saya adalah yang sehat kita pertahankan sehat dan yang sakit kita obati. Semua kita harus bersemangat agar imun tubuh tetap meningkat dan tidak perlu meghadapi dengan ketakutan yang penting adalah bagaimana kesadaran masyarakat untuk selalu mengunakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," pungkasnya. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,kesehatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Video Viral Mayat Positif Covid-19 Dibuang ke Lubang, Inilah Faktanya

Video Viral Mayat Positif Covid-19 Dibuang ke Lubang, Inilah Faktanya

VIDEO -- Sebuah video viral memperlihatkan petugas membuang mayat pasien Covid -19 ke lubang, peristiwa ini memicu...

Kekerasan dan Pelecehan Seksual Dibawah Umur Kerap Terjadi, Polsek Sipora Gelar Sosialisasi

Kekerasan dan Pelecehan Seksual Dibawah Umur Kerap Terjadi, Polsek Sipora Gelar Sosialisasi

MENTAWAI - Maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, Kapolres Kepulauan Mentawai Intruksikan jajaran Polsek...

Ikut Kegiatan Desa Sido Makmur, Bhabinkamtibmas Polsek Sipora Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Ikut Kegiatan Desa Sido Makmur, Bhabinkamtibmas Polsek Sipora Sosialisasikan Protokol Kesehatan

MENTAWAI - Bhabinkamtibmas Polsek Sipora hadiri kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur Desa di Kantor Desa...

Jelang Pilkada Serentak, Wali Kota Ramlan Jamu Insan Pers dan Ingatkan Ini

Jelang Pilkada Serentak, Wali Kota Ramlan Jamu Insan Pers dan Ingatkan Ini

BUKITTINGGI -- Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menggelar Kopi Morning bersama Persatuan Wartawan Indonesia...

Babinsa 03 Pulau Sipora Goro Musholla Bersama Warag Desa Sidomakmur

Babinsa 03 Pulau Sipora Goro Musholla Bersama Warag Desa Sidomakmur

MENTAWAI - Tingkatkan semangat gotong royong, Babinsa Koramil 03/Sipora bersama warga Desa Sidomakmur bangun Mushola...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu