Saturday, 04 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Layanan Umum RSUD Pariaman Akan Dibuka Kembali 1 Juli 2020

Senin, 29 Juni 2020 - 21:11:16 WIB - 274
Layanan Umum RSUD Pariaman Akan Dibuka Kembali 1 Juli 2020
Gedung RSUD Pariaman


PARIAMAN -- Direktur RSUD Pariaman, Indria Velutina saat dihubungi melalui sambungan Hp pada Senin (29/06) membenarkan bahwasanya layanan umum rumah sakit kembali dibuka 1 Juli 2020.

"Ini merupakan tindak lanjut surat edaran dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nomor: 360/174/Covid-19-SBR/VI/2020, tanggal 19 Juni 2020, tentang diberlakukannya kembali pelayanan umum atau non covid-19 di RSUD Pariaman pada tanggal 1 Juli 2020," ujarnya.

Diaktifkannya kembali RSUD sebagai tempat pelayanan umum pada tanggal 1 Juli 2020, karena berdasarkan dari hasil evaluasi selama ini, dimana terdapat penurunan jumlah kasus Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang terkonfirmasi atau positif covid-19 di RSUD Pariaman.




"Pelayanan untuk umum kembali akan kami buka seperti biasa pada hari Rabu tanggal 1 Juli 2020, akan tetapi untuk pelayanan pasien covid-19 tetap akan kami layani juga," sebut Direktur RSUD Pariaman ini.

Ia menjelaskan, menjelang dibukanya kembali pelayanan umum tersebut, saat ini kami rumah sakit sedang mempersiapkan segala sesuatunya, agar pelayanan diberikan nanti sesuai dengan protokol kesehatan covid-19, dan masyarakat tidak takut untuk datang berobat kembali ke RSUD karena takut tertular virus corona ini," ulasnya.

Lanjutnya, termasuk melakukan swab terhadap 400 orang tenaga kesehatan fungsional RSUD guna menghilangkan kekhawatiran masyarakat.

Indria menambahkan, untuk ruang perawatan pasien non covid-19 dan pasien covid-19, sudah dilakukan pemisahan ruang rawatnya.

"Tapi semua itu belum sepenuhnya sempurna karena ada Alat Kesehatan (Alkes) yang masih belum ada, dan sedang ditunggu kedatangannya untuk ditempatkan di area rawat ruang isolasi covid-19 RSUD Pariaman.

Dan untuk kebutuhan biaya Alat Pelindung Diri (APD) Level I, Level II, dan Level III, dan minimal ketersediaan 10 box masker surgical setiap harinya buat sekitar 500 orang petugas, yang akan melakukan pelayanan pasien nantinya.

Untuk itu kami harus mengkaji ulang kembali berapa jumlah data pasien di beberapa poliklinik yang akan dibuka nantinya.

Setelah semuanya dikaji ulang, hasilnya akan kami laporkan ke Pemerintah Provinsi untuk ditindak lanjuti. Jika semuanya sudah disetujui, Insya Allah Rabu 1 Juli 2020, secara resmi pelayanan umum di RSUD Pariaman akan kami buka, dan untuk pelayanan pasien covid-19 akan tetap kami layani.

"Kita berharap semoga semua tenaga kesehatan di RSUD Pariaman turut serta mendukung keputusan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah ini, dengan tetap memperhatikan keselamatan dan perlindungan diri, keluarga serta masyarakat, dan tidak mengedepankan ketakutan yang berlebihan, demi memberikan pelayanan dan kesembuhan pada masyarakat," tutupnya. (war)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: daerah,metro,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Jokowi Ingatkan Polri Waspada Ancaman Keamanan, Ada Apa?

Jokowi Ingatkan Polri Waspada Ancaman Keamanan, Ada Apa?

NASIONAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Polri untuk waspadai ancaman stabilitas keamanan dalam negeri,...

Wako Deri Asta Apresiasi Penghargaan WTP Baznas Sawahlunto

Wako Deri Asta Apresiasi Penghargaan WTP Baznas Sawahlunto

SAWAHLUNTO -- Kepala Baznas Sawahlunto, M. Syarief menyerahkan laporan keuangannya yang telah melalui proses audit oleh...

Antisipasi Kasus Impor Corona di Padang, Begini Kata Wali Kota Mahyeldi

Antisipasi Kasus Impor Corona di Padang, Begini Kata Wali Kota Mahyeldi

PADANG -- Pemerintah Kota Padang mewaspadai potensi penularan virus corona dari luar daerah atau yang dikenal dengan...

Evaluasi New Normal, Bupati Solok Minta Inspektorat Awasi Penggunaan Anggaran

Evaluasi New Normal, Bupati Solok Minta Inspektorat Awasi Penggunaan Anggaran

KABUPATEN SOLOK - Ketika tatanan hidup baru yang produktif dan aman dari covid-19 atau new normal diberlakukan, yang...

Salut, Warga Binaan Rutan Padang PanjangBisa Rakit Miniaur Motor Harley

Salut, Warga Binaan Rutan Padang PanjangBisa Rakit Miniaur Motor Harley

PADANG PANJANG -- Miniatur Motor Harley Davidson, Menara Eiffel, kapal pesiar, dan rangkiang, yang dihasilkan dari...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu