Saturday, 15 Aug 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Parlemen dan Parpol

Ketua DPRD Syafrial Kani Kumpulkan Tokoh Adat Pauh V di sebuah kafe di Padang

Rabu, 15 Juli 2020 - 00:08:11 WIB - 828
Ketua DPRD Syafrial Kani Kumpulkan Tokoh Adat Pauh V di sebuah kafe di Padang
Pertemuan tokoh adat pauh dengan syafrial kani


PADANG -- Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani menggelar silaturahim dan diskusi bersama sejumlah pengurus KAN Pauh V, di sebuah Cafe di Padang ,Senin malam (14/7/2020).

Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani mengatakan dengan silaturahim sekaligus menjemput aspirasi masyarakat di tali simpul hingga akar rumput. "Dengan komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan keakraban sehingga mampu mewujudkan Padang sejaterah dan mandiri," jelasnya

Sementara itu, Ketua KAN Pauh V, Kecamatan Pauh ,M. Nazif Malin Basa meminta kepada DPRD untuk menjadikan Pauh V sebagai pilot project dari Pendidikan karakter nagari di Kota Padang.

Nazif pun meminta kepada Syahrial Kani agar mendesak pemko Padang untuk dapat menerbitkan perda inisiatif untuk menguatkan agar pedidikan karakter yang dilakukan masyarakat dapat dijalani dengan baik.

"Pada saat ini pendidikan karakter yang didengung-dengungkan pemerintah tidak terimplementasi dengan baik ditengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, kami sebagai tokoh masyarakat Pauh V meminta DPRD membuat perda inisiatif meminta menjadikan Pauh V sebagai pilot project pendidikan karakter berbasis nagari," ucapnya.

Konsep pendidikan karakter yang berbasis nagari menurut Nazif dengan memberikan ruang kepada Ninik Mamak untuk memberikan pendidikan karakter di sekolah.

"Ninik Mamak harus diberikan ruang yang luas di sekolah untuk menciptakan siswa yang berkarakter dengan memberikan nilai-nilai budaya kepada siswa. Selain itu, penekanan wajib belajar mengaji di surau dan masjid selepas Magrib dan dan berlatih silat selepas Isya harus dilakukan yang tentunya diawasi oleh ninik mamak dan ulama. Cara-cara ini telah dilakukan oleh masyarakat Minang sejak dahulunya dalam memberikan penanaman karakter terhadap anak kemanakan sebelum siap dilepas untuk merantau," ujarnya.

Nazif berharap, dengan adanya pelatihan silat terhadap anak dan kemanakan di nigari Pauh limo, selain bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter, secara tidak langsung mendukung program pemerintah dalam bentuk edukasi wisata di Nagari Pauh Limo.

"Pemerintah bisa membawa wisatawan yang ingin melihat bagaimana masyarakat Minang mewariskan silat kepada generasinya. Kalau perlu wisatawan yang datang tersebut dilibatkan dalam pelatihan silat di lingkungan surau dan masjid," ulasnya.

Untuk mewujudkannya, Nazif meminta melalui Ketua DPRD Syafrial Kani untuk dilakukan audensi dengan Komisi IV DPRD Kota Padang dalam mewujudkannya.

"Kami meminta audensi dengan Komisi IV DPRD Kota Padang untuk mendalaminya, kami meminta juga akademisi dan pakar budaya Minangkabau untuk dapat terlibat dalam pembuatan perda penguatan adat sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter. Kami siap jadi pilot project nya di Kota Padang," ungkapnya.

Senada dengan Ketua KAN Pauh V dan Ketua Bamus Pauh V, Kecamatan Pauh Yusrizal SH mengatakan melalui DPRD meminta pemko Padang segera mewujudkan berdirinya SMP 44 dan Madrasah Aliyah Negeri berbasis nagari di Nagari Pauh V, Kecamatan Pauh Kota Padang.

"Dari dulu kami ingin SMP 44 Padang dan MAN dapat didirikan didaerah kami. Masyarakat telah menyiapkan lahan untuk sekolah berbasis adat. Sekarang tinggal semangat dan usaha pemerintah dalam mewujudkan wajib sekolah 12 tahun yang menciptakan generasi yang berkarakater," tuturnya.

Setelah mendengar aspirasi dari masyarakat PauhV tersebut, Ketua DPRD Kota Padang Syahrial Kani turut didampingi anggota DPRD Dasman mengucapkan terima kasih dan sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh perwakilan masyarakat Pauh V. Menurutnya, Pauh akan menjadi hebat dalam mewujudkan generasi yang berkarakter.

"Kita akan membawa aspirasi masyarakat Pauh ini untuk dijadikan bahan rapat di DPRD, dan mendorong dibuatkannya perda inisiatif tentang pelibatan budaya adat Minangkabau sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter dalam menciptakan generasi yang berkarakter. Kami sangat mendukung sekali," pungkasnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: legislator,metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ditengah Pandemi Covid-19, PPL Desa Betumonga Ajak Kelompok Tani Giat Bercocok Tanam Bermanfaat

Ditengah Pandemi Covid-19, PPL Desa Betumonga Ajak Kelompok Tani Giat Bercocok Tanam Bermanfaat

MENTAWAI - Kelompok Tani di Dusun Matutupman Desa Betumonga Kecamatan Sipora Utara saat ini giat dalam bercocok tanam...

Perang Melawan Covid-19 Belum Usai di Kabupaten Solok, Satu Lagi Terkonfirmasi Positif

Perang Melawan Covid-19 Belum Usai di Kabupaten Solok, Satu Lagi Terkonfirmasi Positif

KABUPATEN SOLOK - Perang melawan wabah Covid-19 sepertinya belum berakhir. Buktinya, Minggu lalu (2/8) kembali...

ACT Sumbar Luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan

ACT Sumbar Luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan

PADANG -- Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat melaunching program Gerakan Nasional Lumbung...

Tempatkan Pembangunan Nasional Di Padang Pariaman, Gubernur Puji Bupati

Tempatkan Pembangunan Nasional Di Padang Pariaman, Gubernur Puji Bupati

PADANG PARIAMAN -- Disela-sela kunjungan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ke Main Stadion Sumbar di Sikabu Lubuk...

Wabup Padang Pariaman, Pimpin Peresmian Surau Nurul Ikhlas Di kampung Durian

Wabup Padang Pariaman, Pimpin Peresmian Surau Nurul Ikhlas Di kampung Durian

PADANG PARIAMAN - Wakiil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Selasa (4/8) malam ini meresmikan Surau Nurul Ikhlas di...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1