Thursday, 21 Jan 2021
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Nagari di Gunung Talang jadi Study Tiru LKKS Pariaman

Jumat, 31 Juli 2020 - 12:10:03 WIB - 590
Nagari di Gunung Talang jadi Study Tiru LKKS Pariaman
Lucyanel Genius yang juga didampingi oleh Indriati Mardison selaku Wakil Ketua LKKS Kota Pariaman, Sekretaris Dinas Sosial Kota Pariaman Ellidawati.

FEATURE - Sebagai Nagari dengan segudang prestasi Nagari Jawi-Jawi Guguk Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, juga dijuluki sebagai kampung wisata budaya, dengan konsep pengembangan pariwisata budaya yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di nagari, dan juga untuk meningkatkan perekonomian penduduk.

Selain itu Nagari Jawi-Jawi Guguk juga berkembang pemberdayaan masyarakatnya melalui Posdaya Sun Flower yang dibina oleh Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Yeni Fesri dan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Nagari Jawi-Jawi, sehingga bisa meraih juara I Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Semua keelokan alam Nagari Jawi-Jawi Guguk dengan wisata budayanya tersebut, serta prestasi yang diraih oleh Posdaya Sun Flower, membuat Ketua LKKS Kota Pariaman Lucyanel Genius menjadi kagum dan memberikan apresiasi kepada Posdaya Sun Flower pada kunjungan study tiru LKKS Kota Pariaman Rabu kemarin atas semua kegiatan yang mereka lakukan sehingga menjadi posdaya percontohan bagi daerah lain.

Lucyanel Genius yang juga didampingi oleh Indriati Mardison selaku Wakil Ketua LKKS Kota Pariaman, Sekretaris Dinas Sosial Kota Pariaman Ellidawati, dan juga Kabid Pariwisata Kota Pariaman Devi Hastuti, juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Wali Nagari Jawi-Jawi Guguk, Ketua LKKS Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kepala Dinas Sosial dan Sekretaris Pariwisata Nagari Jawi-Jawi Guguk, serta semua pengurus Posdaya Sun Flower, yang telah menyambut kedatangan rombongan LKKS Kota Pariaman dengan sangat baik.

"Study tiru ini kami lakukan adalah untuk meniru apa yang telah dilakukan oleh Posdaya Sun Flower yang telah berhasil meraih juara I di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan di Kota Pariaman kami juga punya posdaya tapi belum terbina dengan baik, untuk itulah kami berkunjung ke Nagari Jawi-Jawi Guguk ini agar apa yang telah diperbuat oleh posdaya sun flower juga bisa kami terapkan pada posdaya kami yang ada di kota pariaman," ungkap Lucyanel Genius.

Satu hal yang menjadi daya tarik bagi saya saat dijamu disini adalah, semua peralatan yang digunakan untuk sajian tempat minum dan tempat makan disaat menjamu setiap tamu yang datang berkunjung, bahkan cereknya semuanya merupakan peralatan tradisional yang sudah sangat langka sekali dipakai dijaman milenial ini, yaitu tempat yang terbuat dari bahan seng atau yang lebih kita kenal dengan sebutan kanso.

Bahkan dari jenis makanan yang disuguhkan semuanya jenis makanan tradisional dan juga yang menjadi makanan khas dari Nagari Jawi-Jawi Guguk Kecamatan Gunuang Talang Kabupaten Solok. Dan itulah yang membuat nilai plus dari prestasi yang diraih oleh posdaya sun flower yang patut kami contoh dan kami terapkan di kota pariaman, karena ini adalah salah satu budaya tradisional sumatera barat yang sudah hampir punah dan harus dilestarikan kembali.

"Rasanya tidak sia-sia kedatangan kami pengurus LKKS ke Nagari ini, dan Insya Allah semua ilmu dan pembelajaran yang kami dapatkan disini, akan kami coba terapkan di kota pariaman, dan semoga posdaya kami kedepannya akan lebih terbina dengan baik dan juga bisa menorehkan prestasi untuk kota pariaman, tentu saja semua itu tidak terlepas dari dukungan masyarakat kota pariaman sendiri, demi kemajuan masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat dibidang pemberdayaan dari semua sektor," harap Lucyanel Genius ketika menyampaikan ucapan terimakasihnya pada saat pamit pulang kembali ke Kota Pariaman. (*)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,feature,metro,pariaman,perempuan

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pakar: Pers Bekerja Berdasarkan UU, Bukan Maklumat

Pakar: Pers Bekerja Berdasarkan UU, Bukan Maklumat

MINANGKABAUNEWS, JAKARTA -- Pakar Hukum Universitas Al-Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menanggapi Maklumat Kapolri yang...

Awal Tahun, Kota Solok Terima Penghargaan Daerah Peduli HAM

Awal Tahun, Kota Solok Terima Penghargaan Daerah Peduli HAM

MINANGKABAUNEWS, SOLOK -- Upaya pemenuhan hak dasar manusia di daerah turut menjadi perhatian dari pemerintah pusat...

Gawat! Ternyata Ini Isi Kandungan Vaksin Sinovac China yang Berhasil Dibongkar Bio Farma

Gawat! Ternyata Ini Isi Kandungan Vaksin Sinovac China yang Berhasil Dibongkar Bio Farma

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- PT Bio Farma (Persero) membeberkan komposisi yang terkandung dalam vaksin covid-19...

Wako Solok: Jangan Pernah Menyerah Untuk Perubahan Yang Lebih Baik

Wako Solok: Jangan Pernah Menyerah Untuk Perubahan Yang Lebih Baik

MINANGKABAUNEWS, SOLOK -- Walikota Solok Zul Elfian, Rabu (30/12/2021) lalu meminta jajaran Pemerintah Daerah Kota...

Jalani Sidang Praperadilan Hari Ini, Pengacara Habib Rizieq Yakin Menang

Jalani Sidang Praperadilan Hari Ini, Pengacara Habib Rizieq Yakin Menang

NASIONAL -- Habib Rizieq akan menjalani sidang praperadilan terkait gugatan penetapan tersangka yang ditujukan padanya....


KOMENTAR ANDA