Wednesday, 28 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Gawat, China Ancam Perang Mahadahsyat Kepada Amerika Jika Banyak Tingkah di Laut Natuna Utara

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 15:30:53 WIB - 103571
Gawat, China Ancam Perang Mahadahsyat Kepada Amerika Jika Banyak Tingkah di Laut Natuna Utara
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


INTERNASIONAL - Ancaman perang meletus antara China dengan Amerika Serikat (AS) dirasakan sejumlah negara di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara. Oleh sebab itu, China dan Amerika hingga saat ini masih menahan diri. Sebab jika sampai timbul insiden kecil yang melibatkan militer kedua negara, bukan tak mungkin perang bakal pecah.

Laut China Selatan bisa jadi medan pertempuran mahadahsyat antara China dan Amerika, jika kedua belah pihak yang terlibat perseteruan tak sama-sama menahan diri.




Yang terbaru, Sabtu (1/8/2020), media China yang didukung Partai Komunis China (CPC), Global Times, kembali mewakili sikap pemerintah terkait langkah yang akan diambil di Laut China Selatan. Dalam laporan tersebut, China akan langsung melakukan serangan balasan langsung jika terlibat insiden dengan militer Amerika.

"Jika Washington meluncurkan provokasi militer untuk menantang garis bawah keamanan dan kedaulatan nasional China, China akan segera melakukan pembalasan yang efektif dan efektif," bunyi pernyataan Global Times.

"Kemungkinan akan meningkat jika saja ada bentrokan kecil dan menengah, yang dapat melibatkan tabrakan kapal dan insiden penembakan," lanjut pernyataan Global Times.

Sampai saat ini, baik China dan Amerika sama-sama masih terlibat dalam perang urat syaraf baik dalam politik internasional dan aksi unjuk kekuatan militer. Bahkan, latihan tempur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) yang digelar awal Juli lalu mendapat kecaman dari Kementerian Luar Negeri Amerika.

Untuk kesekian kalinya, Menteri Luar Negeri Amerika, Mike Pompeo, menyatakan bahwa aksi China di Laut China Selatan adalah sebuah pelanggaran berat hukum internasional. China dianggap Amerika dan Pompeo memang sengaja melakukan kampanye militer, untuk mencapai ambisi membangun "kerajaan maritim" di wilayah itu.

Sebagai respons, Amerika mengirim dua kapal induknya, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan ke Laut China Selatan, juga untuk menjalani latihan tempur. Tak cuma dua kapal induk, Angkatan Laut Amerika juga mengerahkan dua kapal penjelajah dan dua kapal perusak dalam latihan yang digelar pada 23 Juli 2020.

China tak tinggal diam. Kementerian Luar Negeri China menegaskan bahwa Amerika lah yang sengaja membuat isu untuk membuat stabilitas dan perdamaian Laut China Selatan terganggu.

Hanya berjarak dua hari dengan latihan tempur gabungan Amerika, Jepang, dan Australia, China kembali menggelar latihan perang keduanya dalam satu bulan. Menurut laporan Asian Nikkei Review, armada perang China bahkan mendapat instruksi tembak langsung jika ada kapal atau pesawat Amerika yang masuk wilayah teritorialnya.

Dalam latihan itu, Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) mengerahkan dua pesawat pembom, H-6G dan H-6G. (vv)

Editor/Sumber: Romeo/viva
Tag: internasional,metro,peristiwa,politik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

KPU Pessel Optimis  Capai Target Partisipasi Pemilih di Tengah Pendemi

KPU Pessel Optimis Capai Target Partisipasi Pemilih di Tengah Pendemi

PESISIR SELATAN -- Meski berlangsung di tengah pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir...

Pergantian Pj Sekdako Pariaman Tidak Dihadiri Kepala BKPSDM, Ada Apa??

Pergantian Pj Sekdako Pariaman Tidak Dihadiri Kepala BKPSDM, Ada Apa??

PARIAMAN - Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyudin melantik Penjabat (Pj) Sekdako Pariaman Ahmad Zakri di Aula...

Puluhan Pengawas Koperasi Digembleng Tata Cara Pengawasan Pembiayaan Syariah

Puluhan Pengawas Koperasi Digembleng Tata Cara Pengawasan Pembiayaan Syariah

PADANG PANJANG -- Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM menggelar Pelatihan Tata Cara Pengawasan Pembiayaan Syariah Bagi...

8 Pegawai ASN Padang Panjang Purna Tugas, Ini Pesan Wawako Asrul

8 Pegawai ASN Padang Panjang Purna Tugas, Ini Pesan Wawako Asrul

PADANG PANJANG -- Wakil Walikota Asrul menyerahan Piagam Penghargaan Bagi Pegawai Yang Memasuki Usia Pensiun TMT 01...

PKKMB Virtual, Hima Sejarah Lahirkan Generasi Penerus Bangsa Milenial

PKKMB Virtual, Hima Sejarah Lahirkan Generasi Penerus Bangsa Milenial

PADANG -- Sejak tanggal 01-03 Oktober 2020 STKIP PGRI Sumatera Barat menggelar kegiatan pegenalan kehidupan kampus bagi...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar