Thursday, 22 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pendidikan

SDN 18 Koto Panjang Terapkan Program Puasa Senin-Kamis dan Tahfidz Quran kepada Siswa

Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:49:32 WIB - 479
SDN 18 Koto Panjang Terapkan Program Puasa Senin-Kamis dan Tahfidz Quran kepada Siswa
SDN 18 Koto Panjang (foto: dok. istimewa)


PADANG PANJANG -- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 18 Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur, telah menjalankan beberapa program dengan bersinergi aktif antara guru, pihak sekolah dan wali murid salah satunya di bidang keagamaan.

Di SDN 18 Koto Panjang disamping kegiatan tupoksi sekolah yaitu dibidang akademik pihak sekolah juga membuat suatu terobosan agar pendidikan yang diberikan oleh guru bisa bermakna, dalam artian bisa merubah perilaku siswa/siswi yang didik ke arah yang lebih baik.

"Sekolah membuat suatu program di luar bidang akademik sebagai tupoksi guru di sekolah yaitu berbagai macam kegiatan keagamaan, "kata Kepala Sekolah SDN 18 Koto Panjang, Junaidi, Selasa, (4/8).

Dijelaskannya, ada berbagai macam kegiatan dibidang keagamaan yang diberikan kepada siswa/siswi yang pertama yaitu kegiatan tahfidz.

"Kegiatan tahfidz ini dilakukan setiap hari Rabu dengan peserta dari kelas 1-6. Nanti siapa siswa/siswi yang paling banyak hafalan tahfiznya akan diberi reward (hadiah) semacam pujian, di tepuk pundaknya dan tabanas, rata rata siswa/siswi kita sudah mempunyai hafalan tahfiz sebanyak 3.5 juz, 2.5 juz, dua juz dan ada yang setengah juz, semuanya terus diberikan dorongan dan motivasi sehingga mampu meningkatkan jumlah hafalan," jelasnya.

Selanjutnya, pada setiap hari Sabtu di sekolah ini juga dilaksanakan rutin sholat dhuha berjamaah yang digelar di halaman sekolah.

"Tujuannya adalah untuk mengoreksi ulang bacaan dan gerakan sholat yang dilakukan oleh siswa/siswi itu sudah benar atau belum. Jadi semuanya kita koreksi pada setiap minggunya, kalau ada yang masih salah maka akan kita ajarkan yang betulnya seperti apa," ujarnya.

Ditambahkannya, sebelum masuk pada setiap hari Jumat juga diadakan kegiatan keagamaan seperti Dai Cilik, pembacaan wahyu ilahi dan pembacaan sholat jenazah.

"Di hari jumat siswa laki-laki kita anjurkan wajib sholat Jumat di masjid. Nanti di hari sabtunya akan kita tagih siapa siswa kita yang tidak melaksanakan sholat Jumat jadi pada setiap hari sabtu itu kita koreksi semuanya, "tambahnya.

Yang terakhir yaitu sekolah ini juga memiliki program dimana setiap siswa/siswinya dianjurkan untuk melaksanakan puasa Senin-Kamis.

"Kegiatan ini sudah berjalan selama kurang lebih dua setengah tahun. Dimana setiap siswa/siswi yang ingin ikut kita data terlebih dahulu dan dikondisikan oleh wali kelasnya. Kemudian satu kali sebulan kita menggelar buka bersama di sekolah, dimana untuk menu berbuka kita mencari donasi dari beberapa tokoh masyarakat yang ingin menyumbangkan sedikit rezekinya, "ucapnya.

Kondisi sekolah pada kegiatan puasa Senin-Kamis ini yaitu pihak sekolah membuat spanduk yang berisikan tulisan "Warga SDN 18 Koto Panjang Sedang Berpuasa" yang ditempelkan di gerbang sekolah. Jadi para pedagang dengan sendirinya tidak mengurungkan niatnya untuk berjualan di sekitaran komplek SDN 18 dan juga cafe (kantin) sekolah juga ditutup.

Beliau berharap kedepan program seperti ini juga dapat diterapkan oleh sekolah-sekolah yang ada di Kota Padang Panjang jadi nantinya tidak hanya SDN 18 Koto Panjang namun, setiap sekolah di Kota Padang Panjang baik tingkat, SD,SMP maupun SMA dapat menjalankan program dalam peningkatan siswa/siswi di bidang keagamaan. (Edi Fatra/Ki)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: indonesia,padang-panjang,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Brasil Mendadak Batal Beli Vaksin Covid-19 Sinovac asal China, Indonesia Pesan Banyak Lho..

Brasil Mendadak Batal Beli Vaksin Covid-19 Sinovac asal China, Indonesia Pesan Banyak Lho..

INTERNASIONAL - Pemerintah Brasil membatalkan rencana untuk membeli vaksin Covid-19 dari Sinovac China, Rabu (21/10)....

Polisi dan TNI Kompak Amankan Pilkada Sijunjung

Polisi dan TNI Kompak Amankan Pilkada Sijunjung

SIJUNJUNG -- Polres Sijunjung bersama jajaran Kodim 0310/ SSD siap mengamankan pelakasanaan pilkada, yang dimulai dari...

Pokdarwis di Solok Selatan Dibekali Pelatihan Pengelola Desa Wisata

Pokdarwis di Solok Selatan Dibekali Pelatihan Pengelola Desa Wisata

SOLOK SELATAN -- Sebanyak 50 orang anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Solok Selatan (Solsel)...

Tolak Omnibus Law, Bupati dan DPRD Kabupaten Solok Ajak Mahasiswa Dialog Ketimbang Demo

Tolak Omnibus Law, Bupati dan DPRD Kabupaten Solok Ajak Mahasiswa Dialog Ketimbang Demo

KABUPATEN SOLOK - Beda dari daerah lainya di Indonesia, dimana daerah lain disibukan oleh aksi unjuk rasa dan...

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Kirim Surat ke DPR Tolak Omnibus Law

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Kirim Surat ke DPR Tolak Omnibus Law

PADANG -- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengirim surat berisi aspirasi serikat pekerja di wilayahnya...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar