Monday, 26 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Kabar Gembira, Warga Pariaman Sudah Bisa Nikmati Layanan PSC 119

Rabu, 16 September 2020 - 23:35:23 WIB - 965
Kabar Gembira, Warga Pariaman Sudah Bisa Nikmati Layanan PSC 119
Pelayanan mobil ambulance


PARIAMAN -- Upaya meningkatkan layanan dan kesehatan masyarakat yang ada di kota pariaman, satu unit mobil ambulance yang berasal dari anggaran pusat (DAK) tahun anggaran 2020 diberikan untuk kepentingan masyarakat kota pariaman yang dikelola oleh Dinas Kesehatan kota pariaman.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul mengatakan, mobil ambulance tersebut akan digunakan sebagai mobil ambulance gawat darurat Public Safety Center (PSC) 119, untuk semua masyarakat kota pariaman yang memerlukan bantuan mobil ambulance ini.

Lihat juga: Mahfud Ungkap Identitas Dan Motif Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber di Padang

PSC 119 merupakan pusat komunikasi dan tim reaksi cepat pertolongan pertama pada kasus krisis kesehatan akibat bencana, kecelakaan kerja, dan kebakaran, serta kecelakaan lalu lintas dengan bekerja sama dengan tempat pelayanan kesehatan darurat yang sesuai secara bertahap.

Syahrul menjelaskan, PSC berfungsi untuk menanggapi kegawat daruratan secara cepat, tepat, dan cermat bagi masyarakat dengan sistem kerja yang diselenggarakan secara bersama-sama dengan unit kerja lainnya, yang sudah terhubung langsung untuk seluruh Indonesia.

Mobil Gawat Darurat PSC 119 ini dikelola langsung oleh Dinas Kesehatan dan link dengan puskesmas, puskesmas dengan puskelnya, dan nanti jika ada kejadian-kejadian yang memang memerlukan banyak unit, nanti kita langsung akan langsung sambungkan ke puskel kita yang ada di 7 puskesmas, dan ditambah dengan RS Sadikin, dan itu sudah link semuanya.

Jadi jika ada kejadian gawat darurat yang terjadi ditengah-tengah masyarakat kota pariaman, dan memang membutuhkan bantuan dari ambulance ini, langsung saja telpon ke 119 untuk difasilitasi.
Sementara untuk gedung pelayanan PSC ini sedang disiapkan dilingkungan kantor dinas kesehatan kota pariaman, semoga akhir tahun ini bisa selesai dan bisa dipergunakan.

"Dan untuk fasilitas pelayanan PSC di gedung baru saat ini sedang di persiapkan, baik itu alat-alat medisnya, dan petugas pelayanan kesehatan yang selalu stand by selama 24 jam setiap harinya demi melayani masyarakat kota pariaman yang membutuhkan, menjelang gedung selesai untuk operasional mobil gawat darurat PSC 119 saat ini menggunakan fasilitas yang ada di dinas kesehatan kota pariaman," tuturnya.

Lihat juga: Pemkab Dharmasraya Gelar Rakor dan Sosialisasi Perda Adaptasi Kebiasaan Baru

"Saya berharap apabila terjadi gawat darurat itu akan cepat tertanggani, dan semoga itu akan menurunkan angka kematian dari pasien yang membutuhkan pertolongan secepat mungkin," pinta Syahrul. (war/mc)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: metro,otomotif,padang,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gila! Empat Drone Canggih Milik Armenia Ditembak Jatuh Azerbaijan

Gila! Empat Drone Canggih Milik Armenia Ditembak Jatuh Azerbaijan

INTERNASIONAL - Azerbaijan pada Rabu menembak jatuh empat kendaraan udara tanpa awak (UAV) Armenia, kata Kementerian...

Makin Panas, Armenia Gugat Azerbaijan Atas Kasus Terorisme Internasional

Makin Panas, Armenia Gugat Azerbaijan Atas Kasus Terorisme Internasional

INTERNASIONAL - Jaksa Penuntut Umum Armenia mengajukan gugatan pidana terhadap Azerbaijan atas tuduhan terorisme...

Tim Gabungan Lakukan Sosialisasi Perda AKB

Tim Gabungan Lakukan Sosialisasi Perda AKB

SOLOK SELATAN -- Penggunaan masker disebut akan mengurangi potensi ketertularan dari penderita Covid kepada yang lain....

Ngeri! China Mendadak Pindahkan Armada Tempur Terbesarnya Dekat Taiwan, Bakal Perang?

Ngeri! China Mendadak Pindahkan Armada Tempur Terbesarnya Dekat Taiwan, Bakal Perang?

INTERNASIONAL - China memindahkan sejumlah besar armada ke Provinsi Guangdong selatan. Langkah itu memicu kekhawatiran...

Kedekatan TNI Terus Dirasakan Masyarakat Lokasi TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel

Kedekatan TNI Terus Dirasakan Masyarakat Lokasi TMMD Ke-109 Kodim 0311/Pessel

PESISIR SELATAN --- Semakin hari kedekatan dengan TNI khususnya prajurti yang tergabung kedalam satgas TMMD ke-109...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar