Thursday, 22 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Israel Blak-blakan Tantang Amerika Jika Ngotot Jual Jet Tempur Siluman F-35 ke Negera Teluk

Selasa, 22 September 2020 - 14:18:52 WIB - 52206
Israel Blak-blakan Tantang Amerika Jika Ngotot Jual Jet Tempur Siluman F-35 ke Negera Teluk
Jet tempur F-35 Amerika (Foto: Dok. Istimewa)


INTERNASIONAL - Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz terbang ke Washington untuk melakukan pembicaraan tentang kekuatan kualitatif militer Israel di Timur Tengah setelah normalisasi dengan Uni Emirat Arab (UEA). Sejak kesepakatan normalisasi, UEA menyatakan keinginannya untuk membeli pesawat tempur F-35 dan persenjataan canggih buatan Amerika Serikat (AS) lainnya.

Seperti diketahui, Israel adalah satu-satunya sekutu AS di Timur Tengah yang memiliki armada pesawat jet tempur siluman F-35. Sebelumnya, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menentang penjualan pesawat tempur F-35 ke negara lain di kawasan Timur Tengah termasuk ke negara Arab yang membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Namun, Netanyahu telah melunakkan sikapnya dan mempercayai AS untuk memastikan keunggulan militer Israel di Timur Tengah.

Lihat juga: Inilah Daftar Negara Mayoritas Muslim yang Resmi Akui Israel

Selama berada di Washington, Gantz dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Mark Esper dan pejabat tinggi Pentagon lainnya. Pertemuan itu akan membahas bagaimana mempertahankan keunggulan kualitatif Israel, kerja sama keamanan untuk mengurang ekspansi Iran di kawasan, termasuk kerja sama pengadaan alat-alat pertahanan.

Gantz awalnya menyatakan keprihatinan tentang keinginan UEA untuk mendapatkan pesawat jet F-35. Namun, hal ini tidak dapat mengubah hak AS untuk menjual persenjataan mereka kepada UEA.

Lihat juga: Jika Meletus Perang Amerika-China di Natuna Utara, Negara ASEAN Bakal Bela Siapa?

"Ini adalah hak prerogatif Amerika, bukan hak prerogatif Israel untuk memutuskan kepada siapa akan menjual (F-35)," kata Gantz dilansir Times of Israel, Selasa (22/9/2020).

Israel secara terbuka menentang AS yang menjual senjata canggih kepada para pesaingnya dengan alasan mereka perlu mempertahankan supremasi militernya. UEA, khususnya, telah menginginkan pesawat F-35 selama bertahun-tahun. Pejabat senior UEA berharap bisa lebih mudah mendapatkan jet tempur F-35 karena telah menjalin hubungan terbuka dengan Israel.

"Seluruh gagasan tentang keadaan berperang atau perang dengan Israel sudah berakhir, jadi saya pikir seharusnya lebih mudah (untuk membeli jet tempur)," kata pejabat senior UEA Anwar Gargash. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id
Tag: internasional,metro,peristiwa,politik,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Bawaslu Kota Padang Panjang Bentuk Pokja Pencegahan Covid-19

Bawaslu Kota Padang Panjang Bentuk Pokja Pencegahan Covid-19

PADANG PANJANG -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota akan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) pencegahan Covid-19 pada...

153 Orang Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19

153 Orang Warga Kabupaten Solok Positif Covid-19

KABUPATEN SOLOK -- Dinas Kesehatan Kabupaten Solok merilis total 153 orang warga Kabupaten Solok Terkonfirmasi Positif...

Prabowo Bongkar Dalang di Balik Aksi Tolak Omnibus Law, Siapa Dia?

Prabowo Bongkar Dalang di Balik Aksi Tolak Omnibus Law, Siapa Dia?

JAKARTA -- Soal pro dan kontra Omnibus law UU Cipta Kerja. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto angkat...

Ancaman Denda atau Kurungan, Ini Kata Kasatpol PP Padang

Ancaman Denda atau Kurungan, Ini Kata Kasatpol PP Padang

PADANG -- Tidak ingin masyarakat terkena denda hingga kurungan penjara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang,...

Tim Peduli Wisata Award 2020 Kunjungi Kota Solok

Tim Peduli Wisata Award 2020 Kunjungi Kota Solok

KOTA SOLOK - Tim Peduli Wisata Award 2020 (TPWA) yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Novrizal...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar