Saturday, 17 Apr 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Teknologi

Oppo Reno 4F: Serba Inovatif, Canggih dan Anak Muda Banget

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 16:30:18 WIB - 9261
Oppo Reno 4F: Serba Inovatif, Canggih dan Anak Muda Banget
Oppo Reno 4F (Foto: Dok. Istimewa)

TEKNOLOGI -- Hingga saat ini Oppo terus merilis beragam seri smartphone yang bisa Anda jadikan pilihan. Diantara banyaknya seri smartphone yang telah dirilis, Oppo Reno series menjadi yang paling mencuri perhatian.

Khususnya bagi anak muda yang memang mencari smartphone dengan spesifikasi kamera yang unggul dan canggih.

Bagi Anda yang juga penggemar dari Oppo Reno Series, kabarnya Oppo akan kembali merilis generasi terbaru pada pertengahan bulan Oktober, yakni Oppo Reno 4F. Sesuai dengan namanya, smartphone yang akan dirilis ini merupakan lini penerus dari Oppo Reno 4 series yang dirilis pada bulan Oktober lalu.

Seluruh fitur yang disematkan pada Oppo Reno 4F ini disesuaikan dengan kebutuhan para anak muda yang memang menjadi target utama dari Oppo. Desain yang diusung pada smartphone satu ini tampak begitu stylish dan trendy. Desain stylish tersebut akan membuat anak muda semakin percaya diri setiap kali menggunakan smartphone satu ini. Selain desain, Oppo juga menawarkan fitur kamera yang tidak kalah unggul. Bahkan, bisa dikatakan bahwa fitur kamera yang disematkan pada kamera ini terbilang sangat lengkap. Mulai dari SI Color Portrait, AI Super Night Portrait, dan masih banyak lagi.

Sebagai smartphone yang belum dirilis secara resmi dan masih berada di tahap rumor, pihak Oppo belum secara resmi mengumumkan spesifikasi lengkap yang dimiliki Oppo Reno 4F. Meski begitu, sudah banyak beredar bocoran mengenai spesifikasi dan kelebihan smartphone terbaru Oppo yang satu ini. Selagi menunggu tanggal perilisan resminya, yuk intip bocoran spesifikasi dan kelebihan yang dimiliki smartphone satu ini.

Desain dan Bodi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, desain stylish dari Oppo Reno 4F ini disesuaikan dengan anak muda yang begitu dinamis dan produktif. Tekstur Shiny Matte yang diusung membuatnya tampak semakin menawan saja. Selain memiliki bodi yang tipis, smartphone ini juga memiliki bobot yang terbilang ringan, lho. Bahkan, bobot 164 gram diklaim lebih ringan dibandingkan Oppo Reno 4. Bobot yang ringan ini akan semakin membuat penggunanya merasa nyaman setiap kali beraktivitas dengan smartphone satu ini.

Selain lebih nyaman digenggam, bodinya yang ringan dan tipis ini juga membuat Oppo Reno 4F mudah disimpan. Saking tipisnya, memasukkan smartphone Oppo ini ke dalam saku celana tidak akan memberikan efek menggembung yang berlebihan, lho. Hal ini tentu akan menambah kenyamanan Anda menggunakan Oppo Reno 4F.

Layar
Beralih pada spesifikasi layar, smartphone satu ini hadir dengan layar berukuran 6.43 inci yang terbilang cukup lebar. Layar berpanel Super AMOLED yang dimiliki Oppo Reno 4F ini juga akan membuat Anda merasa sangat nyaman setiap kali menggunakan smartphone satu ini. Di mana warna dan gambar yang akan Anda dapatkan akan tampak semakin nyata saja. Piksel yang dimiliki pun terbilang jauh lebih terang, sekalipun Anda berada tepat di bawah sinar matahari, Anda akan tetap merasa nyaman menatap layar smartphone. Dengan kata lain, Anda tak perlu repot-repot mencari tempat berteduh atau bahkan menutup bagian atas layar.

Smartphone yang memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels ini dikabarkan akan memiliki Bezel yang lebih tipis dibandingkan dengan Oppo Reno 4 series sebelumnya. Bezel tipis ini akan membuat ukuran layar tampak semakin luas dan nyaman saat dipandang mata. Bahkan, pengalaman menonton akan terasa lebih impresif dan menyenangkan menggunakan Oppo Reno 4F satu ini. Hal ini juga semakin didukung oleh resolusi Full HD+ yang ditawarkan.

Di sisi lain, pihak Oppo juga mengklaim bahwa layar smartphone satu ini akan menawarkan tingkatan Local peak brightness hingga 800 nits. Untuk membuat smartphone lebih tahan lama dan awet, Oppo juga telah melapisi Oppo Reno 4F ini dengan sebuah kaca pelindung Gorilla Glass 5. Pelindung ini akan membuat smartphone tetap aman sekalipun tidak sengaja terkena goresan hingga benturan.

Kapasitas Memori
Hingga kini sayangnya belum ada informasi lengkap mengenai chipset serta kartu grafis yang akan diusung oleh smartphone satu ini. Kabar yang beredar masih mengatakan bahwa smartphone ini telah menggunakan sistem operasi Android terbaru, yakni Android 10 dengan user interface ColorUS 7.2. Tunggu informasi lebih lanjut dari pihak Oppo untuk mengetahui kinerja prosesornya.
Namun, kabarnya smartphone satu ini akan hadir dengan kapasitas RAM yang sangat besar, yakni 8 GB. Kapasitas RAM ini terbilang sangat cukup untuk memenuhi penggunaan harian Anda. Bahkan, melakukan aktivitas multitasking pada beberapa aplikasi berat sekalipun tidak akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot atau lag. Memainkan game pun akan terasa sangat menyenangkan dengan Oppo Reno 4F satu ini.

Untuk lebih memuaskan penggunanya, Oppo juga telah menyematkan kapasitas memori internal yang cukup besar. Dengan kapasitas memori internal 128 GB tersebut, Anda bisa menyimpan ribuan file tanpa perlu khawatir memori akan cepat penuh. Kapasitas memori internal yang besar ini juga memudahkan Anda yang ingin mengunduh banyak aplikasi dalam satu perangkat.
Jika kapasitas memori internal tersebut dirasa masih kurang, Oppo sudah menyematkan slot memori eksternal yang bisa Anda gunakan. Tidak tanggung-tanggung, Anda bisa menambahkan memori eksternal dengan kapasitas hingga 256 GB. Kapasitas memori yang besar ini tidak akan mudah penuh sekalipun Anda menggunakan Oppo Reno 4F dalam kurung waktu dua tahun lebih.

Kamera Belakang
Kamera memang menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone satu ini. Mengusung konsep quad camera yang tampak begitu menjanjikan bagi para pencinta fotografi.

Kamera utamanya saja hadir dengan resolusi yang sangat besar, yakni 48 MP. Jika kamera utama ini dianggap kurang lebar, Anda bisa menggunakan kamera kedua yang merupakan lensa ultrawide. Kamera kedua ini hadir dengan resolusi sebesar 8 MP.
Kamera ketiga bertindak sebagai lensa macro 2 MP yang akan memudahkan Anda setiap kali ingin memotret objek dengan jarak yang cukup dekat. Untuk bisa menghasilkan foto berkualitas dengan efek bokeh, Anda bisa memanfaatkan lensa kamera 2 MP yang bertindak berbagai lensa kedalaman. Manfaatkan keempat lensa kamera tersebut dengan baik dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Banyak fitur unggulan yang bisa Anda temukan pada smartphone yang satu ini. Salah satunya yakni AI Color Portrait Mode, fitur yang satu ini memungkinkan Anda mengubah warna background foto menjadi hitam putih namun tetap menjaga warna asli dari si objek manusia yang di foto. Ada juga AI Super Clear Portrait yang akan membuat detail wajah Anda tampak lebih jelas dan sempurna. Tidak lupa, Oppo juga telah menyematkan fitur AI Super Night Portrait yang akan menunjang hasil foto di kegelapan.

Tak hanya unggul pada segi fotografi saja, smartphone ini juga sangat cocok bagi Anda yang suka membuat konten berupa video atau vlog. Pasalnya, Anda bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K pada 30 fps. Adanya fitur gyro-EIS juga akan membuat hasil rekaman video tak lagi blur dan lebih stabil.

Kamera Depan
Beralih pada kamera depannya, Oppo Reno 4F ini hadir dengan dua kamera selfie yang tidak kalah unggul. Kamera utamanya merupakan lensa wide dengan resolusi 8 MP yang mumpuni. Sedangkan kamera keduanya merupakan lensa kedalaman 2 MP yang akan membuat efek bokeh pada hasil foto selfie Anda.

Fitur tambahan yang ditawarkan oleh Oppo akan membuat penggunanya semakin nyaman setiap kali ingin mengambil foto selfie. Di mana Anda bisa memanfaatkan fitur selfie gesture yang lebih praktis. Hanya dengan mengarahkan telapak tangan ke arah kamera, smartphone akan otomatis mengambil foto selfie. Fitri ini akan sangat membantu Anda agar tidak kerepotan saat berselfie dengan banyak orang. Dibandingkan memencet tombol shutter yang bisa berakibat blur, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan fitur selfie gesture ini.

Kapasitas Baterai
Oppo Reno 4F ini memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Oppo Reno 4. Meski begitu, kapasitas baterai 4000 mAh yang dimiliki mampu menunjang aktivitas harian Anda. Dengan kapasitas baterai yang terbilang besar ini, Anda bisa tetap santai beraktivitas sekalipun tidak membawa powerbank sekalipun.
Meski sudah menggunakan port USB Type-C yang terkenal dengan kemampuan chargingnya yang cepat, Oppo akan tetap menyematkan teknologi fast charging pada smartphone satu ini. Teknologi fast charging 18W yang dimiliki bisa membuat proses pengisian daya semakin cepat saja.

Fitur Canggih Lainnya
Fitur canggih yang ditawarkan oleh Oppo seakan tidak ada henti-hentinya. Smartphone ini juga telah menambahkan fitur Air Gesture di dalamnya. Fitur ini bisa memudahkan Anda menjawab panggilan telepon hanya dengan menggerakan tangan di udara pada jarak 20 hingga 50 cm dari smartphone. Dengan diaktifkannya fitur ini, Anda bisa tetap mengangkat panggilan telepon sekalipun tangan dalam kondisi yang kotor atau bahkan basah. Selain berguna saat mengangkat panggilan telepon, fitur ini bisa Anda manfaatkan saat ingin scroll media sosial di tengah aktivitas makan.

Ada satu lagi fitur unggulan yang ditawarkan oleh Oppo. Untuk menjaga privasi penggunanya, Oppo menawarkan sebuah fitur yang dapat menyembunyikan notifikasi. Fitur ini akan secara otomatis aktif saat kamera mendeteksi adanya orang lain yang berusaha mengintip smartphone Anda. Adanya fitur ini akan membuat Anda merasa nyaman setiap kali mengakses smartphone di kawasan publik.

Harga Oppo Reno 4F
Kabarnya, smartphone terbaru dari Oppo ini akan tersedia dalam tiga varian warna, yakni White, Matte Black, dan Magic Blue. Ketiga varian warna tersebut tampak begitu stylish dan trendy. Perihal harganya, smartphone ini dikabarkan akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 jutaan. Harga yang terbilang masuk akal untuk sebuah smartphone yang menawarkan aneka fitur canggih di dalamnya.

Pihak Oppo menginformasikan bahwa dirinya baru akan merilis smartphone ini secara resmi pada tanggal 12 Oktober 2020 mendatang. Beberapa toko bahwa sudah membuka penjualan pre-order Oppo Reno 4F ini. Tak hanya akan tersedia di toko resmi offline saja, nantinya Anda juga bisa menemukan smartphone ini secara online di berbagai e-commerce di Indonesia. Sembari menunggu kabar resmi terbaru, siapkan tabungan Anda jika ingin membeli smartphone yang satu ini. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA