Thursday, 22 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Demo 1310, Markas PII Diobrak-abrik Oknum Polisi, Darah Segar Berceceran di Lantai

Rabu, 14 Oktober 2020 - 17:45:09 WIB - 44517
Demo 1310, Markas PII Diobrak-abrik Oknum Polisi, Darah Segar Berceceran di Lantai
Konferensi pers bersama OKP Islam lainnya di Kantor PII, Rabu (14/10/2020)


JAKARTA -- Aparat kepolisian mengobrak-abrik Markas Pelajar Islam Indonesia (PII) di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/20) malam kemarin.

Berdasarkan video yang beredar, terlihat darah segar dilantai kantor PII setelah diobrak-abrik oleh aparat kepolisian.

Menanggapi hal tersebut, Pjs Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI), Susanto Triyogo mengutuk peristiwa penyerangan oleh oknum aparat yang diduga dri pihak kepolisian.

"Terhadap peristiwa penyerangan PII dan GPII, saya sebagai Pjs Ketum PP KAMMI mengutuk keras. Kantor dan pengurus organisasi aktivis adalah Marwah yang harus dilindungi," ucapnya saat konferensi pers bersama OKP Islam lainnya di Kantor PII, Rabu (14/10/20).

Ia juga meminta kepada Kapolda Metro Jaya untuk mengusut dan menindak tegas oknum pelaku, dan memberikan sanksi tegas terhadap perbuatannya.

"Pelaku juga harus meminta maaf atas kejadian ini didepan pers dan publik, kami dari kalangan aktivis akan turut mengawal sampai kasus ini selesai," tegasnya.

Adapun Kronologi Kejadian

Perusakan kantor GPII Selasa, 13 Oktober 2020. Sebelumnya Kantor GPII dan PII menjadi tempat parkir dan transit massa aksi tolak UU Omnibus Law, berjalan lancar hingga pukul 16.00 sore hari.

Pukul 19.00 WIB peserta aksi berangsur pulang ke tempat tinggal masing-masing, beberapa masih beristirahat di Kantor PII. Pukul 19.40 WIB terjadi keributan di Jalan Kramat Raya, warga dan massa aksi menonton keributan dari Tugu Tani dekat Sekretariat PII.

Setelah itu, datang pihak kepolisian dari arah Tugu Tani dan Jalan Menteng Raya, warga dan massa aksi yang sedang menonton pun panik lari berhamburan ke Sekretariat GPII dan PII. Melihat itu, polisi secara beringas melemparkan gas air mata ke Sekretariat.

Pukul 19.50 WIB usai menembakkan gas air mata, pihak kepolisian pun masuk ke dalam kantor mendobrak dan memecahkan kaca pintu, sedang diketahui dikantor tidak semua berisi massa aksi. Usai itu, penangkapan dan pemukulan dilakukan, kemudian diangkut oleh pihak kepolisian.

Berdasarkan keterangan saksi, 16 orang ditangkap oleh aparat kepolisian di Kantor PII dan GPII, yakni Filky (GPII), Rivaldi (GPII), Ismail (GPII), Dody (GPII), Iskandar (GPII), Deny (GPII), Anja Hawri Fasya (Ketua PW PII Jakarta), Moch Syafiq Lamenele (Ketua PD PII Jakut).

Kemudian Miqdadul Haq (Bendum PD PII Jakut), Khaerul Hadad (Kastaff Teritorial Koorwil Brigade PII Jakarta), Lulu Bahijah Sungkar (Kastaff Adlog Koorwil Brigade PII Jakarta), Zaenal Abidin (Kader PII Jakut), Mahmud Saadi (Kabid PPO PW PII Jakarta), Agung Hidayat (Staf KU PW PII Jakarta), Asep Saeful Rohman (PB PII), dan Zulherman (KB PII). (Ujaran/RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: indonesia,nasional

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Cihuy! 78 Kasus Sembuh di Padang, Terbanyak di Koto Tangah

Cihuy! 78 Kasus Sembuh di Padang, Terbanyak di Koto Tangah

PADANG -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan Kota Padang mengkonfirmasi sebanyak 78 orang tambahan pasien...

Genjot Ekonomi Petani, RA-Rudi Janji Benahi Infrastruktur Sentra Produksi

Genjot Ekonomi Petani, RA-Rudi Janji Benahi Infrastruktur Sentra Produksi

PESISIR SELATAN -Masyarakat Nagari (Desa) Air Hitam Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat...

Polisi Datangi Mako Secata B Rindam 1 BB/Padang Panjang, Kasi Suprise!

Polisi Datangi Mako Secata B Rindam 1 BB/Padang Panjang, Kasi Suprise!

PADANG PANJANG -- AKBP Apri Wibowo didampingi Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimobda Kompol Subagio, Pejabat Utama...

Gila! Drone Pencabut Nyawa Tentara Armenia Ternyata Dibuat oleh Menantu Erdogan

Gila! Drone Pencabut Nyawa Tentara Armenia Ternyata Dibuat oleh Menantu Erdogan

INTERNASIONAL - Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, membenarkan jika pasukan Angkatan Bersenjata Azerbaijan menggunakan...

Kembali Ditemukan Dua Puluh Orang Positif Covid-19 di Kabupaten Solok

Kembali Ditemukan Dua Puluh Orang Positif Covid-19 di Kabupaten Solok

KABUPATEN SOLOK -- Kembali ditemukan dua puluh orang warga Kabupaten Solok terkonfirmasi positif covid-19. Dari dua...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar