Thursday, 22 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Terungkap, Ternyata Senjata Ini yang Selalu Dibawa Pasukan Khusus Amerika jika Berjempur

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 16:29:30 WIB - 2798
Terungkap, Ternyata Senjata Ini yang Selalu Dibawa Pasukan Khusus Amerika jika Berjempur
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


INTERNASIONAL - Manusia lebih penting daripada perangkat keras. Ini adalah salah satu jargon dari lima kebenaran operasi khusus militer Amerika Serikat (AS).

Jargon itu bukanlah perlengkapan yang membuat para operator istimewa, melainkan mentalitas, pelatihan, dan ciri kepribadian mereka. Kendati demikian, operator khusus menggunakan beberapa senjata canggih yang memungkinkan pemakainya mendominasi skenario medan perang apa pun yang mereka hadapi.

Seperti dilansir laman Business Insider, berikut daftar senjata militer AS dari yang digunakan untuk hal biasa hingga dipakai untuk hal genting di medan perang.

1. Senapan

Senapan standar yang dikeluarkan Komando Operasi Khusus Amerika Serikat (AS) adalah M4A1 dengan peningkatan SOPMOD II. Pembaruan ini dapat menambahkan berbagai aksesori ke senapan seperti rel, laser, cakupan, kaca pembesar, dan pegangan. Namun, banyak operator khusus yang bebas menyesuaikan senapan mereka sesuai keinginan.

Varian MK18 juga biasa terlihat di gudang senjata operasi khusus. Versi M4 yang lebih pendek ini dirancang untuk pertarungan jarak dekat dan sangat andal.

Selain itu, ada HK416 yang jadi senjata favorit Delta Force dan Naval Special Warfare Development Group (DEVGRU) atau juga dikenal sebagai SEAL Team 6. Senjata ini dirancang mirip platform senapan AR-15 tetapi dengan beberapa perubahan signifikan.

Senjata ini adalah kolaborasi khusus antara Delta Force dan Heckler & Koch dan juga digunakan oleh SEAL yang membunuh Osama bin Laden.

Komando Amerika, terutama SEAL Teams and Rangers, mengandalkan senapan FN SCAR karena pertempuran jarak jauh di Afghanistan. SCAR, yang dirancang khusus untuk unit operasi khusus, menjanjikan satu platform untuk semua pekerjaan karena operator dapat mengganti barel sesuai dengan situasi.

Namun senjata itu tidak pernah benar-benar menjadi populer karena desainnya yang tidak efisien dan cenderung tidak berfungsi.

2. Senapan mesin

Senapan mesin sebagai pilihan untuk unit operasi khusus AS adalah MK46 dan MK48. MK46 memiliki bilik dengan putaran 5,56 mm dan menawarkan opsi yang lebih ringan dan lebih portabel.

Sedangkan MK48 menembakkan putaran 7,62 mm, lebih berat tetapi lebih banyak tembakan. Kedua senjata tersebut dapat diandalkan dan telah digunakan untuk unit konvensional karena keefektifannya.

Mengingat jumlah mereka yang sedikit, unit operasi khusus sangat mengandalkan daya tembak untuk mengatasi musuh yang biasanya lebih unggul secara jumlah. Daya tembak yang tidak proporsional dengan jumlah mereka membuat operator khusus menjadi sangat mematikan dan efektif di medan perang.

Sebagai contoh, satu peleton Navy SEAL yang terdiri dari 16 orang dapat membawa hingga enam senapan mesin tergantung pada misinya. Bandingkan dengan satu peleton senjata Marinir yang terdiri dari 48 Marinir yang mengemas enam senapan mesin dan perbedaan daya tembak yang terlihat jelas. Selama Perang Vietnam, peleton SEAL sering pergi ke hutan untuk melawan Vietcong dengan 10 senapan mesin.

3. Senjata jarak dekat

Senjata yang selalu dibawa anggota operasi khusus AS adalah senjata untuk pertarungan jarak dekat. Sering kali operator khusus akan bertarung dalam pengaturan Close Quarters Battle (CQB).

Pertarungan antar ruangan adalah seni dan sains yang membutuhkan latihan bertahun-tahun untuk menguasainya. Keterampilan CQB terbaik inilah yang membedakan Delta Force dan SEAL Team 6 dari unit operasi khusus Amerika lainnya.

"Ketika seseorang melakukan CQB, orang harus ingat bahwa itu sering kali tidak selalu didasarkan pada jarak pendek," ujar Eli Fieldboy, seorang mantan tentara operasi khusus Israel yang sekarang mengajar CQB.

"Satu detik Anda dapat mensterilkan ruang kantor berukuran 4x4 meter dan beberapa detik kemudian Anda dapat menemukan diri Anda berada di lorong sepanjang 50 meter, jalan yang panjang, atau perlu membidik dari jendela ke luar bangunan," ujarnya menambahkan.

Pada tahun-tahun awal CQB dan Global War on Terror (GWOT), cukup umum unit memiliki platform senjata yang berbeda untuk setiap misi. Tim SEAL misalnya, menggunakan MP5 saat membersihkan ruang klaustrofobik di kapal tetapi CAR-15 dan M4 untuk misi aksi langsung di lingkungan lain.

4. Siap untuk kondisi apa pun

Senjata keempat adalah senjata yang siap untuk apa pun. Selain senapan mesin, selama misi pasukan komando akan membawa bermacam-macam peralatan lain.

Peralatan tersebut antara lain bahan penembus, kacamata penglihatan malam, rudal anti-tank, peluncur granat, rompi, dan kotak P3K. Mereka juga membawa pisau, jam tangan, perangkat GPS, helm, ikat pinggang, dan gendongan. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id
Tag: internasional,metro,peristiwa,politik,teknologi,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ali Mukhni Tegaskan Komitmen Dukung Dunia Olahraga Sumatera Barat

Ali Mukhni Tegaskan Komitmen Dukung Dunia Olahraga Sumatera Barat

PADANG PARIAMAN -- Calon Wakil Gubernur Sumbar Ali Mukhni menegaskan komitmennya mendukung dunia olahraga Sumatera...

Hai Pak Mendag! Harga Cabai Mulai Pedas Nih

Hai Pak Mendag! Harga Cabai Mulai Pedas Nih

JAKARTA -- Cabai terus sumbangan terhadap inflasiDan berpotensi besar memicu terjadinya inflasi untuk bulan ini setelah...

Kasus Positif Covid-19 Kluster Kantor di Mentawai Terus Bertambah, Berikut Rinciannya

Kasus Positif Covid-19 Kluster Kantor di Mentawai Terus Bertambah, Berikut Rinciannya

MENTAWAI - Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai mencatat Kasus positif Covid-19...

DPP PKS Serahkan SK Kepada Cabup Adi Bahrun

DPP PKS Serahkan SK Kepada Cabup Adi Bahrun

DURI -- Proses panjang dilalui Calon Bupati Bengkalis Abi Bahrun guna mendapatkan SK resmi DPP PKS di...

Intip Kehidupan Pribadi Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Beda Jauh dengan Sang Kakak Kim Jong-chul

Intip Kehidupan Pribadi Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Beda Jauh dengan Sang Kakak Kim Jong-chul

INTERNATIONAL -- Kim Jong-un menjadi pengganti ayahnya, Kim Jong-il, pada 2011 setelah sang ayah meninggal. Ketika...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar