Thursday, 22 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Prabowo ke Austria, Bakal Borong Jet Tempur Eurofighter Typhoon Bekas?

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:55:03 WIB - 911
Prabowo ke Austria, Bakal Borong Jet Tempur Eurofighter Typhoon Bekas?
Jet Tempur Eurofighter Typhoon (Foto: Dok. Istimewa)


INTERNASIONAL - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan tertarik untuk membeli jet tempur asal Austria, yakni Eurofighter Typoon. Demi menindaklanjutinya, Prabowo bakal melakukan kunjungan kerja ke Austria untuk menemui Menteri Pertahanan Republik Austria Klaudia Tanner, Selasa (20/10/2020) mendatang.

Pertemuan ini diproyeksikan untuk memperkuat alat utama sistem senjata (alutsista), utamanya dalam angkatan udara. Dikutip dari laman resminya, ada empat negara yang menjadi pendiri konsorsium, yakni Inggris dan Jerman masing-masing sebesar 33%, Italia 21%, dan Spanyol 13%.

Pengguna Eurofighter ini memiliki sejarah panjang digunakan oleh berbagai negara. Diantaranya kala dibeli oleh Arab Saudi melakukan perjanjian dengan Inggris tahun 2005 untuk menggantikan alutsista sebelumnya, yakni Saudi Tornados. Setahun berselang, pesawat ini sudah berpatroli kala pelaksanaan Olimpiade Musim dingin di Italia.

Hingga kini, sudah ada lebih dari 550 unit Eurofighter Typhoon telah diproduksi untuk tujuh negara, yakni Jerman, Inggris, Italia, Spanyol, Austria, Oman, dan Arab Saudi.

Dalam penggunaannya di medan pertempuran, pesawat ini sudah berperan dalam berbagai pertempuran penting. Termasuk kala misi tempur berlangsung di Libya tahun 2011 silam.

Dari sisi spesifikasi, pesawat ini bersayap delta yang berkemampuan melihat di luar batas pandang (BVR), pesawat tempur superioritas udara jarak dekat, dengan kemampuan serangan permukaan.

Pesawat ini mempunyai persenjataan canggih seperti sepasang senapan Mauser BK27mm. Eurofighter Typhoon juga memiliki 13 poin keras untuk senjata, empat di bawah setiap sayap dan lima di bawah badan pesawat.

Mengenai harga, Typhoon berada di kisaran antara 58-70 juta dolar AS per unit untuk pasar Eropa. Sementara untuk ekspor di luar Eropa, harganya bisa mencapai 124 juta dolar AS.

Pengalaman dan beragam spesifikasi itu yang disinyalir membuat Prabowo kepincut. Namun, Ia tidak bernegosiasi dengan keempat negara yang menjadi konsorsium jet tempur ini. Melainkan dengan Austria, negara konsumen. Sehingga, kemungkinan besar Prabowo bakal membeli jet tempur bekas tersebut.

Salah satu media terkemuka di negara itu, Kronen Zeitung, sudah memberitakan rencana pertemuan Prabowo dengan Menteri Pertahanan Republik Austria Klaudia Tanner.

"Pekan depan kemungkinan akan ada pertemuan bersejarah di Kementerian Pertahanan Austria. Prabowo Subianto secara pribadi akan menemui menteri Klaudia Tanner untuk mendiskusikan kesepakatan pembelian Eurofighter Typhoon," tulis Kronen Zeitung seperti dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (17/10/2020). (CNBC)

Editor/Sumber: Rahmat/cnbcindonesia.com
Tag: indonesia,internasional,metro,nasional,peristiwa,politik,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Keras! Tanggapan Erdogan kepada Presiden Prancis yang Diduga Islamophobia

Keras! Tanggapan Erdogan kepada Presiden Prancis yang Diduga Islamophobia

INTERNASIONAL - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan dalam pidatonya, Selasa (20/10), mengatakan bahwa...

Pemko Padang Panjang Bakal Revisi Perda RTRW 2012-2032, Kenapa?

Pemko Padang Panjang Bakal Revisi Perda RTRW 2012-2032, Kenapa?

PADANG PANJANG -- Menyikapi perubahan dinamika pembangunan dan perubahan fungsi ruang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)...

Etdah! RI Ranking 1 Negara Paling Ribet dalam Berbisnis

Etdah! RI Ranking 1 Negara Paling Ribet dalam Berbisnis

JAKARTA -- Minggu ini, Beleid ini diharapkan mampu mengatasi berbagai masalah dalam berinvestasi di Tanah Air. UU...

Anggota DPRD Riau Mira Roza Turun Jemput Aspirasi Warga

Anggota DPRD Riau Mira Roza Turun Jemput Aspirasi Warga

DURI -- Anggota DPRD Riau Mira Roza turun menemui warga di dua RW berbeda di wilayah Desa Harapan Baru, Mandau...

Warga Terinfeksi Covid 19 di Pasaman Merangkak Naik, Hari ini Bertambah Enam

Warga Terinfeksi Covid 19 di Pasaman Merangkak Naik, Hari ini Bertambah Enam

PASAMAN -- Hari ini kembali terjadi penambahan 6 orang warga kabupaten Pasaman positif terinfeksi Covid-19. Ini...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar