Thursday, 22 Oct 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Dialog Rakyat dan Pemimpin (1)

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 19:51:32 WIB - 309
Dialog Rakyat dan Pemimpin (1)
Ilustrasi (Dok. Istimewa)


OPINI -- Tanya (T) : O o Yo Nyiak baliak Wak Ka stasiun, apo rencana inyiak dengan tanah yang terbengkalai tu...?

Jawab (J) : Sutan. Yang paralu Bana dulu bukan tanah itu, tapi saudara- saudara awak yg patangko tergusur dari tanah yang terbengkalai tu, di mana mereka sekarang, apakah mereka sudah terima hak-hak mereka, ingat mereka masih memegang KTP Bukittinggi lhoo..

Artinya itu adalah kewajiban utama pemerintah kota terhadap warganya yang masih memegang KTP Bukittinggi.

(T) : Jadi rencana inyiak mau diapain mereka..?

(J) Sutan.. kalau Ado kamanakan Sutan yang tidak ada tempat tinggal apa yg Sutan harus lakukan...?

Sebagai mamak Tantu ambo Carikan solusinyo Nyiak...

Nah itu dia Sutan.. walikota itu ibarat ayah dek anaknyo, mamak dek kamakannyo.. yg harus dilakukan adalah mencarikan solusi terhadap masalah mereka. Kami akan kumpulkan mereka dan musyawarahkan apo solusi yg tepat bagi mereka.

Tapi yang pertama kita harus perjuangkan hak mereka yang masih belum mereka terima, seperti janji ganti rugi yang dijanjikan selama ini. Masih ada bahkan banyak di antara mereka yang belum menerima.

Yang kedua baru kita musyawarahkan untuk tempat tinggal mereka. yang jelas selama ini mereka tinggal di pusat kota, pasti punya usaha di sekitaran kota, dan kami yakin usaha mereka itu berdagang, dan usaha rumahan. Tentu mereka ingin punya tempat tinggal di sekitaran kota. Insya Allah kita punya solusi untuk itu Tapi tetap kita aka musyawarahkan dengan mereka.

(T) : Nyiak.. kalau tanah yang terbengkalai itu apo rencana inyiak...?

(J) : Ooh.. itu gampang Sutan.. Prinsip kita tidak ada tanah kosong di tengah kota.. kita akan pastikan kembali kepada PT. KAI dan pemerintah pusat, mau mereka untuk apa tanah itu kalau mereka tetap untuk membangun rel kereta kita minta bangun rel kereta yang aman, yaitu rel kereta di atas dan dua jalur, sehingga tidak boleh terdengar di kampung kita orang mati ditabrak kereta.

Tapi sebelum itu dibangun, jelaskan dulu solusi bagi masyarakat kita yang selama ini tinggal di bantaran rel kereta tersebut, yang selama ini mereka membayar.

Cobalah hitung, dari batas kota di Jambu Aia, sampai KA Bateh kota di Paruik Putuih berapa anak kemenakan kita yg tinggal selama ini di bantaran rel kereta itu. Apa siap PT KAI dan pemerintah pusat mencarikan solusi..? Kalau siap oke kita akan serahkan dibangun dengan syarat rel keretanya di atas dan dua jalur.

Adapun kalau akan di buat stasiunnya di posisi tanah terbengkalai sekarang, kita akan minta stasiun yg terintegrasi dengan kegiatan masyarakat, seperti kuliner malam yg sudah menjadi tradisi di sana sekarang, itu tidak boleh dihentikan bahkan diperindah, kita ingin dibuat di sana mesjid terbesar di Bukittinggi yang lengkap dengan lapangan parkirnya, dan tanah itu sangat luar biasa sudah menghadap ke kiblat. Dan terintegrasi juga dengan terminal angkot, dan truk setiap hari pakan yang bongkar barang di sana.

Kalau persyaratan itu dipenuhi Pemerintah pusat dan PT. KAI, Ayuk kita bangun Bukittinggi bersama.

Catatan Ustad Marfendi

Editor/Sumber: Diky
Tag: bukittinggi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kapolres Sijunjung Pimpin Sertijab Kasat Reskrim Dan Kasat Resnarkoba

Kapolres Sijunjung Pimpin Sertijab Kasat Reskrim Dan Kasat Resnarkoba

SIJUNJUNG -- Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan memimpin serah terima jabatan kasat Reskrim dan kasat Resnarkoba...

Tragedi Tengah Malam "Omnibus Law" Serta Peran Mahasiswa

Tragedi Tengah Malam "Omnibus Law" Serta Peran Mahasiswa

OPINI -- Belum habis masalah pandemi kini Negara kita tercinta kembali digemparkan dengan disepakatinya RUU Omnibus law...

Siap-siap! Tidak Pakai Masker Bakal Masuk ke Aplikasi Sipelada

Siap-siap! Tidak Pakai Masker Bakal Masuk ke Aplikasi Sipelada

PADANG -- Satpol PP Padang kembali menggelar Operasi Yustisi Pelanggar Perda, dikawasan Pasar Nanggalo, Padang, Jumat...

Genjot Ekonomi Petani, RA-Rudi Janji Benahi Infrastruktur Sentra Produksi

Genjot Ekonomi Petani, RA-Rudi Janji Benahi Infrastruktur Sentra Produksi

PESISIR SELATAN -Masyarakat Nagari (Desa) Air Hitam Kecamatan Silaut Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat...

Genting! China Ancam Akan Tangkap Warga Amerika, Kenapa?

Genting! China Ancam Akan Tangkap Warga Amerika, Kenapa?

INTERNASIONAL - Pemerintah China telah memperingatkan AS bahwa mereka mungkin menahan warga Amerika Serikat (AS) di...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar