Wednesday, 27 Jan 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Joe Biden Menang, Begini Dampaknya Bagi Indonesia

Minggu, 08 November 2020 - 13:21:58 WIB - 4835
Joe Biden Menang, Begini Dampaknya Bagi Indonesia
Presiden AS, Joe Biden (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat diproyeksikan membawa angin segar bagi dunia. Implikasi dari kemenangan Joe Biden juga akan dirasakan Indonesia.

"Indonesia tetap akan dipandang sebagai salah satu andalan AS di Asia Tenggara," ungkap Guru Besar FISIP Unpad Prof. Dr. Arry Bainus, M.A., dalam diskusi "Satu Jam Berbincang Ilmu" yang digelar Dewan Profesor Unpad secara virtual, akhir pekan ini.

Menurut Prof Arry, Joe Biden cenderung akan menjalankan kebijakan multilateralisme dengan mengandalkan sekutunya di Asia Tenggara dalam berbagai isu keamanan. Indonesia menjadi negara yang dipandang penting untuk membuat kawasan Asia Tenggara tetap kondusif, terutama berkaitan dengan isu Laut China Selatan.

Indonesia, kata Arry, akan berpeluang menjalin kerja sama bilateral dengan AS di bidang pertahanan, seperti persediaan senjata dan pelatihan militer bagi TNI.

"Namun tergantung diplomasi yang dijalankan Indonesia," tambahnya.

Di sektor ekonomi, kata dia, Mantan Wakil Presiden Barrack Obama ini akan kembali menjalankan kebijakan Trans-Pacific Partnership (TPP) sebagai upaya untuk melawan kekuatan ekonomi Tiongkok yang meningkat.

Meskipun bukan bagian dari TPP, Prof. Arry menilai Indonesia perlu mempertimbangkan kembali manfaat TPP bagi perekonomian. Ini disebabkan kebijakan Biden yang cenderung menjalankan multilateralisme.

Selain itu, diplomasi ekonomi dengan AS harus tetap ditingkatkan meskipun Indonesia telah mendapatkan surplus dari perdagangan dengan AS. Hal ini didasarkan, pasar AS tetap menjadi yang terbesar di dunia dan AS tetap melihat Indonesia terutama dari sektor migas.

Di sektor lingkungan, Prof Arry memprediksikan, Indonesia harus berhati-hati dalam melakukan perdagangan kelapa sawit.

Karena, kata dia, komitmen Joe Biden yang akan membawa AS kembali masuk ke sejumlah isu global akan cenderung mengikuti Uni Eropa dalam melarang perdagangan yang berbau "merusak lingkungan", seperti deforestasi, kebakaran hutan, hingga pembalakan liar.

Sementara di sektor pendidikan, Indonesia punya peluang kerja sama dalam pemberian beasiswa bagi WNI serta kerja sama dalam pengembangan riset dan teknologi. Peluang ini, kata dia, didasarkan atas kebijakan imigrasi yang terbuka dan pemberian kesempatan bagi tenaga ahli dari seluruh dunia untuk mengembangkan bakatnya di AS.

Prof. Arry mengatakan, di sektor kesehatan, Indonesia punya peluang dalam kerja sama kesehatan global dengan AS. Salah satunya adalah kerja sama penanggulangan Covid-19.

"Indonesia punya peluang untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan dan vaksinasi secara bersama-sama dengan AS," kata Prof. Arry. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id
Tag: indonesia,internasional,metro,nasional,peristiwa,politik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dasawisma Berprestasi Tingkat Kabupaten Tanah Datar Dinilai

Dasawisma Berprestasi Tingkat Kabupaten Tanah Datar Dinilai

MINANGKABAUNEWS, TANAH DATAR - Rombongan tim penilai Dasawisma berprestasi tingkat Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin...

Diam-diam Ternyata Parlemen Israel Takut Digeruduk Massa Bak di Capitol Hill Amerika

Diam-diam Ternyata Parlemen Israel Takut Digeruduk Massa Bak di Capitol Hill Amerika

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Anggota Parlemen Israel (Knesset), Orna Barbivai meminta Perdana Menterinya, Benjamin...

Wawako Solok: Pemkot Akan Segera Perbaiki Saluran Irigasi Sawah

Wawako Solok: Pemkot Akan Segera Perbaiki Saluran Irigasi Sawah

MINANGKABAUNEWS, SOLOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solok dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan saluran pertanian...

Kementerian BUMN Blak-blakan Ungkap Alasan Erick Thohir Pilih Budiman Jadi Komisaris PTPN V

Kementerian BUMN Blak-blakan Ungkap Alasan Erick Thohir Pilih Budiman Jadi Komisaris PTPN V

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga memberikan...

Ahok Dicibir Gegara Pesta Bareng Raffi, Netizen Ungkit Habib Rizieq Shihab

Ahok Dicibir Gegara Pesta Bareng Raffi, Netizen Ungkit Habib Rizieq Shihab

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang diduga ikut dalam pesta bersama Raffi Ahmad lantas...


KOMENTAR ANDA