Monday, 25 Jan 2021
Minangkabaunews
headline
Pemko Pariaman home berita Pariaman

Evaluasi Kinerja Pendamping Desa, Desa Harus Kreatif dan Menjadi Inisiator

Selasa, 10 November 2020 - 03:50:27 WIB - 404
Evaluasi Kinerja Pendamping Desa, Desa Harus Kreatif dan Menjadi Inisiator
Rapat Evaluasi Kinerja Pendamping Desa se Kota Pariaman Tahun 2020 di Aula Balaikota Pariaman

MINANGKABAUNEWS, PARIAMAN -- Mardison Mahyuddin saat membuka sekaligus menjadi motivator dalam Rapat Evaluasi Kinerja Pendamping Desa Kota Pariaman Tahun 2020 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kota Pariaman bertempat di Aula Balai Kota Pariaman pada senin (9/11/2020) Menyampaikan pendamping desa harus bisa menjadi inisiator di desa. Pendamping desa harus mampu mengarahkan dan menggali potensi-potensi yang ada di desa tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris DPMDes, Afwandi, Koordinator Pendamping Desa Berdikari Kota Pariaman, Priyaldi, Tenaga Ahli (TA) Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pendamping Desa (PD), Pendamping Desa Berdikari (PDB) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) se Kota Pariaman.

Mardison mengatakan bahwa, jadi pendamping desa itu jangan monoton, inovasi yang dibuat itu ke itu saja, asal uang keluar saja dan meniru yang sudah ada.

"Cari inovasi lain yang lebih kreatif, bangun potensi SDM di desa tersebut dan lakukan pembinaan serta kembangkan potensi-potensi yang ada," imbuhnya.

Mardison juga merasa bangga dengan adanya Pendamping Desa Berdikari di Kota Pariaman yang langsung dikukuhkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar pada tanggal 24 Juli 2020 yang lalu.

"Pendamping Desa Berdikari ini merupakan bentukan dari Pemerintah Kota Pariaman dan satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat bahkan Indonesia," lugasnya.

"Ini inovasi yang sangat bagus yang dilakukan oleh Pemko Pariaman, dan Kota Pariaman tentu akan menjadi contoh bagi daerah lainnya," kata Mardison bangga.

Mardison harapkan semoga apa yang menjadi cita-cita, serta apa yang diamanahkan jika dikerjakan dengan tulus dan ikhlas tentu akan menjadi amal ibadah dimata Allah SWT.

"Semoga keberadaan Pendamping Desa ini dapat mensejahterakan masyarakat Kota Pariaman dan Kota Pariaman semakin maju dan berkembang,"tutup Mardison.

Senada dengan itu, Sekretaris DPMDes Kota Pariaman, Afwandi mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengevaluasi kinerja Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Pendamping Desa Berdikari dan Pendamping Lokal Desa se Kota Pariaman.

"Setahun berjalan kita merevisi kinerja mereka, sejauh mana kinerja mereka di lapangan. Apa hal kendala teknis dilapangan akan kita pecahkan secara bersama dalam rapat evaluasi ini," jelasnya.

Afwandi berharap kedepan kinerja pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan di pemerintahan.

Afwandi mengaku ada beberapa desa yang terkendala dan bermasalah, diharapkan dengan rapat evaluasi ini kita dapat mencarikan solusi bagi desa-desa yang bermasalah tersebut. (Ig)

Editor/Sumber: Indra
Tag: pariaman

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Peduli Korban Gempa dan Banjir Majene, Pemko Padang Salurkan Bantuan

Peduli Korban Gempa dan Banjir Majene, Pemko Padang Salurkan Bantuan

MINANGKABAUNEWS, PADANG -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang ikut peduli terhadap korban gempa...

Duh! Diam-diam Malaysia Baper Gara-gara Ditinggal Indonesia Soal Vaksin Covid-19, Kok Bisa?

Duh! Diam-diam Malaysia Baper Gara-gara Ditinggal Indonesia Soal Vaksin Covid-19, Kok Bisa?

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Menteri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi Malaysia Khairy Jamaluddin menegaskan,...

Soal Drone Selam Kapal China, Roy Suryo Colek Jokowi: Ini Ancaman Serius

Soal Drone Selam Kapal China, Roy Suryo Colek Jokowi: Ini Ancaman Serius

MINANGKABAUNEWS, JAKARTA -- Seorang nelayan di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan, dikabarkan baru saja menemukan drone...

Maklumat Kapolri Soal FPI, Ini Respons Munarman

Maklumat Kapolri Soal FPI, Ini Respons Munarman

MINANGKABAUNEWS, JAKARTA -- Deklarator Front Persatuan Islam yang juga Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI)...

Waspada! Kelompok Usia Ini Paling Rentan Tertular Varian Baru Corona Ganas Asal Inggris

Waspada! Kelompok Usia Ini Paling Rentan Tertular Varian Baru Corona Ganas Asal Inggris

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris telah menyebar di Amerika Serikat....


KOMENTAR ANDA