Monday, 25 Jan 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Opini

Humas Sebagai Metode Komunikasi yang Efektif dan Efisien Dalam Dunia Pendidikan

Kamis, 12 November 2020 - 15:31:19 WIB - 1099
Humas Sebagai Metode Komunikasi yang Efektif dan Efisien Dalam Dunia Pendidikan
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

Oleh: Teza Suspela, Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Batusangkar Sumatera Barat

Humas atau sering juga disebut dengan Public Relations merupakan segenap kegiatan dan teknik atau kiat yang digunakan organisasi atau individu untuk menciptakan atau memelihara suatu sikap dan tanggapan yang baik dari pihak luar terhadap keberadaan dan aktivitasnya ( Buku Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan, 2006:12).

Humas memiliki peranan penting dalam setiap lembaga pendidikan karena humas menjadi salah satu strategi dalam membentuk citra pendidikan baik itu citra positif maupun citra negatif. Itu semua tergantung pada lembaga pendidikan tersebut. Karena fungsi humas itu sendiri tidak terlepas dari opini publik karena salah satu dari fungsi humas tersebut adalah menciptakan opini publik yang memiliki kemauan baik (good will) dan partisipasi. Untuk membentuk citra positif dalam humas maka lembaga pendidikan harus mempunyai kinerja yang baik dan membantu dalam menjalankan suatu program untuk mencapai tujuan tertentu yang ditargetkan dalam lembaga pendidikan tersebut.

Metode komunikasi merupakan segala bentuk cara yang digunakan dalam kehumasan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Komunikasi menjadi sangat penting karena ketidak harmonisan hubungan antara manusia dalam suatu lembaga pendidikan ataupun dalam kehidupan masyarakat disebabkan cara komunikasi yang keliru sehingga menimbulkan salah persepsi, miskomunikasi atau salah paham. Untuk itu seorang public relations harus pandai dalam berkomunikasi dan selektif dalam memilih informasi. Dengan memilih cara berkomunikasi yang tepat dan baik, setidaknya lembaga pendidikan akan mendapatkan keuntungan seperti mendapatkan umpan balik (feed Back )dari masyarakat atas kebijakan-kebijakan yang ditempuh dalam pendidikan, untuk menunjukkan transparansi pengelolaan lembaga pendidikan sehingga memiliki akuntabilitas publik yang tinggi dan untuk mendapatkan dukungan yang nyata dari masyarakat terhadap kelangsungan lembaga pendidikan.

Komunikasi dapat dikatakan efektif dan efisien dalam pendidikan jika informasi, pemikiran atau pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik sehingga menciptakan kesamaan persepsi, mengubah perilaku, sehingga orang yang berada dalam organisasi tersebut menjadi tahu atau paham terhadap informasi yang telah didapatkan.

Berhubungan dengan komunikasi public relations tersebut, menurut Cultip, Center dan Broom, dalam komunikasi public relations itu ada tujuh faktor penting yang disebut sebagai "the seven Cs of communication"(Ruslan, 2007:122) yaitu sebagai berikut:

(1). Kredibilitas, maksudnya komunikasi itu dimulai dari suasana saling percaya yang diciptakan oleh pihak komunikator secara sungguh-sungguh untuk melayani publiknya yang memiliki keyakinan dan respek, (2). Konteks, hal ini menyangkut sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan kehidupan sosial, pesan yang harus disampaikan dengan jelas serta sikap partisipatif, (3). Content (isi), maksudnya pesannya menyangkut kepentingan orang banyak atau publik sehinnga informasi dapat ditrima sebagai sesuatu yang bermanfaat secara umum bagi masyarakat, (4). Clarity, maksudnya pesan harus disusun dengan kata-kata yang jelas, mudah dipahami serta memiliki pemahaman yang sama antara komunikator dan komunikan dalam hal maksud, teman dan tujuan semua pihak, (5). Continuity dan consistency (kontinuitas dan konsistensi), komunikasi merupakan proses yang tidak pernah berakhir, oleh karena itu dilakukan secara berulang-ulang dengan berbagai variasi pesan. Dengan cara demikian untuk mempermudah proses belajar, membujuk, dan tema dari pesan-pesan tersebut harus konsisten, (6).

Channels (saluran), maksudnya mempergunakan saluran media informasi yang tepat dan terpercaya serta dipilih oleh khalayak sebagai target sasaran. Pemakaian saluran media yang berbeda akan berbeda pula efeknya, dengan demikian public relations harus dapat memahami perbedaan dan proses penyebaran informasi secara efektif, (7). Capability of the audiens (saluran), maksudnya memperhitungkan kemampuan yang dimiliki oleh khalayak. Komunikasi dapat menjadi bagian masyarakat bila berkaitan dengan faktor-faktor yang bermanfaat seperti kebiasaan dan peningkatan kemampuan membaca dan pengembangan pengetahuan. Maka dari itu, dengan adanya peranan komunikasi kita mengharapkan agar terciptanya dan terjalinnya komunikasi yang baik, baik itu di dalam lembaga pendidikan maupun dalam masyarakat. Dapat kita contohkan misalnya dalam pendidikan, ada guru yang sedang menerangkan pelajaran ketika proses belajar mengajar berlangsung, setelah menerangkan pelajarannya ada seorang peserta didik yang ingin bertanya kepada guru tersebut dan gurunya mempersilahkan peserta didik tesebut untuk bertanya, kemudian gurunya menjawab pertanyaannya dan menjelaskan materi yang berkaitan dengan pertanyaan peserta didik tadi dengan baik. Dengan begitu, sudah dapat dikatakan bahwa komunikasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien dalam pendidikan karena seorang peserta didik sudah memberikan feed back terhadap gurunya yang sudah menerangkan pelajaran sehingga akan menimbulkan citra positif dalam pendidikan tersebut.

Terkait dengan metode komunikasi humas (Ruslan, 2005), yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut : (1). Research atau penelitian, sebelum melakukan komunikasi pada masyarakat, public relations harus mengetahui terlebih dahulu siapa yang akan diberi pesan dan bagaimana keadaan komunikasi. Untuk itu perlu dilakukan penelitian sebab hal ini penting untuk mendapatkan faktor dari publik. (2). Planning atau perencanaan, setelah mendapatkan fakta-fakta atau data-data dari hasil penelitian, langkah selanjutnya adalah membuat perancangan yang tepat, sehingga dapat mencapai sasaran. (3). Action atau kegiatan, setelah rencana cukup matang dan disetujui oleh pihak yang berwenang, maka rencana tersebut dapat dilaksanakan. (4). Evaluation atau evaluasi, tahap ini dimaksudkan untuk mencocokkan sampai dimana program atau rencana yang telah dilaksanakan. Pada tahap ini public relations akan mengadakan penilaian.
Jadi, dari uraian diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa metode komunikasi humas sangat penting dilakukan karena dalam penyampaian informasi mengenai pendidikan harus dilakukan dengan metode penyampaian yang efektif dan efisien guna untuk mencapai tujuan dalam lembaga pendidikan tersebut.

Demikianlah gambaran umum dari humas sebagai metode komunikasi yang efektif dan efisien dalam pendidikan. Penulis mengangkat judul ini karena penulis melihat bahwa banyak orang yang tidak memperhatikan cara-cara berkomunikasi yang baik dan benar sehingga dapat menyebabkan terjadinya miskomunikasi. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah lebih baiknya kita mengetahui metode komunikasi itu seperti apa agar dalam penyampaian informasi tidak terjadi kesalah pahaman. (**)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dua Belas Jam Diperiksa, Lawan Main Gisel: Saya Berusaha Kooperatif

Dua Belas Jam Diperiksa, Lawan Main Gisel: Saya Berusaha Kooperatif

MINANGKABAUNEWS, JAKARTA --Michael Yukinobu de Fretes alias Nobu tersangka kasus video syur dengam Gisella Anastasia...

Wali Kota Padang Mahyeldi Bersedia Divaksin, Asalkan..

Wali Kota Padang Mahyeldi Bersedia Divaksin, Asalkan..

MINANGKABAUNEWS, PADANG -- Wali Kota Padang Mahyeldi mengaku siap untuk disuntik vaksin dalam upaya pemberantasan...

Viral Seorang Siswi SMK di Padang Tolak Pakai Jilbab, Orang Tua Curhat di Medsos

Viral Seorang Siswi SMK di Padang Tolak Pakai Jilbab, Orang Tua Curhat di Medsos

MINANGKABAUNEWS, PADANG -- Seorang pelajar SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat, menolak mengenakan pakaian jilbab...

Seorang Warga di Pasaman Barat Dilaporkan Hilang, Diduga Diserang Buaya

Seorang Warga di Pasaman Barat Dilaporkan Hilang, Diduga Diserang Buaya

PASAMAN BARAT - Rusli, warga Kampung Joring, Nagari Koto Sawah Ujung Gading, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman...

Wali Kota Solok Zul Elfian Apresiasi Relawan Tangani Musibah Banjir

Wali Kota Solok Zul Elfian Apresiasi Relawan Tangani Musibah Banjir

MINANGKABAUNEWS, SOLOK -- Walikota Solok, Zul Elfian mengapresiasi proses penanganan banjir oleh relawan, Satgas, BPBD,...


KOMENTAR ANDA