Monday, 25 Jan 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Duh! TNI Batal Beli Kapal Perang Canggih Korvet Kelas Berat Iver Huitfeldt Buatan Denmark?

Senin, 16 November 2020 - 13:33:20 WIB - 10233
Duh! TNI Batal Beli Kapal Perang Canggih Korvet Kelas Berat Iver Huitfeldt Buatan Denmark?
Kapal perang Iver Huitfeldt incaran Prabowo (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Marinir juga menjadi momentum untuk meremajakan alat utama sistem senjata (alutsista). Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, mengatakan, modernisasi alutsista menjadi salah satu perhatiannya ketika menjadi orang nomor satu di TNI AL.

Menurut Yudo, salah satu kendaraan yang mendesak untuk diremajakan adalah tank Marinir dan beberapa jenis kapal perang RI (KRI), yang usianya sudah sangat tua.

"Tank amfibi, alut utama, dan KRI kita ajukan ke Kemhan. Modernisasi alutsista dan peralatan merupakan kewenangan Kemhan," kata Yudo usai menghadiri perayaan HUT ke-75 Marinir di Markas Korps Marinir Kwitang, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Yudo berbicara kepada wartawan didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen (Mar) Suhartono dan Wakil Dankormar Brigjen (Mar) Nur Alamsyah. Menurut Yudo, semua kebutuhan alutsista TNI AL sudah dikaji dan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Disinggung tentang kabar TNI AL mengincar, dan bahkan tertarik untuk membeli kapal korvet Iver Huitfeldt, Yudo membantahnya. Hingga kini, Markas Besar AL (Mabesal) belum pernah mengajukan pembelian KRI jenis itu kepada Kemenhan.

Dia menjelaskan, setiap spesifikasi alutsista yang diinginkan TNI AL semuanya diserahkan ke Kemenhan untuk diproses atau dibeli. "Belum (diajukan)," kata Yudo singkat.

Kapal buatan Denmark sepanjang 138,7 meter dan lebar 19,8 meter tersebut termasuk jenis korvet kelas berat, yang belum dipunyai TNI AL. Kapal korvet yang dimiliki TNI AL sekarang yang paling modern adalah KRI Bung Tomo, John Lie, dan Usman-Harun, yang masing-masing memiliki panjang 89,9 meter.

Dalam pidatonya ketika menjadi inspektur upacara, Yudo mengatakan, keberadaan Marinir sangat dicintai dan disukai masyarakat. Untuk itu, ia berpesan agar prajurit Marinir tetap profesional dan humas dalam menjalankan tugas operasi militer (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

Mantan Panglima Kogabwilhan I itu menyinggung, selaras dengan karakter kekuatan TNI AL dalam doktrin Jalesvea Jayamahe, hakikat keberadaan Korps Marinir sebagai pasukan pendarat menuntut kecepatan respon, daya gerak, dan daay gempur yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas, baik selam masa damai, krisis, dan masa perang.

"Korps Marinir TNI AL selalu hadir untuk NKRI, di saat kedaulatan negara ini terancam, Marinir hadir. Saat situasi tak terkendali, Marinir hadir menengahi. Jadi wajar saja apabila di benak rakyat pimpinan bangsa ini apabila negara ini dalam ancaman, satu jawabannya, kerahkan Marinir!" ucap Yudo. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id
Tag: indonesia,internasional,metro,nasional,peristiwa,politik,teknologi

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Dear Lulusan SMA Sederajat! UMSB Mulai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Dear Lulusan SMA Sederajat! UMSB Mulai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

MINANGKABAUNEWS, PADANG -- Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), mulai mulai membuka penerimaan mahasiswa...

Geger! Elon Musk Bagi-bagi Duit Rp 1,4 T, Mau? Ini Caranya

Geger! Elon Musk Bagi-bagi Duit Rp 1,4 T, Mau? Ini Caranya

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Elon Musk, orang terkaya di dunia yang juga CEO Tesla produsen mobil listrik dan...

Menhan Amerika Mendadak Telpon Prabowo Terkait Sriwijaya Air SJ 182, Ada Apa?

Menhan Amerika Mendadak Telpon Prabowo Terkait Sriwijaya Air SJ 182, Ada Apa?

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di perairan Kepulauan...

Breaking News! Innalillah, Dai Kondang Syekh Ali Jaber Tutup Usia

Breaking News! Innalillah, Dai Kondang Syekh Ali Jaber Tutup Usia

MINANGKABAUNEWS, JAKARTA -- Kabar duka datang dari Dai Kondang Syekh Ali Jaber meninggal dunia. Kabar ini...

Mantul! Meskipun Pandemi IAIN Tanah Datar Lantik Sema dan Dema

Mantul! Meskipun Pandemi IAIN Tanah Datar Lantik Sema dan Dema

MINANGKABAUNEWS, TANAH DATAR -- Meskipun ditengah pandemi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, menggelar...


KOMENTAR ANDA