Wednesday, 25 Nov 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Songong! China Klaim Memimpin Dunia Soal Vaksin Covid-19, Sudah Digunakan 1 Juta Orang

Jumat, 20 November 2020 - 14:17:24 WIB - 566
Songong! China Klaim Memimpin Dunia Soal Vaksin Covid-19, Sudah Digunakan 1 Juta Orang
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Sekitar satu juta warga China telah diberi vaksin Covid-19 eksperimental yang dikembangkan oleh Sinopharm. Berdasarkan keterangan ketua perusahaan, China adalah satu dari dua negara yang diketahui menggunakan metode kandidat vaksin, produk yang masih menjalani uji klinis untuk menguji kemanjuran dan keamanannya.

"Dalam hal penggunaan darurat, vaksin telah diterapkan pada hampir satu juta orang dan belum ada satu kasus pun dari kejadian buruk yang serius. Orang-orang hanya mengalami gejala ringan," kata Liu Jingzhen, ketua Grup Farmasi Nasional China Sinopharm mengutip SCMP, Jumat (20/11/2020).

Dirinya mengaku hingga kini ada kemajuan penelitian dari proses uji klinis hingga produksi dengan keadaan dan penggunaan darurat. Terlebih, ketika pemberian vaksin itu telah dilakukan sejak September lalu ke ratusan ribu kandidat penerima vaksinnya.

"Hingga saat ini, semua kemajuan kami, dari penelitian, uji klinis hingga produksi dan penggunaan darurat, kami telah memimpin dunia," katanya.

Untuk membenarkan otorisasi vaksin yang belum terbukti, Beijing mengatakan penggunaan produk telah dibatasi untuk individu berisiko tinggi. Meskipun, klaim itu tidak hanya termasuk kelompok yang jelas seperti profesional kesehatan garis depan, tetapi juga sekolah, supermarket, dan pekerja transportasi umum.

Sejauh ini, berbagai perusahaan farmasi di seluruh dunia sedang merampungkan vaksin Covid-19. Selain Sinopharm, perusahaan asal Jerman BioNTech dan perusahaan Amerika Pfizer juga mengumumkan bahwa produk mereka telah mencapai kemanjuran 95 persen dalam uji klinis terakhir yang melibatkan lebih dari 43 ribu orang.

Dua hari sebelumnya, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Moderna juga mengatakan hasil sementara dari uji coba fase tiga vaksin Covid-19 menunjukkan tingkat kemanjuran 94,5 persen. Kedua produk tersebut mendapat skor jauh di atas ambang batas 50 persen yang disyaratkan oleh regulator, yang menggunakan kemanjuran suntikan flu sebagai titik acuan.

Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar mengatakan otorisasi serta distribusi vaksin Pfizer dan Moderna dapat dimulai dalam beberapa pekan ke depan. Dalam pernyataannya Rabu kemarin, AS juga dilaporkan akan memiliki 40 juta dosis dari dua vaksin yang siap tersedia pada akhir tahun ini.

Direktur National Institutes of Health di Maryland, Francis Collins, mengatakan pihaknya telah mengharapkan "sejumlah besar orang" yang akan divaksinasi pada April tahun depan. (Rep)

Editor/Sumber: Rahmat/Republika.co.id
Tag: internasional,kesehatan,metro,peristiwa,politik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tahun 2021 Pemko Sawahlunto Akan Maksimalkan Program Ekonomi Produktif

Tahun 2021 Pemko Sawahlunto Akan Maksimalkan Program Ekonomi Produktif

MINANGKABAUNEWS, SAWAHLUNTO -- Tahun 2021 mendatang, arah kebijakan fiskal pemerintah adalah percepatan pemulihan...

Keren! Bikin Tetangga Minder, Indonesia Bikin 3 Kapal Selam Canggih Baru Lagi

Keren! Bikin Tetangga Minder, Indonesia Bikin 3 Kapal Selam Canggih Baru Lagi

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Indonesia dikabarkan bakal menambah beberapa kapal selam dalam beberapa tahun mendatang....

Menurut LHKPN, Kekayaan Paslon Darma-Tani Terendah di Tanah Datar

Menurut LHKPN, Kekayaan Paslon Darma-Tani Terendah di Tanah Datar

TANAH DATAR- Empat pasangan calon kepala daerah Tanah Datar telah dilaporkan oleh peserta pilkada 2020 pada Komisi...

Bikin Musuh-musuh Mereka Panik, Putin dan Erdogan Makin Mesra

Bikin Musuh-musuh Mereka Panik, Putin dan Erdogan Makin Mesra

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Presiden Rusia, Vladimir Putin, membela dukungan yang diberikan Turki terhadap...

RSUD M. Natsir Solok Laporkan Tiga Lagi Positif Covid-19

RSUD M. Natsir Solok Laporkan Tiga Lagi Positif Covid-19

KOTA SOLOK - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Senin (9/11) mengungkapkan kembali ditemukan kasus baru...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar