Wednesday, 25 Nov 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Gawat! Trump Diam-diam Telah Siapkan Kegilaan Terakhir untuk China Sebelum Lepas Jabatan

Jumat, 20 November 2020 - 14:34:08 WIB - 282
Gawat! Trump Diam-diam Telah Siapkan Kegilaan Terakhir untuk China Sebelum Lepas Jabatan
Presiden AS, Donald Trump (Foto: Dok. Istimewa)


MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump disebut tengah bersiap unjuk kekuatan lagi ke China sebelum melepaskan jabatan orang nomor satu di Negeri Paman Sam pada Januari 2021.

Pada awal November, media Bloomberg dan Axios melaporkan bahwa Trump sedang mempertimbangkan sanksi berat dan serangan agresif terhadap Negeri Xi Jinping untuk menandai masa terakhir masa kepresidenannya.

Menurut laporan tersebut, Trump kemungkinan akan melakukan serang China seperti sanksi tambahan terhadap pejabat partai dan institusi yang terlibat dalam tindakan keras China di Hong Kong.

Tidak ketinggalan sanksi terhadap pejabat partai dan institusi yang terlibat dalam penganiayaan Muslim Uighur di Xinjiang. Trump juga akan memerangi penangkapan ikan ilegal, dan memberikan arahan untuk melindungi perusahaan teknologi AS dari eksploitasi China.

Hal ini menjadi perhatian Global Times, media kepanjangan tangan Partai Komunis China. Bahkan dalam laporan itu, media ini mengisyaratkan bahwa Trump kemungkinan akan melepaskan "kegilaan terakhir" terhadap Beijing.

"Pergeseran kebijakan China adalah warisan diplomatik terbesar pemerintahan Trump, dan mereka ingin mencegah rebound dalam kebijakan China setelah mereka meninggalkan kantor," kata editorial itu, dikutip dari Business Insider, Jumat (20/11/2020).

Media pemerintah tersebut menambahkan bahwa Trump kemungkinan mencoba membuat pernyataan sehingga dia dapat menyerang Biden karena lemah terhadap China. Apalagi ada indikasi Trump akan mencalonkan diri lagi pada tahun 2024 mendatang.

"Pemerintahan baru akan terus hidup dalam bayang-bayang Trumpisme. Bahkan jika Biden membuat penyesuaian teknis pada kebijakan China-nya, Partai Republik juga dapat mengkritik lemahnya terhadap China dan menimbulkan masalah dalam pemilihan paruh waktu 2022 dan pemilihan presiden 2024," lanjutnya.

Dalam artikel terpisah, Global Times menulis bahwa Trump juga dapat memberikan sanksi kepada China atas misi negara itu untuk mengendalikan Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan.

"Kecuali jika Beijing berbalik arah dan menjadi pemain yang bertanggung jawab di panggung global, presiden AS di masa depan akan merasa bunuh diri secara politik untuk membalikkan tindakan bersejarah Presiden Trump," kata John Ullyot, juru bicara Dewan Keamanan Nasional.

Trump telah menjatuhkan beberapa sanksi baru pada perusahaan China sejak kekalahannya dalam pemilihan umum 3 November kemarin.

Pada Kamis (19/11/2020), Trump menandatangani perintah eksekutif yang melarang perusahaan-perusahaan AS berinvestasi di 31 perusahaan China yang belum lama ini dijatuhi sanksi terkait hubungannya dengan Tentara Pembebasan Rakyat China.

Trump telah menolak untuk mengakui pemilihan, dan telah berulang kali membuat tuduhan penipuan pemilih tanpa memberikan bukti. Kampanyenya telah mengajukan beberapa tuntutan hukum di beberapa negara bagian agar diadakan penghitungan suara ulang, meskipun banyak tuntutan Trump yang telah ditolak pihak berwenang. (CNBC)

Editor/Sumber: Rahmat/cnbcindonesia.com
Tag: internasional,metro,peristiwa,politik,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Inilah Tema dan Sub Tema MTQ Nasional ke-XXVIII di Sumbar

Inilah Tema dan Sub Tema MTQ Nasional ke-XXVIII di Sumbar

MINANGKABAUNEWS, PADANG -- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2020 tengah berlangsung di...

Biadab! Pasukan Elite Tetangga Indonesia Ini Ketahuan Bunuh Warga Sipil Afganistan

Biadab! Pasukan Elite Tetangga Indonesia Ini Ketahuan Bunuh Warga Sipil Afganistan

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Pasukan khusus Australia dilaporkan secara ilegal telah membunuh 39 orang selama...

Menkes Terawan Disomasi 35 Organisasi Kedokteran, Nah Lho..

Menkes Terawan Disomasi 35 Organisasi Kedokteran, Nah Lho..

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Sedikitnya 35 organisasi profesi kedokteran, koalisi advokat resmi melayangkan somasi...

Inilah Pesan Gubernur Irwan Prayitno kepada 54 Kafilah Peserta MTQ Nasional ke-XXVIII

Inilah Pesan Gubernur Irwan Prayitno kepada 54 Kafilah Peserta MTQ Nasional ke-XXVIII

MINANGKABAUNEWS, PADANG -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melepas sebanyak lebih dari 54 kafilah mengikuti Musabaqah...

Gegara Joe Biden Menang, Rencana Gila Angkatan Laut Amerika Bisa Gagal Total, Kok Bisa?

Gegara Joe Biden Menang, Rencana Gila Angkatan Laut Amerika Bisa Gagal Total, Kok Bisa?

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Bagi sebagian orang terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46...


KOMENTAR ANDA



polling cagub sumbar