Sunday, 07 Mar 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Jika Indonesia Ingin Terapkan Lockdown Saat Ini, Begini Kata IDI

Selasa, 05 Januari 2021 - 20:59:31 WIB - 4791
Jika Indonesia Ingin Terapkan Lockdown Saat Ini, Begini Kata IDI
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Indonesia dinilai terlambat jika ingin menerapkan kebijakan lockdown. Lantaran pada saat ini, kondisi sosial ekonomi masyarakat sudah terpuruk.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi dalam diskusi Kelas Umum Pandemi LaporCovid19 pada Selasa (5/1/2021).

"Kita sudah masuk di dalam kompleksitas problem, saat ini terjadi problem sosial-ekonomi, termasuk problem psikologi, bahkan ke arah problem politik. Sehingga kalau kita sampaikan bahwa kita mengusulkan lockdown saya yakin itu tidak akan efektif, karena negara akan sulit memaksa masyarakatnya untuk kembali lagi stay at home, tidak boleh beraktivitas itu akan sulit," katanya seperti dikutip dari Suara.com.

Dia menyebut hal yang harus dilakukan pemerintah saat ini adalah pengawasan yang ketat. Kemudian masyarakat juga harus berubah lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan).

"Kalau tidak diawasi ya sama saja, kita juga memaksa untuk masyarakat mematuhi protokol 3M, ini yang saya kira bisa kita lakukan sambil kemudian mengupayakan ada aturan harus ada petugas memang yang khusus melakukan pengawasan," tegasnya.

Pemerintah juga tidak cukup menyelesaikan masalah perawatan pasien Covid-19 hanya dengan mengalokasikan penambahan tempat tidur, melainkan dengan peningkatan testing, tracing, dan treatment, serta mengubah perilaku masyarakat.

Sebagai informasi, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 772.103 orang di Indonesia sejak Maret 2020, 110.089 di antaranya masih dalam perawatan, 639.103 orang sembuh, dan 22.911 jiwa meninggal dunia. (suara)

Editor/Sumber: Indra/suara.com

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA