Tuesday, 09 Mar 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

China dalam Bahaya, Inilah 5 Senjata Mematikan Angkatan Darat AS yang Layak Diperhitungkan

Rabu, 06 Januari 2021 - 13:42:52 WIB - 10817
China dalam Bahaya, Inilah 5 Senjata Mematikan Angkatan Darat AS yang Layak Diperhitungkan
Apache AH-64 (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNASIONAL -- Kecanggihan dan daya dari senjata-senjata pabrikan AS memang tidak diragukan lagi oleh mayoritas negara di dunia saat ini. Dalam hal mematikan, senjata dari Angkatan Darat AS juga nyatanya minim kekurangan, meskipun beberapa di antaranya berbiaya terlalu tinggi, terlalu rumit atau lainnya.

Kerumitan itu, bukan diinginkan oleh pasukan AS di lapangan. Tetapi, karena memang diinginkan oleh politikus dan kontraktor pertahanan.

Meskipun demikian, Angkatan Darat AS saat ini dapat menghasilkan jumlah daya serang yang mencengangkan. Mereka juga diketahui mengirimkannya ke dalam berbagai kontra-pemberontakan perang kecil, hingga pertempuran mekanis perang besar.

Mengingat besarnya daya dan kapasitas dari senjata Angkatan Darat AS, berikut adalah lima senjata terbaik yang dimiliki AD AS saat ini dikutip dari National Interest, Selasa (5/1).

1. Apache AH-64

Ironisnya, senjata terbaik angkatan darat utama Amerika Serikat saat ini adalah pesawat terbang. Namun, mengingat konflik yang baru-baru ini diperjuangkan oleh militer AS dan segala kemungkinannya, kekuatan udara adalah faktor yang paling menentukan.

Dilengkapi dengan meriam 30 milimeter, rudal Hellfire, dan sensor canggih, Apache mampu mengombinasikan kecepatan, daya tembak, dan jangkauan yang memungkinkan Angkatan Darat untuk menyerang musuh jauh sebelum mereka berada dalam jarak tembak pasukan darat Angkatan Darat.

Yang lebih penting, Apache adalah kekuatan udara yang dikontrol Angkatan Darat sendiri, daripada harus bergantung pada pesawat Angkatan Udara atau Angkatan Laut untuk mendapatkan dukungan udara dari dekat.

2. M-1 Abrams

Pertanyaan saat ini, apakah M-1 Abrams didaulat sebagai tank terbaik di dunia? Hal itu memang tergantung pada siapa berbicara. Namun, yang lebih penting, tank itu tak terbantahkan menjadi yang terbaik di antara tank yang ada di dunia.

Dengan berat 60 ton, M-1A2 memiliki meriam 120 milimeter, armor depleted-uranium setebal tiga kaki dan kecepatan tertinggi lebih dari 40 mil per jam. Spesifikasi itu mampu menghancurkan baju besi buatan Soviet Irak pada tahun 1991, dan sangat mungkin akan melakukan hal yang sama pada tank Type 99 canggih China.

Sangat sedikit Abrams yang hancur dalam pertempuran. Fakta bahwa ISIS telah menghancurkan atau menangkap M-1 milik pemerintah Irak menunjukkan lebih banyak tentang kualitas awak daripada tanknya.

3. M-109A6 Paladin

Howitzer self-propelled Angkatan Darat AS baru-baru ini mengambil kendali dalam perang kecil Amerika. Meskipun demikian, alutsista ini tetap menjadi senjata yang sangat ampuh.

Paladin adalah versi terbaru dari senjata self-propelled M-109. Ia dapat menembakkan peluru 155 milimeter hingga 20 mil menggunakan proyektil yang dibantu roket. Itu juga dapat menembakkan shell Excalibur yang dipandu GPS atau laser.

4. Rudal Anti-Tank TOW

Dalam perlombaan senjata, Rusia dengan rudal anti-tank memang menjadi pemimpin saat ini. Hal itu juga menjadi cerminan pola penjualan senjata baru-baru ini. Namun demikian, AS melalui Angkatan Daratnya, juga tidak ciut atas persaingan tank dengan Rusia.

Rudal anti-tank TOW (tube-launch, optically tracked, wire-guided) milik Angkatan Darat AS masih kuat setelah hampir 45 tahun bersiaga. Alat militer ini telah menghancurkan tank "kebanyakan milik Rusia" di Vietnam, Perang Arab-Israel, Perang Iran-Irak dan sekarang Suriah. TOW 2B yang lebih baru hadir dalam beberapa versi, termasuk rudal penghancur bunker, serta model Aero, yang meledak di atas tank untuk menembus lapis baja tipisnya.

5. Senapan Mesin Kaliber M-2 .50

Memang terlalu asing jika membicarakan senapan mesin berusia 80 tahun di masa sekarang. Namun, Senapan Mesin Kaliber M-2 .50, masih menjadi salah satu senjata terbaik Angkatan Darat AS.

Dikembangkan ketika Franklin Roosevelt baru saja menjadi presiden dan Hitler baru saja mengambil alih kekuasaan di Jerman, M-2 telah melanglang buana di seluruh dunia sebagai senapan mesin anti-pesawat, anti-kendaraan dan anti-personel yang kekuatannya hampir sama dengan yang kecil. meriam. Versi yang baru-baru ini ditingkatkan, M2A1, memiliki fitur barel perubahan cepat dan penekan lampu kilat malam. (Rep)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Republika.co.id

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA