Sunday, 07 Mar 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Panjang

Desa Kubu Gadang Lakukan Kunjungan Studi Komparatif ke Green Talao Park

Senin, 18 Januari 2021 - 12:41:40 WIB - 263
Desa Kubu Gadang Lakukan Kunjungan Studi Komparatif  ke Green Talao Park
Kunjungan Studi Komparatif Desa Kubu Gadang ke Green Talao Park

MINANGKABAUNEWS, PADANG PARIAMAN -- Mengawali tahun 2021, Green Talao Park Nagari Ulakan, Padang Pariaman menerima kunjungan Studi Komparatif dari Desa Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang, Sumatra Barat pada Minggu (17/1). Desa Kubu Gadang adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatera Barat.

Kawasan Desa Wisata ini terletak di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat. Selain itu, Desa Wisata Kubu Gadang juga merupakan Desa Wisata Terbaik tingkat Sumatera Barat dalam Ajang GIPI Award 2020.

Kedatangan rombongan ini merupakan kunjungan perdana di tahun 2021 ini, juga merupakan kunjungan balasan dari Kelurahan Ekor Lubuk, sebelumnya Nagari Ulakan berkunjung ke Desa Wisata Kubu Gadang pada akhir tahun 2020 lalu.

Kunjungan tersebut juga sebagai ajang berbagi informasi dari masing-masing destinasi Wisata. Khususnya tentang penerapan konsep Community Based Tourism (CBT). Yaitu konsep pengembangan suatu destinasi wisata melalui pemberdayaan masyarakat lokal, dimana masyarakat turut andil dalam perencanaan, pengelolaan dan pemberian suara berupa keputusan dalam pembangunan.

Kunjungan Desa Wisata Kubu Gadang ke Green Talao Park ini di inisiatori oleh Yuliza Zen, yang merupakan Founder Desa Wisata Kubu Gadang sekaligus mantan ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Kubu Gadang yang pernah terpilih sebagai pemuda Pelopor di tahun 2017 lalu.

Rombongan dipimpin langsung oleh Lurah Ekor Lubuk Emri Arnis, berserta para niniak mamak dan bundo kanduang serta anggota Pokdarwis se-Kelurahan Ekor Lubuk, dengan jumlah rombongan sekitar 80 orang. Selain itu, juga ikut mendampingi, Camat Padang Panjang Timur, Doni Rahman, M.Pd. Datuak Simarajo beserta keluarga.

Kedatangan rombongan tersebut disambut oleh Direktur BUMNag Pesisir Ulakan Madani, Ady Kurniawan selaku Founder Green Talao Park Nagari Ulakan

Ia langsung memberikan pemaparan terkait perjalanan Green Talao Park semula berdiri hingga saat ini. Selaku tuan rumah Nagari Ulakan, diwakili oleh Sekretaris Nagari Wirnelis, M.Pd.E. bersama Kasi Pemerintahan dan perangkat Nagari lainnya. Juga terlihat hadir Syahrul Mubarak, S.Pd. selaku Ketua Bamus Nagari Ulakan sekaligus Ketua Pokdarwis Green Talao Park Ulakan beserta anggota.

Kegiatan pertemuan diadakan di Gazebo Serbaguna Green Talao Park, dengan agenda ekspose Ketua BUMNag. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan perkenalan kedua belah pihak, diakhiri dengan dialog dan diskusi tentang pengembangan kawasan serta rencana program kerjasama paket wisata. (AS)

Editor/Sumber: Indra Gunawan

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA