Tuesday, 09 Mar 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Soal Kasus SMKN 2 Padang, Faldo: Kepala Dinasnya Lemah

Senin, 25 Januari 2021 - 14:42:40 WIB - 2164
Soal Kasus SMKN 2 Padang, Faldo: Kepala Dinasnya Lemah
Faldo Maldini (Foto: Dok. Istimewah)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL -- Ketua DPW PSI Sumatera Barat, Faldo Maldini, menganggap kasus penggunaan jilbab bagi Nonmuslim di SMKN 2 Padang merupakan keteledoran Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Alfikri. Menurutnya, Dinas Pendidikan Sumbar tidak memiliki mekanisme pengawasan yang jelas.

"Kepala dinasnya lemah, tidak mampu mengontrol semua aturan yang diberlakukan di tingkat sekolah. Kalau memang bertentangan dengan prinsip bernegara, ya harusnya sudah diingatkan dari awal. Kemendagri aja semua perda, se-Indonesia bisa kok. Jangan sampai negara ini bekerja atas dasar viral, siapa yang viral, itu yang diurus," kata Faldo pada Minangkabaunews.com, Senin (25/1).

Ia mengatakan prinsip bernegara melindungi setiap warga yang menjalankan keyakinannya. Dia menolak penggunaan berbagai istilah untuk melindungi pihak tertentu yang ingin mengganggu keyakinan orang lain.

"Posisi kami tidak mau mencampuri keyakinan orang lain. Prinsip kita bernegara setiap orang harus dilindungi keyakinannya. Jangan atas dasar kearifan lokal dan sebagainya, keyakinan orang lain terganggu. Kita kan tidak mau keyakinan kita diganggu juga. Ini soal rasa, kalau sakit di kita, di orang juga begitu. Begitu kami diajarkan jadi orang Minang," tambahnya.

Faldo ingin pengelolaan sekolah dapat berjalan dengan lebih baik. Menurutnya, kepala dinas pendidikan seharusnya memiliki kapasitas dan wewenang yang lebih besar.

"Setelah ini, harus dibenahi tata pengelolaannya. Kepala dinas harus bisa pantau aturan-aturan di sekolah, yang membuka celah kekerasan, pelecehan, dan lain-lain langsung coret saja. Sekarang, kita bergerak setelah viral, kan memalukan. Apalagi, itu sudah bertahun-tahun terjadi. Harusnya seorang kepala dinas punya kemampuan lebih," tutup Faldo. (Ind)

Editor/Sumber: Indra Gunawan

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA