Tuesday, 09 Mar 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Gila! 33 Lansia Tewas Usai Divaksin Corona, Ini Komentar WHO

Selasa, 26 Januari 2021 - 07:05:45 WIB - 1285
Gila! 33 Lansia Tewas Usai Divaksin Corona, Ini Komentar WHO
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, INTERNATIONAL -- World Health Organization (WHO) akhirnya angkat suara soal kasus meninggalnya 33 lansia di Norwegia usai mendapat suntikan vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech.

Dalam penilaian WHO melalui Global Advisory Committee on Vaccine Safety (GACVS), yang diumumkan pada 22 Januari 2021, tidak ditemukan hubungan antara suntik vaksin Pfizer dan kematian para lansia.

GACVS mengungkapkan lansia yang meninggal termasuk kelompok rentan dan berdasarkan laporan yang ada pemberian vaksin tidak meningkatkan risiko kematian tak terduga atau efek samping yang tak biasa lainnya.

"Laporan saat ini tidak menunjukkan peningkatan fatalitas pada lansia atau karakter efek samping yang tidak biasa usai disuntikan vaksin BNT162b2 (vaksin Pfizer). Laporan sesuai dengan tingkat mortalitas dan penyebab kematian yang ada pada sub-populasi lansia rentan dan informasi yang ada tidak mengkonfirmasi peran vaksin dalam kejadian fatal yang dilaporkan," tulis GACVS.

"Oleh sebab itu, komite menganggap vaksin BNT162b2 tetap menguntungkan pada lansia dan saat ini tidak menyarankan revisi apapun pada rekomendasi seputar keamanan vaksin itu," ungkap GACVS seperti dikutip dari situs WHO, Selasa (26/1/2021).

GACVS pun mengimbau seluruh negara untuk terus memantau keamanan vaksin dan mempromosikan perawatan setelah vaksin, sesuai dengan praktik imunisasi yang baik.

Sebelumnya, pekan lalu Bloomberg melaporkan adanya kasus kematian pada 33 lansia berusia di atas 75 tahun di panti jompo usai dilakukan vaksinasi menggunakan vaksin Pfizer. (Cn)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)/CNBC Indonesia/ Situs WHO

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA