Saturday, 06 Mar 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Internasional

Geger Biden Larang 36 Warga Negara-negara Ini Masuk AS, RI Masuk?

Selasa, 26 Januari 2021 - 15:47:45 WIB - 377
Geger Biden Larang 36 Warga Negara-negara Ini Masuk AS, RI Masuk?
Ilustrasi perjalanan wisata

MINANGKABAUNEWS, INTERNATIONAL -- Amerika Serikat (AS) memberlakukan larangan bagi warga negara asing untuk masuk ke wilayahnya. Ini merupakan bagian dari aturan Presiden ke-46 Amerika Serikat Joe Biden untuk menekan kasus Covid-19 di negaranya.

Melansir Reuters, Wakil Diektur Utama Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Anne Schuchat mengatakan tindakan ini untuk melindungi orang Amerika dan juga untuk mengurangi risiko penyebaran pandemi. Total warga dari 36 negara dilarang masuk AS dengan Afrika Selatan (Afsel) sebagai negara terbaru.

Dalam keterangan di situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), disebutkan bahwa individu yang pernah berada di negara-negara tersebut dalam 14 hari terakhir dilarang masuk AS.

Daftar larangan masuk ke AS meliputi negara Tiongkok, Iran, Inggris Raya, Republik Irlandia, Brasil, dan 29 yang masuk zona Eropa Schengen.

AS menambah satu negara lagi dalam daftar larangan masuk, yakni Afrika Selatan. Aturan itu akan mulai diberlakukan Sabtu mendatang.

"Kami menambah Afrika Selatan ke dalam daftar larangan masuk karena kekhawatiran mengenai varian yang sudah menyebar di luar Afsel," kata Dr Anne Schuchat dari CDC dalam wawancara akhir pekan kemarin.

Sementara itu bagi orang yang datang dari negara di luar daftar terlarang, diizinkan masuk ke AS dengan syarat tertentu. Syarat itu adalah membawa hasil negatif tes covid-19 atau bukti kesembuhan bagi yang pernah terjangkit. (Reu)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Kang Rie)/ Reuter

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA