Sunday, 07 Mar 2021
Minangkabaunews
headline
home berita Daerah

Dua Pria Pelaku Pembakaran Hutan di Rupat Dibekuk Polisi

Selasa, 23 Februari 2021 - 02:31:36 WIB - 347
Dua Pria Pelaku Pembakaran Hutan di Rupat Dibekuk Polisi
AKBP Hendra Gunawan (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, DAERAH -- Dua Pria terduga pembakaran lahan di wilayah Kecamatan Rupat berhasil diciduk jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis, Riau.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK., MT didampingi Kanit Tipiter (Tindak Pidana Tertentu, red) dan KBO Satreskrim mengatakan, kedua terduga pelaku berinisial S dan M.

Ia mengatakan, tersangka S dibekuk atas tindakannya yang menyebabkan terbakarnya lahan di wilayah Rupat, tepatnya di perbatasan PT Priatama dengan PT SRL.

"Sementara, tersangka M ditangkap atas tindakannya di lokasi (TKP) kedua di jalan Ahmad Nawi, Dusun Sungai Suling, RT002/RW002, Desa Suka Damai, Kecamatan Rupat," kata AKBP. Hendra, Senin (22/2/2021).

Adapun yang diduga menjadi penyebab terbakarnya lahan, kata dia, tak lain akibat pembukaan lahan dan pengambilan madu dengan menggunalan api.

"Membuka lahan dan mengambil madu dengan menggunakan api, akhirnya menimbulkan kebakaran lahan," ujarnya.

Selain mengamankan kedua tersangka, petugas juga berhasil mengumpulkan sejumlah barang bukti meliputi dua batang kayu yang telah terbakar, sebilah parang pendek, sehelai kantong plastik yang berisikan madu, satu buah mancis warna biru, satu kantong untuk menyimpan madu, sebilah parang dengan gagang berwrna hijau, satu buah mancis warna merah, dua batang bibit kelapa sawit dan dua batang kayu bekas terbakar.

Atas perbuatannya, masing-masing tersangka pembakaran lahan ini dijerat dengan ketentuan Pasal 187 ayat (2) KUH Pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 12 tahun.

"Dengan kejadian dan diamankannya kedua pelaku, kita mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar selalu ikut berperan dalam melindungi hutan dan diminta untuk segera melaporkan kepada Polsek atau Polres jika melihat adanya kebakaran hutan maupun lahan," pungkasnya. (Ck)

Editor/Sumber: Indra Gunawan

SILAHKAN BERBAGI


KOMENTAR ANDA