minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Kosmo

Kiat agar Tak Lapar ketika Berpuasa

Kamis, 04 Juli 2013 - 13:24:49 WIB - 1697
Kiat agar Tak Lapar ketika Berpuasa

(MinangkabauNews) -- Pola makan konon sangat berpengaruh selama menjalankan ibadah puasa. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat secara benar, puasa pun tidak akan terasa berat mesiki harus menahan lapar dan haus selama hampir 14 jam lamanya. Bagaimaan caranya? Inilah tipsnya.

Saat sahur
Makanan yang dimakan saat sahur adalah sumber energi yang amat dibutuhkan selama Anda berpuasa. Jadi, jangan pernah melewatkannya. Ini yang perlu diperhatikan :

* Agar bertahan lama, dekatkanlah waktu sahur dengan imsak

* Pastikan menu sahur Anda cukup lengkap, yaitu nasi, lauk, dan sayur. Untuk menambah tenaga terutama bila aktifitas Anda sangat padat boleh-boleh saja mengonsumsi suplemen asal tidak berlebihan.

* lengkapi menu sahur Anda sekeluarga dengan segelas susu atau teh manis. Tapi, khusus untuk teh manis, batasi jumlahnya. Terlalu banyak teh manis akan membuat Anda leibh sering buang air kecil. Jangan lupa Minum air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur.

* pilihlah makanan-makanan yang bertahan lama dilambung agar asupan energi selama berpuasa bisa terpenuhi. Untuk itu, perbanyaklah sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seprti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

* Untuk menambah nafsu makan, hangatkan hidangan sebelum disantap atau bila sempat, hidangkan makanan yang baru dimasak.

* Walau makanan yang dimakan pada saat sahur merupakan sumber energi saat berpuasa, bukan berarti porsinya harus banyak. Asal jumlah nya cukup, Anda tidak akan kelaparan selama berpuasa.
* Hindari makanan yang berbumbu terlalu menyengat atau pedas.

Saat berbuka
* segeralah berbuka agar gula dara yang berkurang selama berpuasa bisa segera tergantikan. Tapi, hindari porsi yang berlebihan dan tidak perlu berupa makanan berat yang lengkap

* Hindari lapar mata dengan langsung menyantap semua hidangan yang ada di meja. Sesuai sunnah rasul, tiga butir kurma ditambah segelas air putih sudah cukup untuk mengakhiri puasa Anda. Dengan begitu, pencernaan Anda tidak akan kaget karena langsung dipaksa bekerja keras setelah beristirahat selama beberapa belas jam.

* Hindari langsung memakan makanan pembuka yang terlalu manis dan berlemak, seperti tape uli, yang bisa membuat perut anda “kaget”

* Hindari pula langsung meminum minuman dingin saat berbuka agar Anda tidak mudah terserang radang tenggorokan. Lebih baik awali saja dengan meminum minuman hangat sebelum makan makanan berat.
Saat Berbuka Hingga Saat Sahur

* Perbanyak minum air putih di antara waktu berbuka hingga saat sahur.
* Sesudah tarawih, Anda mungkin juga bisa makan makanan ringan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.
Porsi Makan yang tepat

* Selama berpuasa, makan pagi ketika tidak puasa bisa disamakan dengan makan saat berbuka puasa. Makan siang disamakan dengan sahur, dan makan malam disamakan dengan makan sesudah shalat tarawih

* Saat berbuka, yang dibutuhkan hanyalah 20 hingga 25 persen dari kebutuhan sehari sehingga menunya cukup dengan buah, minuman atau roti.

* Untuk makan sahur, yang dibutuhkan adalah 40 persen dari kebutuhan sehari dengan menu lengkap berupa nasi, lauk-pauk, sayur buah dan ditambah susu. Demikian pula disaat sesudah shalat tarawih. (bu)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber:
Tag: kosmo

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kecelakaan di Bukittinggi Didominasi Pelajar, Pemko Diharapkan Sediakan Bus Sekolah

Kecelakaan di Bukittinggi Didominasi Pelajar, Pemko Diharapkan Sediakan Bus Sekolah

BUKITTINGGI - Dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pengguna jalan raya guna mengedepankan budaya tertib...

Terlibat Tawuran dan Membawa Senjata Tajam, 14 Pelajar di Padang Digaruk Polisi

Terlibat Tawuran dan Membawa Senjata Tajam, 14 Pelajar di Padang Digaruk Polisi

PADANG - Jumat (12/1/2018), puluhan pelajar yang sebagiannya diantaranya membawa senjata tajam terlibat tawuran di Kota...

Minimalisir Banjir di Padang, Puluhan Warga Kampung Jao Gelar Aksi Bersih Drainase

Minimalisir Banjir di Padang, Puluhan Warga Kampung Jao Gelar Aksi Bersih Drainase

PADANG - Upaya mencegah terjadinya bencana banjir, Puluhan warga RT 01 RW 03 Kelurahan Kampung Jao, Kecamatan Padang...

La Nyalla Tuding Prabowo Minta Duit Miliaran, Ini Kata Fadli Zon

La Nyalla Tuding Prabowo Minta Duit Miliaran, Ini Kata Fadli Zon

JAKARTA - La Nyalla Mattalitti menuding Ketum Gerindra Prabowo Subianto meminta duit miliaran rupiah untuk rekomendasi...

Genjot Pariwisata, Dermaga Apung Pulau Tangah Pariaman Diuji Coba

Genjot Pariwisata, Dermaga Apung Pulau Tangah Pariaman Diuji Coba

PARIAMAN - Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi OPD lakukan uji coba Dermaga Apung Pulau Tangah, Kota Pariaman,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media