Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pendidikan

MOS Didik Mental Siswa SMAN 6

Rabu, 13 Juli 2011 - 01:35:22 WIB - 1781
MOS Didik Mental Siswa SMAN 6


Padang, MNC -- Hari ini, Senin, (11/7) kemaren semua sekolah seantero nusantara mengadakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS), tidak terkecuali calon siswa SMAN 6 Padang.

"BUKA mulutnya, ayo makan dulu, bagus," seru seorang senior SMAN 6 saat menyuapi peserta Masa Orientasi Siswa (MOS). Ada sejumlah siswa yang disuapi di lapangan terbuka. Mereka merupakan calon pelajar kelas X di SMAN 6 Padang yang tengah mengikuti MOS mulai Senin (11/7) kemarin.

Sebelum MOS dimulai, para peserta sudah ditugasi untuk membawa bekal makanan yang memenuhi syarat empat sehat lima sempurna dari rumah. Ternyata ada sejumlah pelajar yang lupa sehingga mereka mendapat hukuman. Makanan dari sejumlah peserta MOS, dikumpulkan, ada yang lauk pauknya diambil panitia, ada yang nasinya saja dan kemudian dimakan oleh peserta yang tidak bawa bekal.

Kegiatan tersebut merupakan satu diantara seabreg agenda MOS yang berlangsung di SMAN 6 Balikpapan. Agenda lainnya, pengenalantentang anek tumbuh-tumbihan dan aneka satwa yang dipelihar disekitar pekrangan sekolah.

"Sepintas ini memang seperti penyiksaan, tapi sebenarnya bukan itu tujuan dari MOS, lebih kepada pembinaan mental saja," ujar pembina OSIS SMAN 6, Suryani Leina.

Wanita yang sehari-harinya mengajar mata pelajaran olahraga ini menambahkan, kegiatan MOS kali ini mengambil tema yang dekat dengan musik.

"Jadi mereka ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan kelompoknya menggunakan nama band. Kalau tahun lalu kan momennya Piala Dunia jadi kelompoknya ya pakai peserta Piala Dunia," jelasnya kepada harian ini.

Selain itu, sambungnya lagi, para peserta juga diwajibkan untuk berdandan sedikit nyentrik. Untuk para siswa, mereka harus berdandan ala band menggunakan rambut belah tengah, gelang karet serta mengenakan kaos kaki sepak bola dengan celana dimasukkan.

Sedangkan yang siswi diwajibkan mengenakan pernak pernik di kepalanya dengan hiasan dari kemasan makanan berbahan plastik. Mereka ada pula yang mengenakan sedotan warna putih untuk mengikat rambut. Bukan hanya itu, seluruh peserta diharuskan membawa bekal makan siang yang berisi 4 sehat lima sempurna yang dimasukkan ke dalam jeriken 5 liter.

Seorang calon pelajar SMAN 6 saat ditanya MinangkabauNews soal tanggapan atas pelaksanaan MOS mengaku senang dan tidak menganggapnya sebagai penyiksaan. Apalagi di dalam MOS diselipkan banyak pengetahuan umum yang penting bagi para pelajar.

"Ya kita kan hanya ngikut aja om disuruh begini begitu… toh nanti kan tahun depan kita yang panitianya, hehehe..," ungkap peserta MOS yang takut namanya dikorankan.

Editor/Sumber:
Tag: pendidikan

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

Ribuan Siswa di Pasaman Terima Kartu Identitas Anak

PASAMAN - Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis resmi serahkan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi ribuan siswa di Pasaman....

447 PNS di Pasaman Barat Terima SK Kenaikan Pangkat, Bupati Pesankan Ini

447 PNS di Pasaman Barat Terima SK Kenaikan Pangkat, Bupati Pesankan Ini

PASAMAN BARAT - Bupati Pasaman Barat H. Yulianto menekankan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar mengutamakan...

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

TNI Edukasi Masyarakat, Olah Biji Kopi Jadi Berkwalitas Tinggi

LIMAPULUH KOTA - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) tidak hanya fokus pada pelaksanaan kegiatan fisik atau infrastruktur...

Damkar Padang Mengaku Terkendala Fasilitas

Damkar Padang Mengaku Terkendala Fasilitas

PADANG -- Jumlah personel dan armada Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang saat ini disebut masih jauh dari ideal atau...

Tumpukan Material Proyek Pembangunan SDN 06 Sigando Padang Panjang Diduga Ganggu Fungsi Jalan

Tumpukan Material Proyek Pembangunan SDN 06 Sigando Padang Panjang Diduga Ganggu Fungsi Jalan

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media