Saturday, 06 Jun 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Kosmo

Ternyata Apel, Rentan Terkontaminasi Pestisida

Rabu, 13 Juli 2011 - 02:22:17 WIB - 1354
Ternyata Apel, Rentan Terkontaminasi Pestisida


Tahukah anda ternyata buah apel menduduki urutan pertama sebagai produk yang paling terkontaminasi pestisida dalam laporan yang dipublikasikan Environmental Working Group, kelompok advokasi kesehatan publik Amerika.

Seperti dilansir USA Today Laporan tersebut merupakan yang ketujuh yang menganalisis data pemerintah terhadap 53 buah dan sayuran untuk mengetahui hasil tanaman yang paling tinggi pestisidanya setelah dicuci. Untuk produk yang ternyata paling terkontaminasi, Environmental Working Group (EWG) merekomendasikan untuk memilih yang organik.

Buah apel naik tiga peringkat dari tahun lalu, menggantikan seledri yang sebelumnya menduduki urutan pertama dan kini turun di urutan kedua. Hampir 92 persen apel mengandung dua atau lebih pestisida.

"Mungkin apel diberi pestisida dan pembasmi jamur lebih banyak agar buah ini bisa awet lebih lama," kata analis EWG, Sonya Lunder. "Pestisidanya mungkin saja dalam jumlah kecil, tetapi kita belum tahu apakah ada efeknya dalam jangka panjang," lanjutnya.

Sementara itu, stroberi berada di urutan ke-3 dan anggur yang diimpor menempati urutan ketujuh. Di lain pihak bawang menjadi produk pertanian yang paling “bersih” dengan jumlah pestisida paling minim.

Produk pertanian yang masuk dalam daftar 12 paling terkontaminasi adalah apel, seledri, stroberi, buah persik (peach), bayam, nectarine (buah lokal AS), anggur, merica, kentang, bluberi, selada dan kale.

Ranking ini menggambarkan jumlah bahan kimia yang berada dalam makanan. Mayoritas bahan makanan yang diteliti ini sudah dicuci dan dikupas sebelumnya. Mencuci buah dan sayur dengan produk pencuci ternyata tidak cukup ampuh untuk menghilangkan pestisida karena zat kimia itu diserap oleh tanaman dan terletak di bawah kulit buah.

Mengonsumsi lima macam buah dan sayuran dari kelompok yang paling terkontaminasi berarti terpapar 14 jenis pestisida.

Untuk mereka yang tidak mampu membeli produk organik, Ken Cook, Presiden EWG, menganjurkan agar memilih buah lain sebagai alternatif. "Tidak bisa membeli apel organik, pilih saja nanas, avokad, atau mangga. Buah ini berada dalam urutan teratas sebagai buah paling minim kontaminasi," katanya.

Buah yang tergolong bersih adalah yang mengandung pestisida kurang dari 10 persen. Sayuran yang masuk dalam kelompok ini antara lain asparagus, jagung, dan bawang.

Berikut urutan 15 buah dari kelompok bersih sesuai urutan, yakni bawang, jagung, nanas, alpukat, asparagus, kacang polong, mangga, terung, cantaloupe, kiwi, kol, semangka, kentang manis, jeruk besar, dan jamur.

Paparan pestisida dari makanan yang diasup diketahui bersifat toksik pada sistem saraf, menyebabkan kanker, mengganggu sistem hormon dan menyebabkan gangguan otak pada anak. Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari makanan yang tercemar pestisida.

Penelitian yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health menunjukkan anak-anak yang terpapar pestisida memiliki risiko lebih tinggi menderita hiperaktif . (USA Today)

Editor/Sumber:
Tag: kosmo

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Namanya Ade Armando Si Dosen Jumawa Penebar Kebencian

Namanya Ade Armando Si Dosen Jumawa Penebar Kebencian

oleh : Farid Anshar Alghifari, Mahasiswa Hukum Tata Negara Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang Namanya Ade...

Inilah Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Butuh Asuransi Jiwa Syariah

Inilah Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Butuh Asuransi Jiwa Syariah

Oleh: Abdullah Amrin, S.E., M.M. Pertumbuhan jumlah penduduk muslim dunia yang semakin hari makin bertambah menjadi...

Sekolah di Era New Normal, Ini Skenario Disdikbub Agam

Sekolah di Era New Normal, Ini Skenario Disdikbub Agam

AGAM -- Menghadapi New Normal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat,...

Atasi Dampak Covid-19, Dispangtan Padang Panjang Ajak Peternak Olah Susu Sapi Jadi Keju

Atasi Dampak Covid-19, Dispangtan Padang Panjang Ajak Peternak Olah Susu Sapi Jadi Keju

PADANG PANJANG -- Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang, mengajak peternak susu mengolah kelebihan produksi susu...

Klaster Pasar Raya Padang Kembali Mengejutkan, Tambah 13 Pasien Covid-19 di Sumbar

Klaster Pasar Raya Padang Kembali Mengejutkan, Tambah 13 Pasien Covid-19 di Sumbar

PADANG -- Jumlah pasien positif corona atau Covid-19 di Provinsi Sumbar bertambah 13 orang, sembuh 6 orang dan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu