Sunday, 20 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Kosmo

Ternyata Apel, Rentan Terkontaminasi Pestisida

Rabu, 13 Juli 2011 - 02:22:17 WIB - 1265
Ternyata Apel, Rentan Terkontaminasi Pestisida


Tahukah anda ternyata buah apel menduduki urutan pertama sebagai produk yang paling terkontaminasi pestisida dalam laporan yang dipublikasikan Environmental Working Group, kelompok advokasi kesehatan publik Amerika.

Seperti dilansir USA Today Laporan tersebut merupakan yang ketujuh yang menganalisis data pemerintah terhadap 53 buah dan sayuran untuk mengetahui hasil tanaman yang paling tinggi pestisidanya setelah dicuci. Untuk produk yang ternyata paling terkontaminasi, Environmental Working Group (EWG) merekomendasikan untuk memilih yang organik.

Buah apel naik tiga peringkat dari tahun lalu, menggantikan seledri yang sebelumnya menduduki urutan pertama dan kini turun di urutan kedua. Hampir 92 persen apel mengandung dua atau lebih pestisida.

"Mungkin apel diberi pestisida dan pembasmi jamur lebih banyak agar buah ini bisa awet lebih lama," kata analis EWG, Sonya Lunder. "Pestisidanya mungkin saja dalam jumlah kecil, tetapi kita belum tahu apakah ada efeknya dalam jangka panjang," lanjutnya.

Sementara itu, stroberi berada di urutan ke-3 dan anggur yang diimpor menempati urutan ketujuh. Di lain pihak bawang menjadi produk pertanian yang paling “bersih” dengan jumlah pestisida paling minim.

Produk pertanian yang masuk dalam daftar 12 paling terkontaminasi adalah apel, seledri, stroberi, buah persik (peach), bayam, nectarine (buah lokal AS), anggur, merica, kentang, bluberi, selada dan kale.

Ranking ini menggambarkan jumlah bahan kimia yang berada dalam makanan. Mayoritas bahan makanan yang diteliti ini sudah dicuci dan dikupas sebelumnya. Mencuci buah dan sayur dengan produk pencuci ternyata tidak cukup ampuh untuk menghilangkan pestisida karena zat kimia itu diserap oleh tanaman dan terletak di bawah kulit buah.

Mengonsumsi lima macam buah dan sayuran dari kelompok yang paling terkontaminasi berarti terpapar 14 jenis pestisida.

Untuk mereka yang tidak mampu membeli produk organik, Ken Cook, Presiden EWG, menganjurkan agar memilih buah lain sebagai alternatif. "Tidak bisa membeli apel organik, pilih saja nanas, avokad, atau mangga. Buah ini berada dalam urutan teratas sebagai buah paling minim kontaminasi," katanya.

Buah yang tergolong bersih adalah yang mengandung pestisida kurang dari 10 persen. Sayuran yang masuk dalam kelompok ini antara lain asparagus, jagung, dan bawang.

Berikut urutan 15 buah dari kelompok bersih sesuai urutan, yakni bawang, jagung, nanas, alpukat, asparagus, kacang polong, mangga, terung, cantaloupe, kiwi, kol, semangka, kentang manis, jeruk besar, dan jamur.

Paparan pestisida dari makanan yang diasup diketahui bersifat toksik pada sistem saraf, menyebabkan kanker, mengganggu sistem hormon dan menyebabkan gangguan otak pada anak. Ibu hamil juga disarankan untuk menghindari makanan yang tercemar pestisida.

Penelitian yang dilakukan tim dari Harvard School of Public Health menunjukkan anak-anak yang terpapar pestisida memiliki risiko lebih tinggi menderita hiperaktif . (USA Today)

Editor/Sumber:
Tag: kosmo

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wujudkan Visi, Pemda Tanah Datar Gelar Kegiatan Waqaf 1.000 Hafiz

Wujudkan Visi, Pemda Tanah Datar Gelar Kegiatan Waqaf 1.000 Hafiz

TANAH DATAR - Allah SWT menjamin kemuliaan Al-quran dan mengangkat derajat bagi yang belajar dan mengajarkannya. Umat...

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

PADANG -- Sedikitnya sebanyak 102 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S2 dan S3 mulai dari Angkatan 2013-2019 Program...

Suhatri Bur Buka Open Turnamen Volly Ball Antar Nagari se Kabupaten Padang Pariaman

Suhatri Bur Buka Open Turnamen Volly Ball Antar Nagari se Kabupaten Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN -- Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka open turnamen Volly Ball antar Nagari di Nagari...

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

50 Korban Kerusuhan Wamena Tiba di Ranah Minang

PADANG -- Sebanyak 50 orang perantau Minangkabau selamat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pukul 20.50...

Diduga Ini Penyebab Terjadinya Tabrakan Beruntun di Jalan Padang Panjang - Bukittinggi

Diduga Ini Penyebab Terjadinya Tabrakan Beruntun di Jalan Padang Panjang - Bukittinggi

TANAH DATAR - Diduga rem blong, truck Tronton nomor polisi BK 9375 BL hantam beberapa kendaraan dan timpa rumah warga...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media